Cara Install Codeigniter Di Xampp

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara install codeigniter di xampp atau di komputer lokal yang menjadi tempat pembelajaran kita dalam mengasah logika pemrograman, namun sebelumnya sedikit saya jelaskan tentang Codeigniter.

Codeigniter merupakan sebuah framework php yang sangat sederhana, ringan, dan mudah untuk dipelajari, codeigniter sendiri telah mengadopsi pola MVC yaitu Model-View-Controller dimana kita dapat memisahkan logika dan tampilan sebuah website yang ingin dibangun dengan framework berbasis MVC ini.

Namun yang perlu diperhatikan dalam tahap dasar ini sebelum kita memulai seharusnya kita telah mengerti konsep OOP (Object Oriented Programming) agar lebih mudah memahami cara kerja sebuah framework.

Cara Install Codeigniter

Seperti awal pembahasan bahwa codeigniter ini adalah sebuah framework yang sangat sederhana, sehingga cara install codeigniter sendiri tidak terlalu sulit bahkan sangat mudah, dimana kita hanya memerlukan sebuah web server pada komputer kita, berikut ini caranya:

  1. Cara Install Xampp Webserver di Windows
  2. Cara Install Webserver di Ubuntu

Jika ternyata anda sudah memiliki sebuah web server dikomputer anda maka hiraukan link diatas tersebut, mari kita lanjutkan cara install codeigniter di web server kita:

Step 1: Download file Codeigniter

Silahkan klik link https://codeigniter.com/ lalu download framework codeigniter terbaru, saat ini yang terbaru adalah versi 3.1.3, dan akan terus berlanjut ke versi berikutnya.

Step 2: Ekstrak dan Install Codeigniter Framework

Setelah anda download maka anda akan mendapatkan sebuah file bernama CodeIgniter-3.1.3.zip, silahkan ekstrak file tersebut setelah itu akan muncul folder bernama CodeIgniter-3.1.3, silahkan anda rename menjadi codeigniter lalu salin folder tersebut ke folder root anda, yaitu di htdocs, sedangkan linux di folder www/html.

cara install codeigniter

Step 3: Konfigurasi Base URL Codeigniter

Setelah anda selesai melakukan instalasi codeigniter maka selanjutkan melakukan konfigurasi base url yang terdapat di folder application/config/config.php silahkan anda buka dengan teks editor yang anda sukai. Lalu pada bagian kode dibawah ini:

$config['base_url'] = '';

Ubahlah menjadi dibawah ini:

$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';

Nilai tersebut harus sesuai dengan alamat/nama folder yang anda tentukan ketika anda menyalin file codeigniter ke dalam folder root web server anda.

Step 4: Selesai

Setelah semua sudah dilakukan sesuai dengan instruksi diatas silahkan buka browser dan ketikan url http://localhost/codeigniter, jika berhasil akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini:

cara install codeigniter

Jika tampilan telah sesuai dengan tampilan diatas maka codeigniter telah berhasil anda install pada komputer lokal, silahkan anda eksplorasi codeigniter tersebut, setelah tutorial cara install codeigniter ini untuk selanjutkan kita akan bahas tutorial codeigniter lebih dalam lagi.

Aris Munandar

Penulis adalah lulusan FST Universitas Buddhidharma dan saat ini sudah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kuala Lumpur, Malaysia sebagai Web Engineer. Selain hobinya senang "ngeblog" penulis juga suka dengan dikegiatan Outdoor dan Riding.

  • WONG NDESO

    saya sudah sampai di situ setelah itu saya bingung mau buat CRUD nya, mohon pencerahanna gan? saya pakai CI v.2 an