Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Jika pada tutorial sebelumnya kita telah memasukan beberapa data dengan perintah insert di mysql, kali ini kita akan menampilkan data dengan perintah select dan tetap menggunakan database yang tutorial sebelumnya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui, teknik menampilkan data dengan perintah select ada beberapa metode, sebenarnya itu tergantung kebutuhan kita, misalkan ingin menampilkan semua data, atau hanya spesifik, atau data yang mengandung suku kata yang serupa, nah disini akan kita bahas satu persatu metode tersebut.

Cara Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Apa sih Select dalam database? Select adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang ada didatabase dan dapat juga berupa sebuah ekspesi. Seperti awal dibahas bahwa ada beberapa metode yang bisa digunakan namun kembali lagi sesuai kebutuhan, dalam tutorial ini semua akan dibahas masing-masing metode karna kerap kali kebutuhan tersebut ternyata memang paling sering digunakan.

Dalam kasus yang sering terjadi adalah jika seorang programmer hanya ingin menampilkan data yang spesifik, caranya adalah dengan menggunakan logika ekspesi, umumnya diawali dengan WHERE lalu kondisi seperti AND, OR, LIKE, BETWEEN, IN, NOT IN, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah pseudo-code perintah Select…

SELECT field / * FROM nama_tabel WHERE kondisi

Perintah diatas hanyalah sebuah pseudo-code dan tidak bisa digunakan, penulis hanya mengasumsikan perintah tersebut agar sampai sini sudah dapat dibayangkan. Perlu diperhatikan bahwa pada tutorial mysql ini kita telah membuat database dengan nama nama_database dan didalam database tersebut telah tersedia tabel pelanggan dengan beberapa data.

Cara Menampilkan Semua Data Dengan Select

Jika anda ingin menampilkan semua data didalam table di mysql gunakan perintah berikut ini…

SELECT * FROM pelanggan;

Jika sudah benar maka seharusnya tampil seperti gambar dibawah ini…

Baca juga:  Cara Mengubah Struktur Dan Menghapus Tabel Database MySQL

Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Perlu diingatkan, didalam tabel pelanggan tersebut ada beberapa field, bagaimana jika hanya ingin menampilkan satu atau dua field saja, mudah sekali. Ganti simbol “*” (tanpa kutip) dengan nama field yang ingin ditampilkan, contohnya jika hanya ingin menampilkan nama pelanggan saja:

SELECT nama_pelanggan FROM pelanggan;

Atau lebih dari satu field, yaitu dengan menggunakan koma sebagai pemisah…

SELECT id_pelanggan, nama_pelanggan FROM pelanggan;

Cara Menampilkan Data Spesifik Dengan Select

Apa sih maksudnya data spesifik? adalah jika ingin menampilkan data hanya pada baris tertentu. Dalam tutorial ini misalnya hanya ingin menampilkan data pelanggan dengan id_pelanggan P0001 saja, yaitu dengan menggunakan perintah WHERE..

SELECT * FROM pelanggan WHERE id_pelanggan = 'P0001';

Jika sudah benar terlihat seperti gambar dibawah ini.

Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Dalam hal ini juga dapat dengan menggunakan ekspesi seperti AND, OR dan lain sebagainya.

Cara Menampilkan Data Yang Mengandung Kata Tertentu

Bagaimana cara menampilkan data yang hanya memiliki kata tertentu saja dengan perintah Select di MySQL ini? penulis akan menjelaskan terlebih dahulu maksud dari “kata tertentu”, ialah apabila data yang tampil hanya ingin mengandung kata yang diinginkan, sebagai contoh penulis akan menampilkan data pelanggan yan hanya memiliki email dengan nama domain “domain” saja.

SELECT * FROM pelanggan WHERE email LIKE '%domain%';

Perintah diatas akan menampilkan data yang hanya mengandung email dengan nama alamat “domain”,  pada kasus didalam tutorial ini kebetulan data yang ada hanya dua saja dengan dengan menggunakan alamat email dengan domain yang sama, maka yang muncul adalah kedua data tersebut.

Dalam kasus-kasus yang sering terjadi, perintah LIKE ini sering digunakan untuk melakukan pencarian data berdasarkan kata.

Cara Menampilkan Data Sesuai Data Tertentu

Yang akan kita bahas pada sub-tutorial ini maksudnya adalah apabila kita hanya ingin menampilkan data yang hanya mengandung data yang telah didefinisikan, yaitu dengan perintah IN dan NOT IN, mirip seperti AND dan OR namun IN dan NOT IN dapat melakukannya secara bersamaan. Contohnya kita hanya akan menampilkan data yang memiliki id_pelanggan P0001 dan P0002.

SELECT * FROM pelanggan WHERE id_pelanggan IN ('P0001', 'P0002');

Maka kedua data yang tampil hanyalah yang memiliki id_pelanggan P0001 dan P0002. Lalu bagaimana dengan NOT IN? NOT IN kebalikan dari IN, contohnya apabila hanya ingin menampilkan data dimana id_pelanggan hanya P0002.

SELECT * FROM pelanggan WHERE id_pelanggan NOT IN('P0001');

Maka akan tampil sebuah data yang hanya menampilkan data yang id_pelanggan tidak di P0001 yaitu P0002.

Baca juga:  Cara Install Database MySQL

Cara Menampilkan Data Dengan Range Atau Jarak

Lain lagi kasus yang sering terjadi adalah apabila ingin menampilkan sebuah data dengan jarak tanggal tertentu, atau dengan jarak harga tertentu. Pada tutorial ini sayangnya didalam tabel pelanggan kita tidak menggunakan tanggal, namun bisa menggunakan id_pelanggan, anggap saja data yang kita miliki sudah banyak, misalkan id_pelanggan sudah sampai diantara P0001 sampai P0100, bagaimana cara menampilkan data dengan jarak id_pelanggan antara P0001 sampai dengan P0002? yaitu dengan menggunakan BETWEEN.

SELECT * FROM pelanggan WHERE id_pelanggan 'P0001' AND 'P0002';

Maka akan didapatkan sebuah data yang hanya menampilkan id_pelanggan dari jarak antara P0001 sampai P0002.

Demikian tutorial menampilkan data dengan perintah select ini, semoga bermanfaat.