Cara Merubah Http ke Https Di CPanel

Pada tutorial kali ini penulis akan memberikan tips bagaimana cara merubah http ke https di cpanel, apalagi saat ini mesin pencari google akan memprioritaskan situs yang menggunakan https agar dapat naik ranking di mesin pencari, dan di browser seperti google chrome akan muncul notifikasi bahwa situs tidak aman jika tidak menggunakan https. Tapi sebelum itu kita akan sedikit membahas tentang apa itu https.

Pengertian SSL

SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer, fungsinya untuk enkripsi komunikasi dari server ke browser client melalui port 443 sehingga transaksi data yang dikirim ke user tentunya menjadi lebih aman.

Mengapa kita harus menggunakan SSL? Ada beberapa alasan yang wajib kita ketahui untuk kita yang bergelut didunia digital.

  1. SEO (Search Engine Optimization)
    Untuk saat ini mesin pencari lebih memprioritaskan situs web atau blog yang menggunakan https, tujuannya agar keamanan situs dan pengguna lebih terjamin.
  2. Jaminan Keamanan Bertransaksi
    Untuk situs seperti toko online diwajibkan menggunakan SSL/Https agar setiap keamanan transaksi terjamin.
  3. Browser (Peramban)
    Browser modern saat ini apabila tidak menggunakan https akan menampilkan pesan Not Secure di browser, tentunya ini membuat citra website kurang bagus dimata pengguna, contoh seperti pada gambar dibawah ini.
merubah http ke https di cpanel

Bagaimana Merubah Http ke Https Di cPanel?

Saat ini kita tidak sedang membicarakan menggunakan SSL premium atau berbayar, karena kita bisa memanfaatkan SSL gratis, kebanyakan di cPanel sekarang telah menyediakan layanan SSL gratis, yaitu Let’s Encrypt, Layanan tersebut bisa kita gunakan tanpa batas penggunaan. Caranya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Step 1: Login ke cPanel

Langkah pertama adalah tentunya anda harus masuk ke cPanel menggunakan akun yang anda miliki.

Step 2: Ke Bagian Security

Jika anda sudah masuk ke cPanel selanjutnya adalah silahkan anda mengarah ke bagian Security di cPanel anda, lalu klik Let’s Encrypt seperti pada gambar dibawah ini.

Let's Encrypt cPanel

Step 3: Pilih Domain

Lalu pada bagian Issue a new certificate pilih domain yang ingin anda terapkan SSL, setelah itu klik tombol Issue, perhatikan pada gambar dibawah ini.

merubah http ke https di cpanel

Selanjutnya langkah terakhir adalah mengatur jenis protokol yang anda ingin terapkan di domain anda, anda bisa samakan seperti pada gambar dibawah ini, lalu klik tombol Issue lagi, dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Let's Encrypt SSL

Apabila setelah Issue muncul pemberitahuan berhasil artinya domain anda sudah menggunakan https, semoga tutorial ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.