Cara Menambahkan Domain Baru Di cPanel

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara menambahkan domain baru di cpanel, apabila kamu memiliki beberapa domain dan hanya punya satu hosting yang kamu rasa mubazir apabila tidak digunakan secara maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa domain ke hosting cPanel yang kamu miliki.

Akan tetapi perhatikan juga resources hosting yang kamu miliki, apakah dari segi disk space atau storage cukup menampung file-file website yang akan kamu upload, dan apakah bandwidth-nya kuat untuk menahan beberapa website.

Jika kamu rasa aspek-aspek tersebut memenuhi kriteria tersebut kamu bisa menambahkan beberapa domain di hosting cPanel yang kamu miliki daripada harus membeli banyak hosting karena mengingat harganya yang lumayan mahal dibandingkan dengan domain.

Menambahkan Domain Baru Di cPanel

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara menambahkan domain baru yang kamu miliki di satu hosting cPanel. Tapi pastikan dulu kamu telah memiliki cPanel dengan dukungan Addon Domain di cPanel kamu ya.

Pertama login ke cPanel anda dulu, setelah itu scroll ke bagian Domains didalam cPanel anda, lalu klik Addon Domains seperti gambar dibawah ini.

menambahkan domain baru di cpanel

Setelah itu anda akan diarahkan ke form Addon Domains dimana informasi domain anda yang baru dimasukkan, tambahkan domain baru anda pada bagian form New Domain Name, untuk Subdomain dan Document Root diabaikan saja karena akan otomatis dibuat. Jika New Domain Name sudah anda isi maka otomatis pada bagian Subdomain dan Document Root akan terisi seperti pada gambar dibawah ini.

menambahkan domain baru di cpanel

Jika anda membutuhkan FTP centang saja pada bagian Create an FTP account associated with this Addon Domain, lalu jika sudah klik tombol Add Domain. Jika perhasil akan nampak seperti pada gambar dibawah ini.

success addon domains

Setelah itu klik Go Back untuk kembali ke halaman Addon Domains, daftar domain akan nampak seperti pada gambar dibawah ini jika domain kalian sudah masuk ke hosting.

daftar addon domains

Jika sudah seperti diatas maka anda berhasil menambahkan domain baru di cPanel anda dengan memanfaatkan fitur Addon Domains, langkah selanjutnya adalah menambahkan Name Server atau NS hosting anda ke domain melalui halaman penyedia domain, tempat dimana anda membeli domain.

Namun sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu apa URL Name Server atau NS yang ada pada hosting yang anda miliki, caranya masuk ke bagian member area di hosting anda selanjutnya pada bagian hosting anda cari name server, contoh name server seperti pada gambar dibawah ini (setiap penyedia layanan hosting berbeda-beda halaman name server).

name server niagahoster

Gambar diatas adalah hosting Bahasaweb.com, layanan diatas menggunakan Niagahoster, jika anda ingin menggunakan hosting di Niagahoster klik disini.

Jika anda berhasil menambahkan name server hosting anda di domain, maka tunggu proses propagasi, biasanya maksimal 1×24 jam, jika sudah 1 hari tidak konek antara domain dan hosting silahkan hubungi kedua layanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.