Mengembalikan Widget WordPress Versi Lama

WordPress versi 5.8 adalah langkah awal WordPress mengubah besar-besaran bagian inti CMS (Content Management System) termasuk widget wordpress, di tutorial ini kita akan membahas cara mengembalikan widget WordPress versi lama atau widget wordpress versi sebelumnya (classic)widget.

WordPress mengenalkan editor terbaru yaitu Gutenberg yang ternyata juga mengubah total tampilan classic widget, pro dan kontra pasti terjadi, maka disini penulis berada di sisi yang kontra, yaitu mendukung tampilan widget wordpress versi lama.

Meskipun berubahan itu telah terjadi dan yang seharusnya kita belajar juga terhadap perubahan tersebut, mungkin kita tidak terbiasa menggunakan widget baru tersebut, lambat laun semua akan berubah dan kita yang harus beradaptasi, namun karna mungkin kebutuhan mendesak so kita gunakan widget wordpress versi sebelumnya.

Mengapa mengembalikan widget lama di WordPress?

Alih-alih kita beradaptasi dengan versi baru tersebut, ternyata sebagian orang lebih memilih untuk tetap menggunakan versi lama, meskipun editor widget block editor memiliki fitur yang sama dengan tampilan lama namun block editor memberikan kontrol penuh terhadap tampilan widget.

Jika anda telah lama menggunakan WordPress mungkin anda lebih nyaman menggunakan tampilan widget versi sebelumnya, atau widget classic. Sedikit sulit beradaptasi atau membutuhkan waktu untuk belajar, namun dalam suatu keadaan anda menginginkan perubahan segera di website wordpress anda, maka mengubah ke tampilan widget wordpress versi lama adalah solusinya.

Di tutorial ini akan ada 2 metode cara merubah atau mengembalikan tampilan widget wordpress versi lama, yaitu dengan kode dan juga dengan plugin.

Metode 1: Mengembalikan widget dengan kode

Cara ini terbilang agak sedikit membutuhkan upaya teknis, namun ini adalah cara yang paling aman dan tanpa tambahan apapun di CMS anda. Namun bagi kalian yang awam terhadap pemrograman tentu akan sedikit kesulitan, penulis menyarankan untuk melewatkan metode 1 ini.

Caranya adalah dengan menambahkan sedikit kode ke dalam file functions.php di theme anda, pergi ke Appearance -> Theme File Editor lalu pilih Theme Functions (functions.php) dan masukkan kode dibawah ini.

function tampilan_classic_widget() {
    remove_theme_support( 'widgets-block-editor' );
}
add_action( 'after_setup_theme', 'tampilan_classic_widget' );Code language: JavaScript (javascript)

Fungsi diatas adalah menonaktifkan widget block editor yang saat ini menjadi tampilan antar muka baru untuk widget wordpress. Jika sudah anda tempelkan kode diatas di file functions.php, maka selanjutnya klik tombol Update File, lalu silahkan cek widget anda akan berubah ke versi lama.

Metode 2: Mengembalikan widget dengan plugin

Plugin adalah penolong bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan teknis pemrograman, dengan menggunakan plugin anda tidak harus berusah payah mengubah apapun secara teknis di website wordpress anda termasuk megembalikan tampilan widget wordpress versi lama (classic widget).

Silahkan ke menu Plugins lalu klik Add New dan cari plugin Classic Widgets seperti pada gambar dibawah ini.

Cari classic widget wordress versi lama

Setelah itu jika sudah ketemu seperti gambar diatas, maka klik tombol Install Now, tunggu sampai proses instalasi selesai, jika sudah selesai maka klik tombol Active seperti gambar dibawah ini.

Aktifkan classic widget wordpress versi sebelumnya

Jika sudah maka silahkan anda menuju ke halaman widget wordpress anda, maka tampilan widget wordpress anda akan kembali ke tampilan ternyaman anda atau versi lama (classic widget) seperti gambar dibawah ini.

Tampilan widget versi lama

Jika dengan tampilan widget lama seperti diatas membuat anda lebih produktif maka anda dapat menggunakannya kapan saja dengan 2 metode diatas, namun kita juga perlu beradaptasi dengan versi yang terbaru, pelajari perlahan agar kita tidak ketinggalan.

2 Komentar

alex

alex

dimana saya bisa mengunduh nya kak mohon panduan nya kak
Balas #2491
Aris Munandar

Aris Munandar

@alex
bisa langsung download di repo plugin wordpress.org
Balas #2502
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.