Jenis Bahasa Pemrograman Untuk Design Website Hosting Indonesia

Pentingnya Coding untuk Mempercantik Website Hosting Indonesia

Keindahan suatu website merupakan salah satu faktor yang menjadi daya tariknya. Untuk memiliki website yang cantik, diperlukan sebuah keahlian coding dalam mengembangkan website hosting Indonesia yang sudah Anda miliki. Nah, di sini akan dijelaskan jenis bahasa pemrograman apa saja yang diperlukan untuk mewujudkannya. Simak sampai selesai, ya.

Mengenal Apa Itu Web Design?

Sebelum masuk pada inti pembahasan, mari kita berkenalan dulu dengan istilah web design, agar tahu fungsi dan manfaatnya.

Web design merupakan aktivitas untuk membuat tampilan sebuah website menjadi lebih indah dan nyaman. Prosesnya mencakup perencanaan, hingga pembuatan elemen-elemen penting di dalamnya.

Ada banyak elemen yang harus diperhatikan saat proses mendesain website hosting Indonesia yang sudah dimiliki. Elemen-elemen tersebut mencakup gambar, font, tata letak, hingga grafiknya. Saat ini, cakupannya bahkan lebih luas lagi hingga ke user experience design, desain grafis, hingga user interface design.

Perbedaan Web Design dan Web Development

web hosting indonesia

Sebagai informasi, web design berbeda dengan web development, atau pengembangan web. Seorang web developer, bertugas untuk membuat situs web agar berfungsi dengan baik. Artinya, dalam pembuatan website, Anda membutuhkan keahlian mendesain sekaligus mengembangkan web.

Meski begitu, ada juga orang yang memiliki keahlian dua-duanya. Namun, sangat jarang sekali ditemukan. Karena, dalam mendesain web, seseorang harus memiliki bakat seni, dan wawasan atau ilmu terkait seni visual.

Seorang web designer memiliki tugas agar bisa menunjukkan seperti apa web yang sudah dikembangkan di awal. Tugasnya juga meliputi pada bidang penanganan bagian kreatif agar website tampil menarik dan cantik.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman untuk web Design

Untuk mulai menekuni bidang ini, pertama-tama Anda harus memiliki web terlebih dahulu. Tujuannya agar mudah diimplementasikan. Kini, Anda bahkan bisa beli domain tanpa hosting di suatu layanan web hosting, dan memilih hosting murah atau gratis di tempat lain.

Setelah memiliki layanan web hosting, dan nama domainnya, Anda baru bisa mengimplementasikannya. Namun, pertama-tama Anda harus mengenal terlebih dahulu bahasa pemrograman berikut yang biasa digunakan untuk mendesainnya:

Bahasa Pemrograman CSS

Untuk membangun website hosting Indonesia menjadi situs yang menarik, diperlukan pemahaman CSS cukup mendalam. CSS adalah bahasa pemrograman yang berfungsi agar tampilan web menjadi lebih menarik.

Selain untuk mendesain, CSS juga bisa digunakan untuk merancang, mengubah halaman website, hingga membentuk blog maupun web yang berisi tag-tag HTML.

Secara sederhana, coding ini bisa digunakan untuk mengubah HTML sederhana, menjadi lebih menarik dan fungsional. Kita bisa membedakan mana web yang menggunakan CSS dan mana yang tidak. Web tanpa CSS, dan hanya menggunakan HTML saja, hanya akan menampilkan layar yang putih saja.

Sebagai informasi, HTML yang biasa digunakan pada proyek pembuatan website, tidak dikembangkan untuk mendesain tampilan depan web. Itulah kenapa, Anda harus memahami CSS sebagai solusi permasalahan tersebut.

Bahasa Pemrograman JavaScript

Sama seperti CSS, JavaScript atau JS ini memiliki fungsi yang menarik pada HTML. Fungsi coding ini, yaitu untuk menerjemahkan statis HTML. Nantinya, HTML tersebut akan menjadi halaman yang bisa berinteraksi dengan visitors.

Baca juga: Pengenalan JavaScript

Website hosting Indonesia yang sudah Anda miliki, jika diimplementasikan JS akan mampu berinteraksi dengan pengunjung. Karena, JS bisa digunakan untuk menambahkan animasi yang menarik perhatian visitors.

Nah, animasi tersebut, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Di sisi lain, JS juga bisa digunakan untuk memuat skrip baru, objek, hingga gambar. Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk membuat efek khusus seperti roll out, roll over, dan berbagai efek menarik lainnya.

RSS Feed

Jenis coding yang satu ini tergolong sangat powerfull. RSS memang tidak bisa mempercantik web yang Anda miliki. Namun, dengan hadirnya RSS, Anda bisa menginformasikan update konten web terbaru pada para pengunjung tanpa harus membagikannya.

Cara kerja RSS feed adalah mempublikasikan konten yang Anda buat. Nah, konten tersebut, akan dibuat ke dalam struktur dokumen XML. RSS feed ini, berisi ringkasan artikel milik Anda, memuat artikel secara lengkap, kategori, metadata, hingga tanggal.

Sederhananya, RSS ini akan membantu website Anda dalam memelihara dan membangun followers yang mengikuti web atau halaman blog. Dengan RSS, subscriber atau followers Anda, bisa membaca website kapan saja, dan mendapatkan informasi update konten terbaru.

RSS merupakan widget yang dipasang pada WordPress. Untuk pemasangannya pun sangat mudah. Silahkan Anda beli domain dan hosting, atau beli domain tanpa hosting, kemudian buat web. Setelah itu, login pada halaman web, kemudian pilih menu Widget, lalu pilih RSS feed kemudian pasang.

HTML

Bahasa pemrograman HTML (HyperText Markup Language) merupakan jenis coding atau bahasa markup. Fungsinya yaitu untuk membuat halaman web dan menampilkan semua informasi yang ada di dalamnya pada sebuah browser.

Baca juga: Tutorial Dasar HTML Panduan Untuk Pemula

Sampai saat ini, HTML masih menjadi standar internet yang dikendalikan serta didefinisikan oleh para user World Wide Web Consortium atau yang familier dikenal dengan sebutan W3C.

Jika Anda sudah memiliki hosting di salah satu website hosting Indonesia, maka wajib untuk mengenalnya. HTML juga menjadi dasar pengembangan dan mendesain web agar berfungsi dengan baik dan enak dilihat.

HTML sendiri merupakan sebuah kode-kode tag. Nah, kode-kode tersebut, nantinya akan menginstruksikan browser agar menampilkan halaman sesuai dengan yang kita inginkan. File HTML ini, bisa Anda buka menggunakan browser seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan lainnya.

Alasan Kenapa Desain Web Sangat Penting?

Setiap pelaku usaha, khususnya yang menjalankannya secara online, tentu ingin bisnisnya menjadi lebih berkembang. Untuk mewujudkannya, para pemilik toko online bisa mencoba membuat tampilan web-nya menjadi lebih menarik. Adapun alasannya karena:

Kesan Pertama yang Menggoda Para Konsumen

Menurut penelitian, 20 detik pertama saat pelanggan masuk ke sebuah toko online, adalah detik-detik yang paling menentukan. Karena, dalam waktu sesingkat itu, mereka bisa menentukan pilihan untuk kembali mencari produk/layanan, mencari informasi, membeli, atau keluar dari web Anda.

Nah, website yang tampak menarik, akan membuat mereka tertarik untuk berinteraksi hingga melakukan aksi. Misalnya seperti melakukan pembelian.

Menjaga Pengunjung Agar Betah

Website yang nyaman dan menarik, akan membuat visitor betah berlama-lama. Hal ini tentu menjadi sebuah benefit bagi Anda yang memiliki web untuk kepentingan usaha. Terlebih jika Anda memuat informasi yang lengkap, mulai dari deskripsi, foto, hingga video.

Memberikan Kenyamanan Bagi Para Pelanggan

Pemilik web yang mendesain web-nya secara baik dan benar, artinya sudah selangkah lebih maju. Pasalnya, web yang nyaman diakses akan memberi kenyamanan ekstra bagi para pelanggan.

Menegaskan Citra Brand dan Produk

Desain juga bisa menjadi alat untuk menegaskan dan menghadirkan citra brand dan produk milik Anda. Buatlah desain web yang rapi dan tidak berantakan. Web yang rapi, akan menguatkan kesan profesional bagi perusahaan Anda.

Demikian informasi seputar jenis-jenis bahasa pemrograman untuk web desain, fungsi, dan manfaatnya. Anda sudah memiliki hosting di website hosting Indonesia? Yuk, buat web dan desain sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.