SEO WordPress: Teknik Dasar Yang Harus Kamu Miliki

SEO (Search Engine Optimization) bukanlah sesuatu yang baru di dunia maya, jika kamu memiliki website dengan platform WordPress, hal yang sangat penting yang harus dilakukan setelah membuat website adalah memahami dasar SEO WordPress, minimal hal ini dapat membuat eksistensi website kamu diketahui banyak orang, dan betapa penting tulisan yang kamu miliki sehingga mereka semua (sesuai target kamu) harus membacanya!

Tulisan ini bukan ditargetkan bagi mereka yang sudah expert atau ahli dalam bidang SEO, jadi mohon dimaklumi apabila artikel belajar SEO WordPress ini mengandung materi dasar, namun tulisan ini mengungkap bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk memiliki pengatahuan dasar SEO WordPress.

Namun sebelumnya mari kita kupas pengertian SEO pada bagian kulit luarnya saja.

Apa itu SEO?

Apa itu SEO

Jika kamu cari di Internet tentang pengertian SEO atau Apa itu SEO, tentunya ada ratusan bahkan ribuan website baik itu organisasi dalam bentuk perusahaan atau individu yang memang pakar dibidang SEO, apa yang kamu baca dari tulisan mereka semua ada BENAR adanya. Kamu bisa baca lengkapnya di Wikipedia, sederhananya SEO adalah teknik untuk menaikan peringkat website di mesin pencari dengan cara mengoptimasi semaksimal mungkin sumberdaya yang dimiliki, yang terpenting adalah kualitas dan kuantitas konten, dan kecepatan website.

Ada istilah dalam dunia SEO yang harus diketahui untuk optimasi cara SEO sebuah website pada umumnya, yaitu istilah Niche, On-Page SEO dan Off-Page SEO. Berikut ini sekilas pengertian keduanya.

Niche

Pengertian Niche dalam istilah blogger adalah tema atau topik pembahasan yang ada pada suatu website, sehingga konten yang tersedia di blog tersebut biasanya membahas seputar hal-hal tertentu saja sesuai tema/topiknya.

On-Page SEO

Isitilah ini mengacu pada optimasi internal, maksudnya optimasi yang meliputi sumber daya website yang kamu miliki seperti yang penulis katakan sebelumnya, yaitu kualitas dan kuantitas konten serta kecepatan website. Bagian ini yang akan kita ulas.

Off-Page SEO

Off-Page SEO adalah kebalikan dari On-Page SEO, optimasi diluar website atau blog wordpress kamu, seperti membangun backlink. Kita tidak bahas ini, karna ini lebih melelahkan ketimbang membuat konten web atau blog itu sendiri.

Perumpamaan yang tepat menurut penulis dalam dunia SEO adalah seperti kamu berjualan baju dipasar baju dengan puluhan bahkan ratusan toko menjual produk yang sejenis, dan Google adalah calo xD, begitu banyak penjual baju dipasar tapi pada akhirnya apabila kualitas yang toko kamu miliki diatas rata-rata penjual, tentu google akan memilihnya dan menyajikannya kembali ke orang yang ingin membeli produk yang kamu jual.

Penulis bukanlah seorang pakar SEO, cuma programmer yang berusaha menulis dengan tujuan pembelajaran, namun BETE banget kalau tulisan yang kita buat nggak ada yang baca samsek! Maka dari itu kuy belajar SEO WordPress bareng-bareng.

Kenapa harus WordPress?

Belajar SEO WordPress

Ada beberapa poin yang ingin penulis garis bawahi terkait kenapaaaaaa harus WordPress, dan ini cuma OPINI, ingat ya cuma opini penulis aja, selebihnya kembali ke pengetahuan masing-masing aja ya.

Poin pertama, ini cuma karna pengalaman penulis selama belajar SEO WordPress aja sih, dan beberapa blog atau website yang penulis maintenance kebanyakan ber-platform WordPress. Jadi ya udah itu aja hehehe

Point kedua, platform ini tidak diragukan lagi pengembangannya, dengan dukungan dari berbagai programmer dan komunitasnya yang sangat besar tentu akan mudah bagi kita kalau ada masalah suatu waktu dibagian teknis, jadi “sedikit terbantu” aja kalau ada masalah teknis.

Poin ketiga, nah ini yang bikin nyaman, banyaaaak banget plugin yang bisa kita pakai, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, pokoknya orang non-teknis juga bisa bikin blog atau website pakai WordPress asal tahu dasar-dasarnya aja.

Udah sih tiga poin itu aja menurut opini penulis, kenapa merekomendasikan WordPress.

Apakah SEO WordPress itu mudah?

Jawabannya, YAA!! Optimasi website atau blog menggunakan WordPress sangat mudah, seperti yang penulis katakan sebelumnya bahwa banyak sekali plugin yang bisa digunakan, tapi yang mudah itu cuma optimasi aja ya, kalau urusan naik rank di mesin pencari itu masalah waktu dan kesabaran aja, yang penting selalu berusaha dan berdoa, karena tidak bisa dipungkiri juga, masalah spiritual termasuk usaha non-teknis yang harus kita jalani dalam berbagai hal.

Ada beberapa cara SEO website yang bisa diterapkan untuk melakukan optimasi On-Page, pada dasarnya berkaitan dengan elemen HTML, dan tentunya konten itu sendiri. Berikut ini adalah optimasi dasar yang perlu dan harus diperhatikan jika kamu baru membuat website.

Niche

Niche adalah tema atau topik yang dibahas di website atau blog kamu, semakin fokus niche yang kamu gunakan sebaik baik, karna targetnya tentu tidak terlalu lebar. Misalnya seperti:

Title

Title ini ada dua bagian yang harus dan wajib ada yaitu tag <title></title> dan tentunya title (judul) pada konten, jangankan mesin pencari, manusia aja bingung cari sesuatu kalo ga tau judulnya ehehe

Meta Description

Semua yang berhubungan dengan meta tidak akan tampil di browser, termasuk meta description, kalau kamu ingin melihatnya bisa klik kanan lalu view source dari cari kode dibawah ini.

<meta name="description" content="Deskripsi konten anda...">Code language: HTML, XML (xml)

Sekitar tahun 2010 google menggunakan meta keyword, namun sekarang tidak lagi, meta description akan tampil pada hasil pencarian, ini seperti excerpt pada WordPress, dan usahakan masukkan kata kunci anda disitu.

Tampilan

Ini termasuk yang sangat-sangat penting, tampilan mobile-friendly!! yup template atau theme yang kamu gunakan harus mendukung berbagai ukuran device dan kecepatan loading website yang perlu diperhatikan juga. Salah satu masalah yang terjadi pada saat tampilan web kamu tidak fleksibel dan berat saat diakses akan meningkatkan Bounce Rate.

Konten

Ini dia aktor utamanya, apapun tekniknya tujuannya adalah Konten, konten kamu harus berkualitas, berkualitas disini artinya original, kalau copy-paste jangan mimpi deh ada di halaman 1.

Gambar

Upayakan ada visualisasi untuk konten yang anda tulis, entah itu untuk menunjukan bagian topik yang sedang dibahas atau gambar foto terkait judul konten, dan penting meletakan ALT (Alternative) dan Title (Judul) pada gambar. Hal ini termasuk direkomendasikan para pakar SEO (entah siapa pakarnya) hehe

Oke itulah aspek-aspek yang harus dipenuhi untuk melakukan optimasi seo wordpress sekaligus untuk materi belajar seo wordpress, lalu sekarang kita bahas alat-alat tempur yang bisa kita gunakan untuk optimasi seo.

Eitss penulis jelasin dikit deh tentang Off-page SEO.. dibawah ini ya.

Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang mengarah dari website lain ke website yang kita miliki, backlink ini menjadi sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap peringkat website. Backlink dalam jumlah banyak belum tentu dapat meningkatkan peringkat sebuah domain kalau backlink tersebut bersumber dari website spam, dan website2 yang memiliki reputasi yang kurang baik, jadi intinya semakin banyak backlink berkualitas semakin mudah kamu mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Poin-poin diatas adalah teknik dasar seo yang harus kamu miliki baik itu SEO website tanpa WordPress atau WordPress SEO yang kamu terapkan pada dasarnya sama saja. Karna analogi pengertian SEO itu sendiri adalah bagaimana caranya agar kamu memasarkan produk baju di toko baju dan supaya toko kamu bisa ramai gimana tuh? bisa kamu bayangkan dan pikirkan dari poin-poin diatas, begitu juga di website.

Dan parameter terakhir adalah..

Umur domain

Whoaah gimana bisa kamu terkenal padahal kamu baru saja memulai? kecuali kamu anak seorang artis, atau orang-orang yang memiliki privileges, dan itupun masih belum tentu bisa membuat kamu lebih baik dari yang memberikan kamu privileges kalau kamu tidak serius!

Yup umur domain adalah tentang kesabaran, seperti yang penulis katakan sebelumnya, kesabaran menjadi salah satu faktor dan semua usaha yang telah kamu jalani. Namun tidak ada yang tau pasti harus berapa lama umur domain bisa dikatakan “kuat”, umumnya diatas 6 bulan (hasil dari katanya katanya) hehe.

Gimana domain yang punya privileges? ya gampang, misal perusahaan seperti detik[dot]com membuat divisi baru atau apps baru, tinggal dibuatkan artikel atau beritanya aja, di buatkan backlink dan lain sebagainya.. Terkenal deh dengan cepat hehehe

Tools atau Plugin SEO WordPress

Dari sekian banyak CMS “mungkin” WordPress yang paling banyak digunakan, entah itu dari segi kemudahan, banyaknya dukungan, banyak theme, dan satu lagi yang paling penting variasi plugin yang ada di pustaka WordPress sangat banyak, jadi bagi kamu yang bukan seorang pakar SEO atau pemrogram, WordPress adalah salah satu tools yang sangat bisa kamu manfaatkan.

Tidak terkecuali dengan Plugin SEO, WordPress SEO adalah hal yang mutlak yang harus kamu lakukan kalau kamu ingin website kamu di baca/dilihat/dikunjungi banyak orang diseluruh dunia. Nah maka dari itu berikut ini adalah tools atau plugin SEO WordPress yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas website kamu di mesin pencari.

1. Yoast SEO

Yoast SEO
Yoast SEO

Yoast sangat terkenal di kalangan blogger WordPress maupun internet marketer, karena sangat mudah digunakan dan dapat membantu anda untuk mengoptimalkan berbagai aspek web WordPress anda.

Yoast dapat mengukur tingkat kekuatan sebuah konten apakah sudah cukup “SEO” atau belum, dengan indikator seperti lampu jalan raya hehe, tentu hal ini sangat mudah bagi kita yang ingin mengukur seberapa kuat atau lemah atau mungkin berlebihan kata kunci yang kita gunakan pada sebiji konten yang sedang kita tulis.

2. All in One SEO Pack

All in One SEO
All in One SEO

Entah sudah berapa lama penulis tidak menggunakan plugin AIO (All in One) SEO ini, sebelum mengenal Yoast atau mungkin sebelum Yoast ada, penulis menggunakan plugin ini. Plugin AIO ini bisa dibilang plugin WordPress SEO terbaik. Salah satu plugin “tua” juga di direktori WordPress karena dikembangkan pada 2007 hingga sekarang.

Dan tentunya selama itu AIO berkembang ada banyak perubahan yang terjadi, sayangnya penulis sudah tidak menggunakan plugin ini. Tapi kamu bisa coba ya.

3. Rank Math SEO

Rank Math SEO
Rank Math SEO

Rank Math mungkin adalah plugin WordPress SEO yang paling muda di antara kedua plugin yang sudah disebutkan diatas. Semakin lama plugin Rank Math sudah banyak menarik minat para internet marketer, pakar SEO dan penulis-penulis biasa yang belajar memaksimalkan kualitas dan optimasi SEO di blog WordPress nya, terlihat dari jumlah penggunaan sudah mencapai 1 juta lebih.

Demikianlah alat-alat tempur yang bisa kamu gunakan di WordPress kamu..

Jangan terpaku dengan urutan plugin diatas, bukan berarti yang nomor 2 lebih baik dari nomor 1, atau nomor 3 lebih baik dari nomor 2. SEO tidak seperti itu.

Apapun pluginnya kalau kamu tidak mengoptimasinya dengan benar, kualitas kontennya rendah, copy-paste dan yang jelek-jelek lainnya, jangan mimpi punya peringkat bagus di mesin pencari.

Lho kok ga dijelaskan cara pakai/optimasi plugin SEO diatas? wuah bisa panjang artikel ini kalau satu saja plugin diatas di jelaskan, di lain artikel Insha Allah akan penulis jelaskan meskipun tidak secara detail.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.