Cara Install Codeigniter Di Xampp

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara install codeigniter di xampp atau di komputer lokal yang menjadi tempat pembelajaran kita dalam mengasah logika pemrograman, namun sebelumnya sedikit saya jelaskan tentang Codeigniter.

Codeigniter merupakan sebuah framework php yang sangat sederhana, ringan, dan mudah untuk dipelajari, codeigniter sendiri telah mengadopsi pola MVC yaitu Model-View-Controller dimana kita dapat memisahkan logika dan tampilan sebuah website yang ingin dibangun dengan framework berbasis MVC ini.

Namun yang perlu diperhatikan dalam tahap dasar ini sebelum kita memulai seharusnya kita telah mengerti konsep OOP (Object Oriented Programming) agar lebih mudah memahami cara kerja sebuah framework.

Cara Install Codeigniter

Seperti awal pembahasan bahwa codeigniter ini adalah sebuah framework yang sangat sederhana, sehingga cara install codeigniter sendiri tidak terlalu sulit bahkan sangat mudah, dimana kita hanya memerlukan sebuah web server pada komputer kita, berikut ini caranya:

  1. Cara Install Xampp Webserver di Windows
  2. Cara Install Webserver di Ubuntu

Jika ternyata anda sudah memiliki sebuah web server dikomputer anda maka hiraukan link diatas tersebut, mari kita lanjutkan cara install codeigniter di web server kita:

Step 1: Download file Codeigniter

Silahkan klik link https://codeigniter.com/ lalu download framework codeigniter terbaru, saat ini yang terbaru adalah versi 3.1.3, dan akan terus berlanjut ke versi berikutnya.

Step 2: Ekstrak dan Install Codeigniter Framework

Setelah anda download maka anda akan mendapatkan sebuah file bernama CodeIgniter-3.1.3.zip, silahkan ekstrak file tersebut setelah itu akan muncul folder bernama CodeIgniter-3.1.3, silahkan anda rename menjadi codeigniter lalu salin folder tersebut ke folder root anda, yaitu di htdocs, sedangkan linux di folder www/html.

cara install codeigniter

Step 3: Konfigurasi Base URL Codeigniter

Setelah anda selesai melakukan instalasi codeigniter maka selanjutkan melakukan konfigurasi base url yang terdapat di folder application/config/config.php silahkan anda buka dengan teks editor yang anda sukai. Lalu pada bagian kode dibawah ini:

$config['base_url'] = '';Code language: PHP (php)

Ubahlah menjadi dibawah ini:

$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';Code language: PHP (php)

Nilai tersebut harus sesuai dengan alamat/nama folder yang anda tentukan ketika anda menyalin file codeigniter ke dalam folder root web server anda.

Step 4: Selesai

Setelah semua sudah dilakukan sesuai dengan instruksi diatas silahkan buka browser dan ketikan url http://localhost/codeigniter, jika berhasil akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini:

cara install codeigniter

Jika tampilan telah sesuai dengan tampilan diatas maka codeigniter telah berhasil anda install pada komputer lokal, silahkan anda eksplorasi codeigniter tersebut, setelah tutorial cara install codeigniter ini untuk selanjutkan kita akan bahas tutorial codeigniter lebih dalam lagi.

9 Komentar

WONG NDESO

WONG NDESO

saya sudah sampai di situ setelah itu saya bingung mau buat CRUD nya, mohon pencerahanna gan? saya pakai CI v.2 an
Bahasaweb.com

Bahasaweb.com

@WONG NDESO
untuk pembuatan crud silahkan mengarah ke official documentation Codeigniter.
Balas #72
Siti Indah Muyasaroh

Siti Indah Muyasaroh

Terima kasih, sangat bermanfaat
Bahasaweb.com

Bahasaweb.com

@Siti Indah Muyasaroh
Sama-sama.
Balas #73
Siti Al Mutmainah

Siti Al Mutmainah

thanks for your guide,
Bahasaweb.com

Bahasaweb.com

@Siti Al Mutmainah
you're welcome
Balas #92
陳大衛

陳大衛

Permisi kak aris, numpang tanya, apakah kak aris memiliki literatur terkait fungsi php openssl_pkcs7_encrypt dan openssl_pkcs7_sign, seperti yang dipakai http://gem.wal-mart.com:5080, http://as2.amazonsedi.com? Saya ingin memperdalam mempelajari fungsi bawaan bahasa php tersebut. Terima kasih. https://interoperabilitas.blogspot.co.id/2017/11/Menggunakan-Sertifikat-Elektronik-untuk-Tanda-Tangan-Elektronik-di-CodeIgniter-3-1-6.html
mazmur

mazmur

Pantesan saya blm berhasil, ternyata harua ubah base url nya dulu, ehhehehhehe
Balas #1984
Aris Munandar

Aris Munandar

@mazmur
Betul, di codeigniter base_url mesti di set sesuai dengan url yg digunakan.
Balas #1985
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.