Cara Membuat Formulir Kontak Di WordPress

Tutorial kali ini penulis akan memberikan bagaimana cara membuat formulir kontak di wordpress (contact us atau kontak kami). Fungsinya untuk memberikan pengunjung akses komunikasi tanpa harus kita memberikan kontak secara langsung seperti nomor telepon, email, dan lain sebagainya.

Tapi pada akhirnya contact form atau formulir kontak juga berlabuh di email penerima, namun cara ini lebih efisien digunakan daripada memberikan langsung nomor kontak ke pemilik website agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan kecuali kamu adalah organisasi atau perusahaan.

Formulir Kontak Di WordPress

Untuk membuat formulir kontak kita bisa menggunakan plugin Contact Form 7, penulis sendiri menggunakan plugin tersebut, karena dari segi dukungan pengembang yang selalu memperbarui plugin sehingga lebih aman ketimbang menggunakan plugin yang tidak pernah update walaupun plugin tersebut mudah dan bermanfaat namun resikonya tinggi.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat formulir kontak di wordpress (contact us, atau kontak kami).

Langkah 1: masuk ke WordPress lalu ke menu tambah plugin

Setelah kamu masuk ke halaman admin wordpress, selanjutnya ke menu Plugin > Tambah Baru, halaman ini adalah halaman dimana kita bisa mencari plugin tanpa harus men-download secara manual di laman plugin wordpress.org. Menu tersebut seperti gambar dibawah ini.

Tambah plugin WordPress

Langkah 2: cari plugin Contact Form 7

Dihalaman tambah plugin tersebut arahkan kursor kamu pada kolom pencarian plugin, seperti pada gambar dibawah ini.

Kolom pencarian tambah plugin WordPress

Selanjutnya pada kolom pencarian ketik Contact Form 7, lalu klik Enter atau tunggu beberapa saat maka akan otomatis melakukan pencarian plugin setelah kamu selesai mengetik di kolom pencarian tersebut. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Hasil pencarian plugin contact form 7

Langkah 3: install dan aktifkan Plugin

Jika plugin yang kita cari sudah ditemukan selanjutnya adalah install plugin dengan cara klik tombol Instal Sekarang, seperti gambar dibawah ini.

Install plugin contact form 7

Selanjutnya apabila proses instalasi selesai maka lakukan aktivasi plugin dengan cara klik tombol Aktifkan seperti pada gambar dibawah ini.

Aktivasi contact form 7

Jika plugin sudah aktif maka anda akan diarahkan ke halaman plugin seperti gambar dibawah ini.

Halaman plugin contact form 7 wordpress

Langkah 4: membuat formulir kontak

Jika plugin sudah berhasil terpasang seperti pada langkah diatas, maka selanjutnya adalah membuat formulir kontak di wordpress dengan contact form 7 ini. Perhatikan pada menu wordpress, akan ada menu baru dengan nama Contact, dimana menu tersebut milik contact form 7. Klik menu Contact > Contact Forms seperti gambar dibawah ini.

Menu contact form 7 formulir kontak di wordpress

Selanjutnya dihalaman tersebut ada contoh Fomulir dengan nama Contact Form 1, disini kita tidak membuat formulir kontak baru, melainkan memodifikasi atau merubah kontak yang sudah ada untuk menghindari kesalahan pembuatan, namun jika kamu ingin membuat formulir baru juga tidak masalah dengan cara mengikuti Contact Forms yang sudah tersedia.

Pada formulir kontak yang sudah tersedia (Contact Form 1) klik Edit, seperti gambar dibawah ini.

Edit Contact Form 1 formulir kontak di wordpress

Langkah 5: konfigurasi formulir kontak

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi sesuai dengan yang di inginkan. Pada halaman Edit tersebut ada beberapa tab yang tersedia yaitu:

  • Tab Form digunakan untuk mengatur kolom-kolom atau form yang akan digunakan agar data yang di input pengunjung bisa didapatkan sesuai dengan form yang ditampilkan.
  • Tab Mail digunakan untuk mengatur isi respon pemberitahuan dari formulir kontak, maksudnya adalah apabila pengunjung mengisi dan mengirim formulir kontak maka akan ada email pemberitahuan termasuk konfigurasi isi pesan dan email penerima.
  • Tab Messages digunakan untuk mengatur respon pemberitahuan pengunjung setelah melakukan submit atau kirim formulir kontak.
  • Tab Additional Settings adalah pengaturan tambahan yang bisa kamu tambahkan sesuai dengan keinginan, jika ingin lebih detail kamu bisa lihat di Editing Form Template.

Berikut ini adalah gambar halaman pengaturan Contact Form 7 yang tersedia.

pengaturan formulir kontak di wordpress

Langkah 6: Membuat halaman formulir kontak

Langkah terakhir ini adalah bagaimana cara membuat dan menampilkan formulir kontak yang sudah kita dihalaman kontak agar bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Untuk dapat menampilkan Formulir Kontak menggunakan Contact Form 7 dapat menggunakan shortcode yang sudah tersedia, caranya copy Shortcode dihalaman Contact > Contact Forms seperti gambar dibawah ini.

Shortcode Contact Form 7

Selanjutnya buatlah halaman baru dengan nama Kontak lalu pilih Block Shortcode dan tempelkan shortcode Contact Form 7 yang tadi sudah di copy. Seperti gambar dibawah ini.

Membuat halaman formulir kontak di wordpress

Setelah itu terbitkan halaman yang sudah dibuat tadi, lalu klik Lihat Halaman, maka pada halaman Kontak yang sudah diterbitkan tadi akan nampak seperti gambar dibawah ini.

Hasil akhir tampilan formulir kontak di wordpress

Sekian tutorial membuat formulir kontak di wordpress, atau bisa disebut juga dengan kontak kami, contact us, dan lain sebagainya dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan akses komunikasi ke pengunjung sehingga website kita terlihat lebih profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.