Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Di cPanel

Email merupakan alamat komunikasi formal dan wajib dimiliki setiap individu maupun organisasi, berikut ini adalah tutorial membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Mungkin setiap orang pasti sudah mengetahui apa fungsi email, dan familiar dengan Gmail dan Yahoo Mail, namun email menggunakan provider lain tentunya tidak se-profesional menggunakan domain sendiri.

Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Berikut ini adalah tutorial cara membuat email dengan domain sendiri di cpanel, namun perlu di ingat bahwa email yang dibuat menggunakan fitur di cpanel memakan storage atau resource hosting di yang anda miliki, jadi silahkan gunakan dengan bijak dan sesuai dengan kapasitas yang hosting kamu miliki.

Berikut ini adalah contoh email yang bisa kita gunakan.

nama_anda@perusahaan-anda.com

Manfaat menggunakan email dengan domain sendiri juga termasuk untuk mengenalkan situs kita, misalya apabila orang mengakses perusahaan-anda.com tentunya akan diarahkan ke website kita, dan yang pasti akan menarik trafik dari email tersebut.

Pertama, masuk ke cPanel yang kamu miliki lalu pada bagian Email klik Email Accounts, lihat pada gambar dibawah ini.

Email Hosting cPanel

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke form pembuatan email seperti pada gambar dibawah ini.

Email Dengan Domain Sendiri

Pada bagian Domain silahkan pilih domain yang akan kamu jadikan email, misalnya penulis menggunakan email utama Bahasaweb.com.

Selanjutnya pada Username tentukan sesuai dengan keinginan, ini untuk login email kamu nantinya, dan pada bagian Password silahkan gunakan kata sandi yang aman, apabila kata sandi yang akan kamu gunakan di rasa kurang aman, kamu bisa generate password dengan tingkat kesulitan yang lumayan kuat.

Nah apabila kamu ingin menentukan batas storage email yang ingin kamu buat kamu bisa klik Edit Settings pada bagian Optional Settings maka akan nampak seperti pada gambar dibawah ini, dan namun pastikan sesuai dengan kapasitas hosting yang kamu miliki.

Email Dengan Domain Sendiri

Jika dirasa sudah selesai, silahkan klik tombol Create. Jika sudah selesai maka anda akan diarahkan ke halaman daftar email yang sudah kamu buat. Setelah itu coba login dengan cara mengakses url dibawah ini.

domainanda.com/webmail

Pastikan domainanda.com diubah sesuai dengan domain yang kamu gunakan. Setelah itu login dengan akun yang sudah kamu buat tadi. Jika pada saat login pertama kali, kamu akan diarahkan ke halaman pemilihan email client, seperti pada gambar dibawah ini.

cPanel Webmail Client

Email client yang bisa digunakan di hosting yang penulisin miliki ada dua, yaitu Roundcube dan Horde, biasanya penulis menggunakan Roundcube, karna tampilannya lebih bersahabat. Jika kamu ingin menggunakan Roundcube bisa klik Open, perhatikan pada gambar dibawah ini.

Pilih Roundcube Email Client

Berikut ini adalah tampilan Roundcube email client.

Roundcube Email Client UI

Jika sudah masuk ke tampilan Roundcube artinya email anda sudah dibuat dan bisa digunakan untuk komunikasi dengan client kamu. Sekian, semoga tutorial ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.