Setelah semua selesai dibuat maka selanjutnya kita akan membuat fungsi hapus pengguna codeigniter, pada fungsi hapus ini adalah bagian yang paling singkat karena tidak begitu banyak kode yang akan kita buat.

Fungsi hapus pengguna codeigniter yang akan kita buat ini sangatlah sederhana, pembaca dapat mengembangkannya sendiri dengan menambahkan popup atau alert konfirmasi, penulis sengaja tidak membuatkannya karena bertujuan agar pembaca dapat mengasah kemampuan pengembangan.

Pertama bukalah file Pengguna_model.php yang berada di folder /application/models lalu tambahkan kode dibawah ini:

public function hapus($id)
{
     $this->db->delete('pengguna', array('id' => $id));
     return ($this->db->affected_rows() > 0) ? TRUE : FALSE;
}

Pada method diatas berfungsi untuk menghapus data pengguna dari database melalui library yang telah di siapkan oleh codeigniter yaitu $this->db->delete() sehingga kita tidak perlu mengetik query hapus secara manual.

Selanjutnya buka file Pengguna_controller.php didalam folder /application/controllers lalu tambahkan kode dibawah ini:

public function hapus($id)
{
     if($this->pengguna_model->hapus($id) == TRUE) {
          $this->session->set_flashdata('hapus', true);
     }
     else {
          $this->session->set_flashdata('hapus', false);
     }

     redirect(base_url());
}

Kode diatas bertujuan untuk memanggil fungsi hapus yang telah kita buat di Pengguna_model.php dimana apabila terjadi proses hapus maka akan refresh ke halaman utama.

Selanjutnya kita akan mengaktifkan router hapus, buka file routes.php yang berada di folder /application/config/routes.php lalu tambahkan kode dibawahi ini tepat dibawah bagian pengguna/edit/simpan/(:num).

$route['pengguna/hapus/(:num)'] = 'pengguna_controller/hapus/$1';

Apabila sudah selesai silakan anda coba menghapus data pengguna, jika berhasil maka data tersebut akan hilang dari browser dan silakan cek di database anda.

Sekali lagi untuk membuat hapus ini lebih interaktif maka kita perlu menambahkan fungsi pemberitahuan dimana apabila telah selesai hapus maka akan muncul pemberitahuan dibagian atas daftar pengguna.

Baca juga:  Menyiapkan Konfigurasi Codeigniter

Buka kembali file daftar_pengguna.php yang berada di folder /application/views lalu tambahkan kode dibawah ini tepat di atas kode <div class="header">

<?php if($this->session->flashdata('hapus')): ?>
     <?php if($this->session->flashdata('hapus') == TRUE): ?>
          <div class="alert alert-success">Berhasil menghapus data pengguna</div>
     <?php elseif($this->session->flashdata('hapus') == FALSE): ?>
          <div class="alert alert-danger">Gagal menghapus data pengguna</div>
     <?php endif; ?>
<?php endif; ?>

Setelah itu silakan buat pengguna baru lalu hapus kembali, maka seharusnya akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini:

fungsi hapus pengguna codeigniter

Sampai disini fungsi hapus telah selesai, begitu juga dengan tutorial CRUD Codeigniter ini. Semoga pembaca dapat dengan mudah memahami dan sangat saya sarankan untuk tidak melakukan copy/paste karena lebih baik mengetik sendiri.