Berikut ini penulis rangkum beberapa tutorial CRUD Codeigniter sederhana yang mudah untuk dipelajari, dalam membuat aplikasi berbasis web tentu saja hal yang paling mendasar adalah proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) dan selebihnya tinggal bagaimana mengembangkan kemampuan logika dan alur program yang ingin di buat.

Step Tutorial CRUD Codeigniter

Tutorial CRUD Codeigniter bahasa ini bertujuan demikian, yaitu agar mempermudah proses belajar framework php Codeigniter sehingga untuk mengenal framework php yang lain tidak akan kesulitan lagi.

Berikut ini daftar tutorial CRUD Codeigniter.

Step 1: Cara Install Codeigniter

Pada step ini penulis menjelaskan bagaimana cara instalasi codeigniter di xamp, cara ini sama saja jika anda menggunakan web server lain.

Step 2: Menyiapkan Konfigurasi Codeigniter

Codeigniter membutuhkan beberapa konfigurasi yang perlu disesuaikan dengan web server dan kebutuhan kita selama masa pengembangan, sehingga pada bagian ini akan dijelaskan sedikit konfigurasi yang umum digunakan.

Step 3: Membuat Layout Codeigniter

Yang dimaksudnya layout disini adalah untuk mempermudah penulisan kode html yang akan digunakan diberbagai halaman project kita untuk menghindari penulisan ulang yang akan memakan banyak waktu.

Step 4: Membuat Halaman Daftar Pengguna

Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara menampilkan seluruh data yang ada didalam database yang telah disiapkan didalam tutorial.

Step 5: Membuat Halaman Tambah Pengguna

Pada fitur tambah ini berfungsi untuk melakukan penambahan data ke database.

Step 6: Membuat Halaman Edit Pengguna

Selain fitur tambah didalam tutorial CRUD dengan codeigniter ini juga menyediakan fitur edit, dengan tujuan untuk menghindari kesalahan penulisan yang masuk ke database.

Step 7: Membuat Fungsi Hapus Pengguna

Fungsi hapus tentu saja umum disediakan pada sistem untuk menghapus data yang tidak perlu.

Baca juga:  Cara Install Codeigniter Di Xampp

Semoga dari tutorial diatas dapat dengen mudah dimengerti, dan saran dari penulis adlaah tidak melakukan copy/paste karena akan berakibat tidak memahami setiap baris kode yang gunakan.

Dalam proses belajar bahasa pemgoraman sangat disarakan mengetik kode, karna didalam tutorial CRUD Codeigniter sederhana ini jumlah baris kode yang ditulis tidak terlalu banyak sehingga sangat mudah karena apabila sudah terjun didunia kerja tentu dalam pembuatan aplikasi / program web pasti akan sangat membutuhkan baris kode yang sangat banyak bahkan sampai ribuan baris kode maka budayakanlah mengetik sendiri.

Semoga tutorial ini dapat membantu bagi pemula yang ingin mengenal framwork php codeigniter melalui tutorial CRUD Codeigniter sederhana ini, terima kasih.