Membuat Website Toko Online Dengan Praktis

Jika kita berbicara tentang website toko online mungkin tidak ada habisnya. Apalagi di masa transisi ke dunia yang serba digital saat ini membuat banyak sekali platform baru yang bisa kita gunakan, ditambah lagi akan selalu ada yang membuat website toko online baru yang muncul di Internet.

Oleh sebab itu jika tidak mulai website toko online anda sendiri sekarang mau kapan lagi? apalagi di mesin pencari google saat ini tidak semudah dulu untuk menaikkan website ke ranking yang bagus, sehingga jika kamu menunda-nunda buat website toko online kemungkinan akan semakin sulit melawan kompetitor yang sudah lebih dulu buat toko online mereka.

Meskipun tidak menutup kemungkinan website baru dapat berada diperingkat teratas google, biar bagaimanapun semua itu tergantung kerja keras dan keberutungan. Karna penulis yakini tidak ada yang pasti di dunia SEO (Search Engine Optimization) terlihat beberapa perubahan yang terjadi dimesin pencari seperti Google ada website hasil copy-paste dapat berada diperingkat teratas.

Yang perlu diketahui pembaca didalam tulisan ini penulis tidak menjelaskan secara teknis bagaimana membuat toko online, namun sebagai referensi anda bisa membaca Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah, tulisan ini dibuat untuk menunjukan kepada pembaca bahwa untuk buat toko online sendiri sebetulnya tidak sulit, dan beberapa bahkan tidak diperlukan pengetahuan teknis.

Platform Buat Website Toko Online

Sebelum anda mencari cara buat website, penulis akan sedikit menjelaskan sedikit tentang toko online. Pada dasarnya toko online digunakan untuk pengalaman transaksi penjualan secara online melalui media internet seperti website dimana memungkinkan anda dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia, dimanapun berada, dan dengan menggunakan device apapun selama itu mendukung akses internet.

Sehingga yang terjadi adalah jangkauan yang luas dan pesanan yang tidak terbatas. Akan tetapi banyak dari kita berpikir bahwa toko online hanya sebatas daftar produk dan menerima pembayaran saja. Jika anda serius sebenarnya toko online bisa jadi pusat komando bisnis, mulai dari inventaris hingga pemasaran.

Jenis Layanan Website Toko Online

Layanan toko online ada dua jenis yang bisa anda gunakan tergantung kebutuhan dan pengetahuan yang anda miliki, berikut ini adalah dua jenis layanan yang bisa anda gunakan.

1. Hosted

Layanan ini memungkinkan membuat website dengan praktis tanpa perlu memikirkan bagaimana file-file website anda ditempatkan, karena sudah atur oleh layanan tersebut, sehingga anda hanya perlu membuat akun saja. Misalnya seperti Zyro, Wix, Shopify, dan lain-lain yang bisa anda cari di Internet.

2. Non-Hosted

Jenis ini bisa anda gunakan jika anda memiliki pengetahuan teknis, atau membayar orang lain untuk melakukannya. DImana anda perlu menyediakan Hosting untuk menyimpan file-file website anda, mengatur spesifikasi server yang akan anda gunakan, dan lain-lain yang berkaitan dengan kebutuhan website anda, misalnya anda bisa gunakan WordPress dengan WooCommerce, Magento, Joomla dengan extension eCommerce dan lain sebagainya.

Penyedia Layanan Toko Online

Berikut ini adalah beberapa platform yang memudahkan anda menciptakan toko online anda sendiri dengan mudah dan praktis.

Zyro

Zyro merupakan layanan website builder yang dapat memungkinkan anda buat website toko online tanpa perlu mengetahui pengetahuan teknis sama sekali. Bahkan bisa dikatakan orang awam sekalipun sudah langsung dapat buat website sendiri dengan mudah, hanya drag & drop saja.

Zyro Buat Website Toko Online

Layanan Zyro ini berbayar, namun harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan model bisnis yang akan mungkin mendapatkan income yang lebih besar dari cara lama yang sekarang anda gunakan.

Fitur-fitur untuk toko online yang sudah lengkap sekali, sehingga anda hanya perlu memikirkan pemasaran saja tanpa perlu dipusingkan dengan hal-hal teknis lainnya, sudah mendukung berbagai layanan pengiriman dan pembayaran di Indonesia.

WooCommerce

WooCommerce adalah plugin WordPress.org lengkap yang paling banyak digunakan untuk pembuatan eCommerce diseluruh dunia, namun jika anda menggunakan WooCommerce anda perlu sedikit belajar bagaimana cara menyiapkan hosting, instalasi WordPress, dan tentunya membutuhkan sedikit waktu untuk membangun toko online anda.

WooCommerce Online Store

WooCommerce memiliki fitur yang sangat lengkap, namun apabila anda ingin menggunakan pengiriman dan gerbang pembayaran lokal anda perlu menginstall plugin tambahan yang mungkin saja itu berbayar.

Magento

Sejauh ini dari sekian banyak platform toko online yang ada di internet, penulis bisa katakan Magento adalah yang terbaik dari segi fitur, karna memang di khususkan untuk membuat toko online. Magento termasuk non-hosted sehingga sekali lagi untuk dapat membangun eCommerce dengan menggunakan magento anda diperlukan pengetahuan IT.

Magento online store

Dari segi fitur sampai saat ini sepertinya Magento belum tertandingi, meskipun banyak sekali bertebaran layanan eCommerce di Internet.

Itulah beberapa layanan yang anda bisa gunakan untuk buat website toko online anda dengan praktis dan mudah, semua bisa anda gunakan tergantung kebutuhan dan kemampuan anda sendiri, pada dasarnya yang paling penting dari kesemuanya adalah PEMASARAN, karna bisa dikatakan percuma jika anda hanya membuat toko online tapi tidak melakukan pemasaran secara masive.

2 Komentar
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.