Rekomendasi Text Editor Untuk Web Programmer

Sebelum menulis barisan kode ada baiknya kita coba memilah text editor yang kaya fitur dan ramah (ringan) di komputer berikut ini adalah text editor untuk web programmer, sebenarnya setiap sistem operasi memiliki text editor bawaan yang bisa digunakan hanya saja fitur yang tersedia tidak dapat menunjang kebutuhan dalam penulisan kode program. Sebagai contoh notepad yang telah ada pada saat kita meng-install sistem operasi berbasis windows, aplikasi ini sangat sederhana sehingga tidak mungkin dapat menunjang kebutuhan programmer.

Text editor biasanya mempunyai fungsi untuk menulis kode program dan tanpa disertai compiler yang terintegrasi, fitur umum yang wajib dimiliki sebuah text editor hingga layak digunakan untuk menulis kode program seperti syntax highlighter, line number, search, snipet dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut selain mempermudah penulisan kode program juga dapat mempercantik barisan kode sehingga nyaman untuk digunakan.

Rekomendasi text editor untuk web programmer ini berdasarkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya serta ramah pada komputer dan paling banyak di gunakan para programmer.

Sublime Text

Rekomendasi Text Editor Untuk Web Programmer
(Sumber: http://www.hutchhouse.com/journal/development/switched-sublime-text/)

Sublime Text di bangun menggunakan Phyton, salah satu text editor memiliki antarmuka yang menarik, ringan, kaya fitur dan dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Namun Sublime Text ini termasuk aplikasi yang tidak gratis tetapi masih bisa di gunakan tanpa harus membelinya.

Fitur-Fitur Sublime Text

  • Multiplatform
    Sublime Text dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac dan Windows.
  • Package Control
    Fitur package control mempermudah dalam menambahkan plugin-plugin yang di butuhkan programmer
  • Color Scheme
    Fungsi color scheme ini digunakan untuk menyoroti syntax sesuai dengan masing-masing fungsi yang berbeda.
  • Multiple Selection
    Dapat melakukan blocking teks atau memilih teks secara bersamaan di line number yang berbeda.
  • Dan masih banyak lagi.

Notepad++

Rekomendasi Text Editor Untuk Web Programmer
(Sumber: http://lifehacker.com/)

Notepad++ adalah salah satu text editor yang paling banyak di gunakan dan banyak fitur terkandung di dalamnya Notepad++ ini adalah aplikasi gratis di distribusikan secara bebas (Open Source).

Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyunting teks, ditulis  dalam bahasa C++ dan menggunakan Win32 API juga STL sehingga menjamin kecepatan eksekusi tinggi serta ukuran program yang lebih kecil.

Fitur-fitur Notepad++

  • Open Source
    Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas, sehingga siapa saja bisa menggunakannya.
  • Syntax Highlighting
    Dapat menyoroti teks dalam warna yang berbeda sesuai fungsinya masing-masing.
  • Auto Complete
    Notepad++ menyimpan setiap kata yang di tulis didalamnya, sehingga akan muncul ketika ingin mengetik kata tersebut.
  • Dan masih banyak lagi.

Komodo Edit

Rekomendasi Text Editor Untuk Web Programmer
(Sumber: softonic.com)

Komodo Edit besutan ActiveState ini berbasis Open Source dengan fitur multibahasa yang ringan sehingga sangat cocok untuk di gunakan, Komodo edit mendukung berbagai bahasa dinamis dan markup dengan tampilan yang mudah di gunakan membuatnya banyak di pakai oleh web programmer.

Banyak fitur yang di berikan Komodo Edit seperti Sections List, Code Browser, DOM Viewer, Debugging dan lain sebagainya.

Mana Text Editor Terbaik Untuk Web Programmer?

Sebenarnya masih banyak text editor di luar sana yang menarik untuk di coba dan saling memiliki keunggulannya masing-masing, penulis sendiri memilih menggunakan sublime text untuk keperluan coding karena sudah merasa nyaman, maka dari itu tidak bisa kita menilai mana yang terbaik sebagai acuan untuk di gunakan tetapi kembali lagi kepada kebutuhan dan kenyamanan agar proses penulisan kode program lebih dapat membuat kita bersemangat.

Aris Munandar

Penulis adalah lulusan FST Universitas Buddhidharma dan saat ini sudah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kuala Lumpur, Malaysia sebagai Web Engineer. Selain hobinya senang "ngeblog" penulis juga suka dengan dikegiatan Outdoor dan Riding.

  • Dewi

    Boleh minta kontaknya mas? Saya mau tanya banyak hal tentang pembuatan web. Terimakasih sebelumnya.