Cara Install Lamp Web Server Ubuntu

Setelah instalasi web server di windows kali ini tutorial tentang cara install lamp web server ubuntu linux, untuk pengguna ubuntu linux sedikit berbeda, tutorial cara install lamp yang di bahas di sini lebih banyak bermain di terminal linux. Sebenarnya ada xampp untuk linux dengan proses instalasi yang tidak jauh berbeda dengan windows yaitu dengan menggunakan GUI, tetapi saya menganggap bahwa pengguna pasti ingin lebih dari sekedar GUI. Tetapi jika memang anda pengguna windows silahkan lihat panduan cara install xampp di windows.

Pengertian Lamp Server Linux Ubuntu

LAMP singkatan dari Linux, Apache, Mysql, PHP adalah satu paket komponen web server yang dapat berjalan pada sistem operasi Linux, bedanya dengan xampp adalah cara instalasinya dengan satu persatu melalui terminal sehingga lebih jelas apa saja yang dibutuhkan.

Cara Install Lamp Di Ubuntu

Sebelum memulai cara install lamp web server pada ubuntu sangat di sarankan dengan menggunakan internet yang stabil sehingga proses instalasi lebih cepat.

Langkah pertama adalah dengan membuka terminal pada ubuntu desktop anda lalu ketikan perintah di bawah ini.

sudo apt-get install apache2

Maka selanjutnya akan muncul detail apa saja yang di butuhkan apache2 untuk dapat di instal di komputer ubuntu anda, jika sudah sesuai silahkan ketik Y dan Enter, setelah itu tunggulah sampai proses download selesai.

Cara Install Lamp

Sebenarnya sampai di proses ini apache telah terinstall di ubuntu, tetapi untuk lebih memastikannya agar tidak terjadi hal-hal diluar dugaan maka kita harus atur ServerName agar di arahkan localhost.

Buka file konfigurasi apache, sebagai contoh saya menggunakan nano sebagai teks editor nya, silahkan di sesuaikan dengan teks editor apa saja sesuka hati.

sudo nano /etc/apache2/apache2.conf

Lalu masukan perintah ini pada baris terakhir.

ServerName localhost

Setelah itu restart apache.

sudo /etc/init.d/apache2 restart

Pada tahap ini sebenarnya apache sudah dapat berjalan, untuk lebih meyakinkan silahkan buka browser anda lalu ketik alamat http://localhost/ dan tekan enter maka akan muncul apache2 ubuntu default page. Berbeda dengan xampp penempatan file dokumen pada web server lamp linux ini berlokasi di /var/www/html, untuk itu apabila ingin membangun web di sistem operasi ubuntu linux silahkan menaruhnya di folder tersebut.

Baca juga:  Cara Install Xampp Di Windows Dengan Mudah

Cara Install Lamp

Jika apache sudah berjalan dengan baik selanjutnya menginstal mysql sebagai database server, silahkan ketik perintah dibawah ini pada terminal lalu tekan enter.

sudo apt-get install mysql-server

Setelah itu akan muncul informasi detail apa saja yang di butuhkan mysql untuk dapat terpasang di dalam sistem operasi ubuntu anda, lalu ketik Y dan tekan enter. tunggu sampai proses download dan instalasi selesai.

Cara Install Lamp

Lalu akan di minta memasukan password untuk informasi login mysql database, jika untuk latihan silahkan masukan password yang mudah di ingat.

Cara Install Lamp

Setelah itu konfirmasi password, tujuannya adalah apakah password sudah sesuai atau sama.

Cara Install Lamp

Jika semua sudah selesai dan mysql sudah terinstal di ubuntu silahkan ketikan perintah di bawah ini untuk melihat informasi detail versi dan lain-lain.

sudo /etc/init.d/mysql status

Cara Install Lamp

Sampai di sini mysql telah terpasang pada sistem operasi ubuntu, setelah itu anda dapat login ke mysql untuk memastikan kesuaian informasi login, ketikan perintah di bawah ini lalu masukan password mysql dan tekan enter.

mysql -u root -p

Cara Install Lamp

Sekarang mysql sudah terpasang pada ubuntu anda, anda dapat melakukan manupulasi database langsung melalui terminal.

Setelah apache dan mysql langkah berikutnya adalah instalasi php, dalam tutorial ini masih menggunakan php5 untuk kedepannya saya akan coba menulis cara upgrade php5 ke php7 pada sitem operasi ubuntu.

Untuk menginstall php silahkan ketikan perintah di bawah ini.

sudo apt-get install php5 php5-mysql

Seperti biasa, akan muncul informasi kebutuhan php seperti ukuran file dan aplikasi pendukung, ketik Y dan tekan Enter, tunggu sampai proses download dan instalasi selesai.

Cara Install Lamp

Untuk melihat detail PHP yang telah terpasang di ubuntu anda silahkan ketikan kode dibawah ini dan tempatkan pada direktori bawaan tempat penyimpanan file dokumen web apache /var/www/html/, beri nama phpinfo.php lalu simpan.

<?php phpinfo(); ?>

Cara Install Lamp

Untuk memastikan apakah PHP dan Mysql sudah berjalan baik di sistem operasi ubuntu buatlah sebuah file php koneksi ke mysql beri nama koneksi.php lalu taruh di /var/www/html, untuk lebih jelasnya silahkan ketik kode dibawah ini.

<?php

$host     = "localhost";
$username = "root";
$password = "masukan password mysql";

$koneksi = mysql_connect($host, $username, $password);

if(!$koneksi)
{
 die('Tidak terkoneksi: '. mysql_error());
}
else
{
 echo 'Database terkoneksi';
}

mysql_close($koneksi);
?>

Lalu buka browser dan arahkan ke file koneksi.php, http://localhost/koneksi.php setelah itu coba lihat informasi apa yang muncul di browser, seharusnya semua langkah-langkah jika memang sesuai maka tidak ada masalah.

Baca juga:  Cara Install Xampp Di Windows Dengan Mudah

Sampai disini sebenarnya proses instalasi web server pada sistem operasi ubuntu linux telah selesai dan bisa di gunakan, untuk penggunaan lebih lanjut seperti fitur-fitur pendukung lainnya anda dapat mencari referensi di google, karena ubuntu adalah sistem operasi bebas terbuka sehingga banyak sekali komunitas pengguna linux, dari sana biasanya ada banyak tutorial mengenai web server dan cara penggunaan hingga optimalisasi kinerja web server.