Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut

Pada tutorial sebelumnya di awali dengan pengenalan tentang html, pembahasan kali ini membahas pengertian tag, elemen, dan atribut html masih berupa teori, dimana teori ini bertujuan untuk lebih membuka gambaran terhadap bahasa html. Seperti yang sebelumnya saya katakan bahwa html bukanlah bahasa pemrograman melainkan bahasa markah yang memiliki susunan terstruktur dan tersusun sesuai tag markah dengan masing-masing fungsinya agar browser dapat mengetahui perintah dari susunan kode tersebut akan di eksekusi seperti apa.

Bagaimana browser dapat mengenali perintah yang diberikan pada dokumen html?

Pada bahasa html terdapat susunan pola terstruktur agar dapat di kenali browser, susunan tersebut adalah tag, elemen, dan atribut html, sehingga sebuah halaman web dapat diterjemahkan ke dalam bentuk visual berdasarkan perintah-perintah yang diberikan, misalnya sebuah teks, biasanya teks memiliki gaya seperti cetak tebal, miring, garis bawah dan lain-lain, gaya tersebut memiliki masing-masing perintah yang berbeda. Pada lain kasus sebuah gaya dapat di implementasikan secara bersamaan, sehingga membentuk cetakan teks yang memiliki banyak gaya dimana sebuah perintah dijalankan dalam satu elemen.

Untuk lebih jelasnya mari kita pisahkan masing-masing fungsi tag, elemen, dan atribut html ke dalam pembahasan yang lebih mudah dimengerti.

Pengertian Tag HTML

Tag adalah bagian inti dari html, itulah mengapa html di sebut markup languange, karena berdasarkan pada penandaan setiap objek yang diapit antara tag, dari situlah browser akan mengenali perintah seperti apa output yang akan ditampilkan. Tag adalah teks khusus (perintah) antara dua karakter “<” dan “>” yang menjadi pembeda antara teks biasa agar dikenali browser untuk di terjemahkan kedalam sebuah bentuk visual berdasarkan perintah yang diberikan, biasanya sebuah tag ditulis secara berpasangan (tag pembuka dan tag penutup) tetapi ada tag tunggal yang tidak memerlukan penutup.

Baca juga:  Struktur Dasar HTML

Sebagai contoh tag <haed>, tag ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada browser tentang dokumen html, seluruh isi didalam tag head ini tidak akan menampilkan output ke layar monitor, sehingga tag ini wajib menggunakan penutup </head> agar dapat dibedakan antara informasi dokumen dan isi dokumen.

Berbeda dengan tag tunggal, dimana tag tunggal tidak memperlukan tag penutup, contohnya <hr> untuk mencetak garis luruh, <br /> untuk membuat baris baru, dan masih banyak lagi.

Pengertian Elemen HTML

Elemen adalah semua isi yang berada di dalam tag, diantara tag pembuka dan penutup, contoh dasarnya seperti ini <tag>Elemen</tag>. Sedangkan pada kasus lain ketika ingin mencetak teks tebal dan miring pada satu elemen dapat menambahkan kedua fungsi tersebut secara bersamaan, biasanya hal tersebut dapat dikatakan nested tag, hampir setiap elemen memiliki tag bersarang.

Penulisan elemen bersarang tidak boleh ditulis secara menyilang, tag penutup untuk elemen harus berdasarkan urutan awal tag pembuka, sehingga tidak saling tumpang tindih.

Contoh penulisan elemen bersarang yang benar.

<b>
    <i>
        Elemen
    </i>
</b>

Contoh penulisan susunan elemen yang salah.

<b>
    <i>
        Elemen
    </b>
</i>

Kebanyakan dokumen html ditulis secara bersarang sehingga dibutuhkan ketelitian agar tidak menimbulkan kesalahan dalam penulisan dokumen html.

Pengertian Atribut HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang disisipkan pada tag, dimana informasi tersebut dapat berupa instruksi warna latar atau warna teks, ukuran panjang dan lebar, serta dapat berupa penamaan sebuah class dan id. Atribut dalam satu tag bisa lebih dari satu dan dipisahkan dengan menggunakan karakter kutip dua serta miliki penamaan dan nilai yang berbeda.

<tag nama-atribut="nilai-atribut"></tag>

Sebagai contoh pemberian warna latar dan warna teks pada elemen tag pembuka isi dokumen html.

<body bgcolor="red" text="white">
    <b>Contoh pemberian warna pada elemen</b>
</body>

Dari perintah di atas akan diterjemahkan oleh browser sebuah warna latar dokumen memiliki warna merah dan teks warna putih, contoh gambar seperti di bawah ini.

Baca juga:  Membuat Garis Horizontal di HTML

Tutorial Dasar HTML: Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut

Untuk penulisan nama dan atribut sangat di sarankan dengan menggunakan huruf kecil, dan wajib teliti dalam memberikan tanda pemisah kutip dua.

Akhir kata dalam tutorial yang bersifat teoritis ini semoga dapat memberikan pemahaman tentang tag, elemen, dan atribut html sebelum masuk ke materi lain yang lebih mengutamakan praktek.