Tutorial Cara Kirim Email Dengan Codeigniter

Berikut ini adalah cara kirim email dengan codeigniter, dalam beberapa kasus didalam pembuatan sistem tentunya fungsi email sangat penting sebagai fitur untuk menangani notifikasi ke user yang ada didalam sistem yang kita buat.

Fitur email ini tentunya sangat berguna apalagi jika sistem yang kita buat menggunakan akses publik, misalnya seperti toko online yang memanfaatkan fitur broadcast email sebagai bentuk promosi atau notifikasi jika ada event atau diskon yang sedang berlangsung, tentunya fitur email ini sangat efisien.

Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bahwa sebenarnya php sendiri menyediakn fungsi mail() akan tetapi biasanya didalam hosting fitur mail() ini telah di disable sehingga kita perlu menggunakan pihak ketiga untuk dapat mengirim email menggunakan php dengan melalui smtp.

Didalam tutorial ini penulis menggunakan mailtrap.io dimana fungsi mailtrap.io ini akan menampung email yang dikirim melalui smtp mailtrap.io meskipun kita memiliki tujuan akan tetapi masuk ke mailtrap inbox. Dalam proses pengembangan tentu saja layanan mailtrap.io ini sangat penting sehingga kita tidak perlu menggunakan smtp real dan memenuhi inbox email publik kita.

Cara Menggunakan SMTP Mailtrap.io

Pertama-tama silakan anda mendaftar di url mailtrap.io untuk membuat akun dimana layanan ini gratis dan tentunya sangat membantu dalam proses pengembangan. Jika sudah mendaftar silakan login lalu klik Demo Inbox setelah itu akan ada muncul detail akses SMTP seperti gambar dibawah ini.

Akses SMTP diatas bisa kita gunakan hanya dalam tahap pengembangan, jadi jika sudah masuk ke tahap production maka kita harus menggantinya dengan SMTP public agar dapat mengirim email kemanapun.

Tutorial Kirim Email Dengan Codeigniter

Berikut ini adalah cara kirim email dengan menggunakan codeigniter, didalam tutorial ini kita akan kupas fitur-fitur yang telah disediakan oleh library email di codeigniter termasuk cara kirim file atau attachment email dengan codeigniter.

Namun sebelum memulai penulis anggap anda sudah meng-install codeigniter di web server lokal sehingga tanpa perlu panjang lebar lagi mengjelaskan cara install. Namun apabila belum maka silakan lihat tutorial berikut ini: https://bahasaweb.com/cara-install-codeigniter-di-xampp/

Tutorial ini berdasarkan dokumentasi yang ada di situs dokumentasi resmi codeigniter: https://www.codeigniter.com/user_guide/libraries/email.html

Step 1: Membuat controller email

Buatlah sebuah file dengan nama Email.php lalu simpan didalam folder /application/controllers dan masukan kode dibawah ini.

<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Email extends CI_Controller {

     public function send()
     {
          $config['mailtype'] = 'text';
          $config['protocol'] = 'smtp';
          $config['smtp_host'] = 'url_smtp';
          $config['smtp_user'] = 'akun_smtp';
          $config['smtp_pass'] = 'password_smtp';
          $config['smtp_port'] = port_smtp;
          $config['newline'] = "\r\n";

          $this->load->library('email', $config);

          $this->email->from('no-reply@bahasaweb.com', 'Sistem Bahasaweb.com');
          $this->email->to('admin@bahasaweb.com');
          $this->email->subject('Contoh Kirim Email Dengan Codeigniter');
          $this->email->message('Contoh pesan yang dikirim dengan codeigniter');

          if($this->email->send()) {
               echo 'Email berhasil dikirim';
          }
          else {
               echo 'Email tidak berhasil dikirim';
               echo '<br />';
               echo $this->email->print_debugger();
          }

     }

}Code language: HTML, XML (xml)

Sedikit penjelasan mengenai kode konfigurasi dan method diatas…

mailtype fungsi mailtype ini berguna untuk menentukan tipe pesan yang akan kita kirim, didalam mailtype ini hanya ada 2 tipe yaitu text dan html.

protocol digunakan untuk menentukan jalur akses kirim email, selain menggunakan smtp anda juga dapat menggunakan fitur kirim email yang ada di web server seperti sendmail dan mail dengan php.

smtp_host, smtp_user, smtp_pass dan smtp_port digunakan untuk authentication akses melalui layanan smtp yang anda gunakan, disesuaikan dengan layanan tersebut.

newline untuk mengatur baris baru didalam pesan yang akan dikirim.

Step 2: Mengatur konfigurasi route

Selanjutnya adalah bagian route, dimana kita perlu menentukan pada url mana email tersebut dikirim sehingga kita perlu mengubahnya dibagian route.

Buka file routes.php yang ada didalam folder /application/config lalu ubah lah bagian default_controller menjadi seperti dibawah ini.

$route['default_controller'] = 'email/send';Code language: PHP (php)

Pada bagian route ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kirim email yang ingin anda gunakan.

Step 3: Testing

Pada bagian akhir ini kita akan melakukan testing, karna di konfigurasi route kita gunakan default_controller maka fungsi kirim email akan mengarah pada index latihan kita. Sialakan buka url codeigniter anda, lalu pada saat itu proses pengiriman akan berjalan beberapa detik. Kalau berhasil maka akan mucul pesan Email berhasil dikirim dan di inbox ada pesan baru dengan tampilan seperti gambar dibawah ini.

kirim email dengan codeigniter

Kalau semua sudah berjalan dengan baik maka seharusnya akan tampil seperti gambar diatas, gambar diatas adalah contoh inbox menggunakan mailtrap.io.

Kirim Email Attachment Atau Lampiran

Selanjutnya kita akan mencoba mengirim lampiran atau attachment file dengan menggunakan fitur attah() yang telah disediakan di codeigniter.

Step 1: Buat file contoh lampiran

Pertama buatlah sebuah folder di dalam root folder codeigniter anda lalu beri nama folder tersebut dengan nama asset, setelah buat file document ms word misalnya, lalu beri nama ContohAttachment, isi apa saja didalam file tersebut, format dapat berupa docx, atau doc tergantung versi ms word anda.

Step 2: Menambahkan method attach

Selanjutnya pada bagian kode $this->email->message() dibagian bawahnya ditambahkan kode dibawah ini.

$this->email->attach('./asset/ContohAttachment.docx');Code language: PHP (php)

Sesuaikan dengan format ms word anda, setelah itu silakan testing kembali.

kirim email dengan codeigniter

Dari contoh gambar diatas terlihat file lampiran ContohAttachment.docx telah masuk ke email di mailtrap.io.

6 Komentar

Email Domain Sendiri GMAIL

Email Domain Sendiri GMAIL

cara ini bisa dipake untuk kirim email ke banyak alamat email gak? please info.
Balas #1885
Aris Munandar

Aris Munandar

@Email Domain Sendiri GMAIL
bisa saja, di bagian $this->email->to() bisa dipisahkan dengan koma, sehingga bisa di simpan ke array lalu gunakan implode.
Balas #2109
finix

finix

bisa di jelasin gak ap maksud buka url codeigniter maksudnya gmna?
Balas #2107
Aris Munandar

Aris Munandar

@finix
URL codeigniter di browser, alamat yang sewaktu instalasi di web server.
Balas #2108
khairul walid

khairul walid

kalau controller ini kita tambahkan pada halaman yg sudah ada form nya, bisa apa nggak? misal saya sdh punya form, ketika klik submit otomatis dpt notifikasi ke alamat email yg di masukkan ke form terimakasih
Balas #2455
Aris Munandar

Aris Munandar

@khairul walid
Sangat bisa
Balas #2457
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.