Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Di era digital seperti ini tentunya banyak sekali orang-orang menginginkan website, lantas pertanyaannya bagaimana cara membuat website sendiri?

Saat ini kebutuhan akan teknologi semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan pengguna internet diseluruh dunia.

Tidak bisa dipungkiri segala aspek kehidupan mulai dari bisnis, organisasi non-profit, bahkan pribadi membutuhkan sebuah website untuk menunjang kebutuhan informasi dan komunikasi.

Website sangat dibutuhkan sebagai sarana keterbukaan informasi, agar suatu lembaga, usaha, atau pribadi dapat dikenal banyak orang melalui media digital.

Tujuan membuat website

Sebelum penulis menjelaskan cara membuat website, penulis ingin menyampaikan kepada pembaca untuk memahami tujuan membuat website dan apa target yang ingin dituju.

Terlepas dari tujuan anda membuat website, penulis yakin anda sudah memiliki rencana dan rancangan strategi sehingga memiliki tekad untuk membuat website sendiri.

Baca juga: Jenis Bahasa Pemrograman Untuk Design Website Hosting Indonesia

Namun beberapa hal yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah:

  • Konten apa yang ingin dimasukkan didalam website anda?
  • Bagaimana sistem pengelolaan website anda? Apakah anda sendiri atau memakai staff.

Hal yang penting ketika kita memiliki website adalah konsisten dalam mengelolanya, membuat website tidaklah sulit namun mengelolanya itu yang kadang-kadang kita malas hingga tidak jarang jadi terbengkalai.

Padahal sama seperti bercocok tanam, awal mula membuat website sendiri seperti sebuah bibit, hingga lama kelamaan kita merawatnya sampai suatu hari nanti kita jugalah yang memetik buahnya.

Bagaimana cara membuat website sendiri?

Saya yakin anda yang membaca artikel ini menginginkan sebuah website, namun tidak menemukan jalan keluar kemana harus bertanya cara membuat website sendiri.

Cara membuat website sendiri sebetulnya sangat mudah, di artikel ini penulis mencoba menjelaskan secara rinci bagaimana cara membuat website sendiri, mulai dari membuat website secara gratis (tanpa mengeluarkan uang kecuali untuk akses internet) dan membuat website berbayar agar terlihat profesional.

Apakah perlu keahlian coding untuk membuat website sendiri?

Jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak…

Ya, jika anda ingin berbeda dengan yang lain (ingin memiliki tampilan yang ekslusif atau fitur yang spesifik).

Tidak, jika anda tipe orang yang tidak mau ribet dalam hal-hal teknis, pilih saja tema yang cocok. Anda juga dapat membayar seseorang atau agensi lalu katakan apa yang anda mau dan biarkan mereka yang mengerjakan sisanya.

Cara Membuat Website Gratis

Ada beberapa platform yang tersedia untuk cara membuat website gratis, sebenarnya ini adalah platform blog, tapi jika anda ingin tahu cara membuat website gratis untuk bisnis gunakan saja template khusus bisnis, anda bisa mencarinya di google.

Pada tutorial cara membuat website sendiri gratis ini penulis menggunakan 2 platform yang banyak digunakan orang yaitu WordPress.com dan Blogger.com, penulis memiliki WordPress.com dan Blogger.com disini berdasarkan dukungan komunitas dan tutorial yang banyak sekali tersedia di internet.

Baca juga: Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula

Namun sebagai catatan karena platform ini bersifat gratis tentunya akan ada peraturan yang mengharuskan kita mengikutinya dan tidak bisa kita hindari.

Platform WordPress.com

Banyak sekali mengguna wordpress di dunia. Sehingga dukungan terhadap plugin-plugin WordPress.com sangat banyak, ditambah lagi banyak template yang menarik yang bisa kita gunakan.

Namun anda jangan sampai salah, WordPress memiliki 2 versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org, kedua platform sebenarnya sama, yang berbeda adalah WordPress.com menyimpan seluruh data anda di server WordPress, sedangkan WordPress.org cmsnya dapat anda download anda anda letakkan dihosting anda, kita akan membahas WordPress.org setelah ini.

Tanpa perlu memiliki keahlian pemrograman web sekalipun anda sudah dapat membuat website secara gratis dengan hanya mendaftar saja, berikut ini cara membuat website gratis dengan WordPress.com.

Step 1: buka halaman WordPress.com

Pertama buka websitenya WordPress.com lalu klik tombol Buat Situs Web Anda, perhatikan pada gambar dibawah ini.

step 1 halaman utama wordpress.com cara membuat website sendiri

Step 2: Isi Formulir Pendaftaran

Isi formulir pendaftaran di WordPress.com, masukkan email, username (nama pengguna), dan kata sandi anda. Gunakan username lain jika username sudah digunakan oleh orang lain.

Setelah itu klik tombol Buat akun Anda, lalu email konfirmasi akan dikirim ke alamat email yang sudah anda daftarkan tadi, periksa email anda dan konfirmasi email dari WordPress.com, karena jika tidak di konfirmasi website tidak dapat di akses.

step 2 formulir pendaftaran wordpress.com cara membuat website sendiri

Step 3: Pilih Nama Website

Nama website disini yang penulis maksud adalah nama domain. Sebagai contoh admin menggunakan nama domain wpbahasaweb. Klom pada kolom panjang berwarna putih dengan tulisan “Ketik domain yang Anda inginkan di sini” dan isikan sesuai dengan keinginan anda.

step 3 pilih nama web cara membuat website sendiri

Step 4: Pilih Domain

Pada step ini WordPress.com memberikan anda kesempatan untuk membeli domain TLD (Top Level Domain) diawal pendaftaran seperti .com, .net, dan lain-lain sesuai dengan yang tertera dihalaman Pilih Domain tersebut.

Karena kita bagian ini tujuannya adalah cara membuat website gratis maka pilih bagian yang Gratis sesuai dengan gambar dibawah, klik pada bagian yang di lingkari warna merah.

step 4 pilih wordpress.com gratis cara membuat website sendiri

Step 5: Pilih Paket Gratis

Selanjutnya adalah bagian pemilihan paket-paket WordPress, paket-paket yang tertera dihalaman ini gunanya sebagai fitur-fitur yang diberikan WordPress pada masing-masing paket yang berbeda, semakin mahal maka semakin banyak fitur layanan yang diberikan.

Namun karena kita akan membuat website gratis maka klik pada link “Membuat dengan situs gratis” seperti yang dilingkari berwarna merah pada gambar dibawah ini.

Step 5 pilih paket

Step 6: Luncurkan situs

Sampai pada step 5 diatas sebenarnya anda sudah bisa melihat situs anda, namun hanya anda saja yang dapat melihatnya, buka alamat situs anda pada tab lain, contoh namasitusanda.wordpress.com.

Ganti namasitusanda yang bercetak tebal dengan nama yang sudah anda buat tadi.

Maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, tampilan dibawah ini “hanya anda saja” yang bisa melihat, untuk dapat dilihat oleh publik silahkan klik tombol Luncurkan situs pada bagian kanan atas.

Step 6 luncurkan situs

Step 7: Pilih Domain

Pada step 7 ini WordPress.com kembali memberikan kita pilihan agar menggunakan domain berbayar atau tetap menggunakan layanan gratis WordPress.com, karena kita ingin menggunakan yang gratis klik pada bagian Lewati Pembelian posisinya ada di kanan bawah.

step 7 halaman pembelian

Step 8: Pilih Paket

Masih dengan perlakuan yang sama, lagi-lagi WordPress memberikan pilihan paket sama seperti pada Step 5 tadi, untuk dapat melewatinya klik link Lanjutkan dengan situs gratis Anda, perhatikan lingkaran merah pada gambar dibawah ini.

step 8 pilih paket

Step 9: Tampilan Beranda

Sampai pada tahap ini website anda sudah di luncurkan, artinya situs anda sudah dapat diakses oleh publik sebagai contoh buka URL wpbahasaweb.wordpress.com maka sudah dapat anda lihat situs yang penulis buat untuk tutorial ini.

Pada halaman beranda ini akan ada tombol dengan nama Tampilkan penyiapan situs, klik jika anda ingin menyiapkan situs anda, persiapan ini berisi konfigurasi-konfigurasi dasar yang diperlukan.

step 9 situs wordpress.com meluncur

Step 10: Pemilihan Tema

Seperti yang penulis katakan diawal tadi, bahwa WordPress.com memiliki banyak ribuan tema yang siap digunakan untuk membuat website kita lebih menarik.

Untuk mengganti tema klik menu bagian kiri Desain Situs lalu klik menu Tema, dan pilih tema yang anda sukai.

step 10 memilih tema wordpress.com cara membuat website sendiri

Sampai pada tahap ini pembuatan website gratis dengan menggunakan WordPress.com sudah siap, anda bisa eksplorasi sendiri untuk menyesuaikan kebutuhan website anda.

Platform Blogger

Perlu diketahui bahwa Blogger adalah platform blog milik Google sehingga untuk pembuatan website secara gratis menggunakan blogger sedikit lebih mudah apabila anda sudah memiliki email google atau gmail.

Jika anda belum memiliki akun gmail silahkan buat terlebih dahulu, disini penulis tidak menjelaskan cara membuat email dengan gmail. Ketika anda menggunakan platform blogger maka domain yang anda dapat adalah blogspot.com, misalnya namadomain.blogspot.com.

Berikut ini adalah tutorial cara membuat website dengan blogger atau blogspot.

Step 1: Buka Website Blogger

Website blogger berada di URL https://blogger.com, klik URL tersebut meski begitu anda akan redirect ke https://blogger.com/about, berikut ini adalah tampilan awal halaman blogger.

step 1 halaman utama blogger

Karena diawal ini menggunakan bahasa Inggris, anda dapat mengubahnya dengan cara scroll sampai bawah lalu pada bagian kiri bawah ada pilih bahasa, perhatikan gambar dibawah ini.

step 2 pilih bahasa blogger

Klik pada bagian yang penulis lingkari warna merah digambar atas, lalu pilih bahasa Indonesia, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

klik tombol buat blog

Lalu selanjutnya klik tombol Buat Blog, persis seperti gambar diatas.

Step 2: Pilih Akun Email

Pilih akun email yang ingin digunakan, sebagai contoh penulis menggunakan email bahasaweb@gmail.com. Namun jika anda belum login email maka tampilannya adalah form login, gunakan email yang anda ingin gunakan atau daftar baru jika anda tidak punya akun gmail.

Step 2 Pilih akun email aktif

Step 3: Pilih Judul Blog

Selanjutnya adalah menentukan judul blog anda. Sebenarnya agak sedikit aneh pada bagian langkah 3 ini, awalnya kita menggunakan bahasa Indonesia, lalu sampai di langkah 3 kembali ke bahasa Inggirs :D.

Pastikan anda menentukan judul blog yang sesuai dengan apa yang anda inginkan, sebagai contoh penulis menggunakan judul Contoh Bahasaweb, jika sudah klik Next.

Step 3: Pilih Judul Blog

Step 4: Pilih Nama Domain

Tentukan nama domain yang anda inginkan, contoh penulis menggunakan contoh-bahasaweb, maka nantinya akan di akses di browser dengan URL contoh-bahasaweb.blogspot.com, jika anda sudah menentukan nama domain terbaik anda silahkan klik Next.

Step 4: Pilih Nama Domain

Step 5: Tentukan Nama Pengguna

Nama pengguna ini akan tampil sebagai nama author atau nama penulis ketika anda membuat postingan baru di situs blogger anda. Jika anda sudah menentukan Display Name maka klik Finish.

Step 5 display name

Step 6: Tampilan Dashboard Blogger

Setelah klik Finish tadi anda akan langsung diarahkan ke bagian antar muka dashboard blogger. Pada tahap ini situs blogger anda sudah selesai dan siap digunakan.

Catatan: abaikan kotak kuning seperti gambar dibawah ini, klik saja simbol X pada bagian kanan atas kotak kuning tersebut.

Step 6 dashboard blogger

Step 7: Tampilan Halaman Utama

Untuk dapat melihat halaman utama situs anda ketika saja URL di web browser dengan URL berikut namadomain.blogspot.com sebagai contoh penulis menggunakan contoh tadi maka URLnya adalah contoh-bahasaweb.blogspot.com.

Jika sudah anda ketik URL situs anda lalu tekan enter, maka kurang lebih tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat website sendiri gratis

Step 8: Ganti Template

Untuk dapat mengganti template kembali lagi pada tab dashboard blogger di web browser anda, lalu pada menu kiri pilih Themes, dan silahkan pilih Themes yang anda sukai, seperti gambar dibawah ini.

step 8 pilih theme blogger

Jika tidak ada template yang anda sukai pada halaman themes tersebut anda bisa mencarinya di google, template blogger memiliki format xml, cara menggunakannya ada bisa klik tanda panah bawah di samping tombol Customize lalu pilih Edit HTML pada halaman themes tersebut seperti gambar dibawah ini, klik pada bagian yang di lingkari warna merah, lalu pilih Edit HTML.

sstep 8 edit html

Setelah itu akan ditampilkan halaman Edit HTML, dibagian ini apabila anda dapat template blogger selain dari halaman Themes yang ada di dashboard anda bisa copy/paste ke halaman Edit HTML tersebut. Namun anda mesti berhati-hati karna ditakutkan terjadi error jika ada kesalahan penulisan kode template blogger.

Baca juga: Tutorial Dasar HTML Panduan Untuk Pemula

Nah saran dari penulis untuk pemula adalah ikuti tutorial yang gratis ini dulu saja “untuk tujuan belajar membuat web / blog”, cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula adalah dengan menggunakan dua platform diatas yang cara membuatnya sudah dijelaskan dengan detal sekali.

Cara Membuat Website Premium

Selanjutnya adalah bagian cara membuat website yang tidak gratis 😀 website premium yang penulis sebutkan disini adalah berbayar dari segi pengeluaran untuk hosting dan pembelian nama domain.

Berikut ini adalah kelebihan yang anda dapatkan apabila ingin membuat website sendiri dengan cara membayar hosting dan domain pada penyedia layanan hosting?

  • Website lebih profesional.
  • Anda memiliki kendali penuh atas website dan data-data anda.

Penulis rasa hanya dua poin itu saja yang dirasa sangat kuat bagi anda yang sudah berniat untuk membayar layanan digital untuk kebutuhan anda.

Apa yang bisa anda dapatkan untuk layanan berbayar ini?

  • Agar terlihat lebih profesional
  • Sangat tepat untuk website perusahaan dan toko online
  • Yang terpenting tidak ada iklan atau campaign dari penyedia layanan

Selanjutnya adalah membeli hosting untuk menempatkan data-data web site yang ingin dibuat.

Cara Membeli Domain Dan Hosting

Sebelum masuk ke tahap bagaimana cara membuat website sendiri di domain dan hosting sendiri, penulis ingin merekomendasikan tempat membeli layanan domain dan hosting.

Baca juga: Cara Install Xampp Di Windows Dengan Mudah

Meskipun begitu banyak penyedia layanan domain dan hosting di internet akan tetapi tidak ada salahnya penulis merekomendasikan penyedia layanan domain dan hosting.

Rekomendasi ini berdasarkan pengalaman pribadi sehingga kembali kepada masing-masing pembaca ingin mempercayakan penyedia layanan domain dan hosting dimana.

Menurut penulis sejauh ini penyedia layanan domain dan hosting yang layak menjadi pilihan adalah Niagahoster.

Silahkan klik Niagahoster.co.id maka dihalaman awal website mereka terpampang jelas “Unlimited Web Hosting Terbaik di Indonesia” wow.

halaman utama niagahoster - cara membuat website sendiri

Termasuk situs ini, sudah dari 2016 mempercayakan Niagahoster sebagai tempat bersemayam file-file Bahasaweb.com, sejauh ini tidak ada kendala apapun.

Paket-paket yang tersedia

paket niagahoster - cara membuat website sendiri

Pada gambar diatas terlihat ada beberapa paket yang bisa menjadi pilihan sesuai kebutuhan, jika anda ingin memulai dengan harga yang terjangkau anda dapat menggunakan paket Bayi, tapi rekomendasi dari penulis gunakan saja paket Personal.

Perbandingan paket Niagahoster

perbandingan paket niagahoster - cara membuat website sendiri

Dari gambar diatas bisa dilihat, pada paket Bayi tidak ada gratis domain, dan disk space-nya pun tidak unlimited sehingga mungkin apabila file-file web anda besar maka anda perlu upgrade lagi. So lebih baik beli diawal saja yang Pelajar atau Personal.

Baca juga: Hosting Murah Cocok Untuk Developer

Selain itu anda dapat menggunakan kupon diskon pembelian hosting Niagahoster dibawah ini agar mendapatkan diskon sebesar 5% apabila anda beli hosting di Niagahoster.

Kupon: BAHASAWEB

Cara menggunakan kupon mudah saja.

Klik Niagahoster.co.id lalu pilih paket yang anda inginkan dan masukkan kupon BAHASAWEB di kolom kupon saat anda ingin melakukan pembelian hosting.

Selanjutnya jika anda sudah membeli domain dan hosting di Niagahoster maka tahap berikutnya adalah install cms di hosting anda. Sampai tahap ini penulis merekomendasikan menggunakan salah satu di antara kedua cms yang penulis rekomendasikan yaitu WordPress atau Joomla. Berikut ini cara install WordPress atau Joomla di cpanel.

WordPress

Seperti yang sebelumnya penulis katakan bahwa WordPress memiliki banyak sekali tutorial, komunitas, plugin, dan themes yang bisa kita gunakan secara gratis maupun berbayar.

Cara membuat website sendiri dengan wordpress sangat mudah sekali bahkan anda tidak perlu memiliki keahlian IT sekalipun dapat membuatnya sendiri.

Cara install wordpress dicpanel sangat mudah anda hanya perlu klik next-next saja. Berikut ini penulis terangkah step by step cara install WordPress via Cpanel.

Step 1: Masuk ke cPanel

Masuk ke cpanel anda lalu pada bagian Software pilih Softaculous Apps Installer, perhatikan pada gambar dibawah ini.

cpanel softaculous - cara membuat website sendiri

Step 2: Pilih WordPress

Selanjutnya pada halaman Softaculous tersebut pilih WordPress, perhatikan gambar dibawah ini.

Pilih cms - cara membuat website sendiri

Step 3: Klik Install Now

Selanjutnya klik Install Now, perhatikan gambar dibawah ini.

WordPress install now

Step 4: Konfigurasi awal

Selanjutnya anda akan diarahkan kebagian konfigurasi dasar, anda tidak perlu membuat database karna akan otomatis dibuat sendiri oleh Softaculous.

Tentunya domain mana yang ingin anda pasang cms WordPress, jika sudah semua anda isi maka pada bagian bawah sekali klik tombol Install dan tunggu sampai proses installasi selesai.

Jika sudah selesai silahkan login ke WordPress dengan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya.

Selesai! 😀

Joomla

Joomla menjadi salah satu cms yang juga populer didunia, kalau penulis perhatikan biasanya yang menggunakan Joomla adalah website-website pemerintah, perusahaan, bahkan instansi pendidikan.

Cara membuat website sendiri dengan Joomla bisa terbilang mudah, namun pada bagian halaman admin Joomla terbilang sedikit rumit, solusinya hanya perlu terbiasa saja.

Berikut ini tutorial cara membuat website sendiri dengan Joomla di Softaculous Apps Installer.

Step 1: Masuk ke cPanel

Masuk ke cpanel anda lalu pada bagian Software pilih Softaculous Apps Installer.

cpanel softaculous - cara membuat website sendiri

Step 2: Pilih Joomla

Setelah itu pada halaman Softaculous pilih Joomla.

Pilih cms - cara membuat website sendiri

Step 3: Klik Install Now

Pada halaman Joomla tersebut pilih Install Now.

cara membuat website sendiri dengan joomla

Step 4: Konfigurasi Joomla

Pada halaman konfigurasi ini silahkan anda isi sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika sudah pada bagian bawah sekali klik Install, tunggu sampai proses instalasi selesai, dan anda sudah memiliki website dengan menggunakan cms Joomla.

Sampai disini tutorial cara membuat website sendiri, semoga tutorial ini bermanfaat bagi mereka yang ingin memiliki website dengan membuatnya sendiri. Kalau ada pertanyaan tentang tutorial cara membuat website sendiri ini silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.