Cara Install Xampp Di Windows Dengan Mudah

Sebelum melakukan cara install xampp, kita coba mencari tahu apa sebenarnya xampp dan mengapa harus web server xampp. Xampp adalah perangkat lunak bebas yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi, xampp sebagai server yang berdiri sendiri dapat di install pada sistem operasi desktop sehingga banyak yang menjadikannya sebagai web server lokal (localhost).

Xampp terdiri dari satu paket aplikasi lengkap yang dibutuhkan untuk dapat membangun web server, di dalam xampp terdapat Apache, Mysql, Php, Perl serta tersedia PhpMyAdmin yang dibutuhkan untuk tampilan antarmuka Mysql sehingga dapat mempermudah pembuatan database aplikasi berbasis web.

Sebenarnya dengan sudah di bundle-nya seluruh program yang dibutuhkan untuk membuat web server sendiri membuat kita tidak tahu bagaimana sebuah web server berjalan dan apa saja yang dibutuhkan di dalamnya, alangkah baiknya kita pelajari juga membangun web server dengan menginstalnya satu-persatu sehingga kita tidak hanya tahu bahasa pemrogramannya saja, tetapi tidak apa sebab hal itu bisa di pelajari dan sayangnya bukan cakupan kita untuk membahasnya disini karena hal yang demikian termasuk dalam golongan masalah teknis. Jika anda pengguna sistem operasi linux silahkan lihat panduan cara install lamp linux di ubuntu.

Mengapa kita membutuhkan web server dalam pemrograman web?

PHP bukanlah bahasa pemrograman yang dapat berjalan sendiri, secara teknis PHP adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server sehingga apabila ingin menjalankan file PHP maka harus menjalankan web server agar PHP dapat berjalan dari situlah anda perlu install xampp di komputer anda sebagai web server.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web. – Wikipedia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita akan menggunakan Xampp sebagai web server yang berjalan pada komputer lokal, karena kemudahan xampp tersebut sehingga tidak perlu repot-repot lagi kecuali jika anda ingin mengetahuinya secara teknis.

Baca juga:  Cara Install Lamp Web Server Ubuntu

Cara Install Xampp di Windows

Jika sebelumnya telah download xampp silahkan untuk mengikuti instruksi cara install xampp berikut ini, apabila belum memilikinya silahkan download versi Bitnami for xampp.

Link di atas akan secara otomatis mendownload file xampp, tunggu sampai proses download selesai, jika sudah selesai silahkan ikuti instruksi cara install xampp di bawah ini.

Klik dua kali pada aplikasi xampp yang telah di download, akan mucul alert notifikasi biasanya ini akan muncul hanya untuk memastikan apakah anda benar ingin meng-install xampp, klik yes saja.

cara install xampp

Lalu selanjutnya akan muncul splash screen bitnami, setelah itu akan ada peringatan error, ini terjadi terkait masalah permission atau hak akses, klik OK  karena nantinya akan di konfigurasi ke hard drive lain.

cara install xampp

Setelah itu akan muncul bagian awal instalasi Setup Wizard xamp, klik Next untuk memulai instalasi.

cara install xampp

Setelah itu akan muncul halaman pemilihan komponen apa saja yang ingin di install di dalam web server xampp ini, silahkan untuk di sesuaikan, anda dapat meminimalisir modul-modul instalasi sesuai kebutuhan, tetapi di dalam tutorial ini saya membiarkan semuanya terinstall. jika sudah klik Next.

cara install xampp

Selanjutnya anda akan di arahkan untuk penempatan folder instalasi xampp, jika secara bawaan akan di arahkan ke drive C, karena masalah hak akses yang terjadi di awal tadi sehingga perlu di arahkan ke hard drive lain, sebagai contoh saya mengarahkan ke drive G, silahkan di sesuaikan dengan part hard drive yang tersedia pada komputer anda. setelah itu klik Next.

cara install xampp

Langkah berikutnya adalah tampilan promosi bitnami menawarkan cara menginstall cms seperti WordPress dan lain-lain. Pada langkah ini ada sebuah checkbox pada bagian Learn more about Bitname for Xampp silahkan di hilangkan ceklis yang secara bawaan telah ada jika tidak ingin mengikuti petunjuk instalasi CMS. jika sudah klik Next.

Baca juga:  Cara Install Lamp Web Server Ubuntu

cara install xampp

Pada langkah berikutnya Ready to Install ini sebenarnya hanya untuk memastikan apakah anda sudah yakin pada tahap-tahap sebelumnya, jika di rasa anda kurang yakin bisa menekan tombol back, tetapi dalam tutorial ini telah di uji coba langkah-langkah instalasi xampp sebagai web server lokal di tutorial ini. Jika sudah klik Next.

cara install xampp

Selanjutnya adalah proses extract file-file xampp ke dalam hard drive folder yang telah di tetapkan sebelumnya, tunggu sampai proses instalasi selesai dimana proses ini tidak memakan waktu lama. Jika sudah klik Next.

cara install xampp

Langkah berikutnya anda akan di bawa ke bagian Completing the Xampp Setup Wizard ini adalah langkah terakhir dalam rangkaian proses instalasi.  Terdapat checkbox Do you want to start the Control Panel now? biarkan saja ceklis tersebut, atau jika tidak ada ceklis maka silahkan berikan ceklis agar setelah ini Xampp control panel secara otomatis berjalan. Jika sudah klik finish.

cara install xampp

Sampai disini proses intalasi telah selesai, anda bisa mengecek langsung ke folder yang sebelumnya telah di arahkan. Karena pada tahap terakhir kita memberikan ceklis agar xampp control panel secara otomatis tampil maka tunggu sampai control panel tersebut muncul.

Jika Control Panel Xampp sudah muncul silahkan klik start pada Apache dan Mysql hingga tulisan Apache dan Mysql di block warna hijau, dibawah ini adalah contoh gambar Control Panel Xampp yang pada bagian apache dan mysql sudah berjalan.

cara install xampp

Coba perhatian pemberitahuan berwarna merah di pada gambar Control Panel Xampp, hal itu di sebabkan karena pada port 80 sudah di jalankan di aplikasi lain sehingga menyebabkan modul Apache tidak dapat berjalan, untuk error tersebut saya telah merubahnya ke port 8080 agar tidak terjadi bentrok pada port 80.

Baca juga:  Cara Install Lamp Web Server Ubuntu

Untuk menguji jika semua sudah berjalan dengan baik silahakan buka browser anda dan arahkan ke alamat http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ ini adalah alamat umum komputer lokal. Jika berhasil seharusnya di arahkan ke halaman Xampp, seperti gambar dibawah.

cara install xampp

Jika alamat tersebut berhasil di akses dan muncul tampilan xampp pada halaman awal maka anda telah berhasil mengikuti tutorial cara install xampp pada komputer anda, setelah itu silahkan di pergunakan untuk membuat eksperimen pengembangan web. Semoga tulisan ini berguna bagi anda yang ingin mempelajari dunia web, selamat mencoba.