Pengertian Dan Jenis-jenis Bahasa Pemrograman

Semakin maju peradaban tentunya semakin tinggi kebutuhan teknologi jenis-jenis bahasa pemrograman, didunia yang serba digital ini kebutuhan akan digitalisasi disetiap layanan sedang bertumbuh sangat pesat, tentunya kebutuhan akan programmer sangat tinggi.

Seperti tulisan yang kamu akses ini adalah penyederhanaan browser untuk menterjemahkan bahasa pemrograman web ke dalam bentuk visualisasi agar dapat dibaca, dipahami oleh manusia. Itulah cara kerja sederhana bahasa pemrograman.

Pengertian Pemrograman

Apabila dikutip dari Wikipedia pengertian pemrograman “Pemrograman adalah proses menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara kode yang dibangun untuk menciptakan program komputer”.

Jika diambil kesimpulan dari pengertian pemrograman yang diambil dari Wikipedia tersebut menurut penulis adalah menciptakan dan mengembangkan suatu program komputer yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu sesuai dengan kebutuhan yang pada akhirnya bertujuan untuk mempermudah “pekerjaan” dari rangkaian proses tertentu agar menjadi lebih efisien.

Jadi pemrograman adalah pekerjaan programmer (pelaku pembuat program/aplikasi) untuk menginstruksikan mesin melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan si pencipta program tersebut.

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman

Pada tahun 2021 ini tentunya perkembangan bahasa pemrograman sangat pesat, apalagi saat ini gadget sebagai kebutuhan setiap individu dan mudah di dapatkan karna harganya yang bersaing masing-masing vendor, sehingga seiring dengan perkembangan device tersebut maka berbanding lurus dengan perkembangan jenis-jenis bahasa pemrograman, karna kebutuhan device tersebut.

Penulis mencoba mengklasifikasikan jenis-jenis bahasa pemrograman berdasarkan platform yang digunakan, yaitu Desktop, Mobile, dan Web.

Bahasa Pemrograman Desktop

Bahasa pemrograman desktop adalah pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi atau program untuk kebutuhan sistem operasi, dimana program atau aplikasi tersebut berjalan pada sisi sistem operasi itu sendiri, sebagai contoh Microsoft Office, Web Browser, Photoshop, dan lain sebagainya. Jenis-jenis bahasa pemrograman desktop ini berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kemampuan programmer, berikut ini jenis-jenis bahasa pemrograman desktop.

C# (di baca C Sharp)

Bahasa ini memungkinkan kita mengembangkan aplikasi desktop di Windows, yap bahasa C# masih termasuk keluarga C dan memang di buat oleh Microsoft Corporation, dengan menggunakan metode Object Oriented Programming (OOP) sehingga lebih mudah dan lebih efisien untuk membangun suatu aplikasi desktop.

C++ (C Plus-plus)

Bahasa C++ ini adalah hasil pengembangan dari bahasa C, kebanyakan program di linux menggunakan bahasa C++ karena bisa dibilang lebih dekat ke mesin sehingga proses compile akan lebih cepat, selain untuk mengembangkan aplikasi desktop ternyata C++ banyak dipakai untuk mengembangkan game.

Visual Basic (VB)

Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft yang khusus digunakan untuk mengembangkan aplikasi di sistem operasi Windows, bahasa tingkat tinggi ini termasuk yang paling mudah karena kamu tidak hanya koding, tetapi juga dalam pembuatannya disediakan secara visual seperti pembuatan tombol dan form dalam dilakukan dengan mudah.

Itulah 3 dari sekian banyak bahasa pemrograman desktop yang banyak digunakan programmer baik secara individu maupun secara organisasi di seluruh dunia.

Bahasa Pemrograman Mobile

Bahasa pemrograman mobile (smartphone) digunakan untuk membangun aplikasi untuk sistem operasi smartphone seperti Android maupun iOS. Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan, programmer mobile sangat dibutuhkan karna perilaku manusia milenial saat ini akan kebutuhan gadget menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki sehingga vendor-vendor dituntut untuk melakukan digitalisasi untuk kebutuhan operasionalnya. Berikut ini adalah bahasa pemrograman web yang sering digunakan.

Java

Java termasuk bahasa pemrograman yang dapat berjalan diberbagai platform seperti desktop, web, dan tentnunya mobile, menjadi bahasa native yang paling banyak digunakan dari masa ke masa bahkan dimasa kejayaan sistem operasi Symbian hingga saat ini digunakan di Android dan iOs, karena mudah untuk dipelajari dengan cepat.

JavaScript

Seiring perkembangan jaman JavaScript adalah bahasa pemrograman yang termasuk mengalami banyak perubahan, yang tadinya hanya berjalan di browser hingga sekarang mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile namun tentunya dengan dukungan framework seperti Ionic, React Native, dan lain sebagainya.

Kedua bahasa pemrograman diatas adalah contoh pilihan bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan untuk dipelajari, meskipun ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile untuk smartphone.

Bahasa Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web mengalami banyak perubahan seiring dengan kebutuhan manusia saat ini, kebutuhan akan jaringan produksi, kontrol, dan penjualan yang luas adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk industri atau individu dan tentunya solusi terbaik adalah membuat sistem berbasis web, karena lebih efisien dari segi resource, dan ongkos yang dikeluarkan, web dapat berjalan diberbagai platform tanpa tambahan apapun selama device yang digunakan mendukung perambang web.

Berikut ini adalah bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan.

PHP (PHP: Hypertext Preprocessor)

PHP adalah bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan didunia untuk saat ini, PHP dapat berjalan di web server baik itu Nginx, Apache, maupun LiteSpeed. Dimana tugas web browser adalah melakukan kompilasi lalu diteruskan ke mesin dan divisualisasikan melalui web browser.

Ruby

Ruby termasuk bahasa yang juga banyak digunakan untuk pengembangan web, penulis sendiri belum pernah mempelajari bahasa ini, menurut rumor yang beredar Ruby adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari.

Python

Python sepertinya termasuk bahasa pemrograman yang flexible, karena selain bisa digunakan untuk mengembangkan sistem web, python juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop maupun mobile.

Demikian ketiga bahasa pemrograman diatas adalah yang paling populer digunakan, akan tetapi untuk menciptakan sebuah web tentunya kita juga dituntut untuk mempelajari bahasa pendukung lainnya seperti JavaScript, HTML, dan CSS untuk memvisualisasikan web dengan sedemikian rupa sesuai dengan bentuk/desain yang telah dirancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.