Menambahkan Komentar di HTML

Dalam setiap bahasa pemrograman biasanya ada fitur untuk menambahkan komentar pada baris kode tertentu, seperti komentar di html, biasanya komentar di gunakan untuk menandakan suatu baris agar tidak ditampilkan sebagai perbandingan untuk kode lain, atau untuk memberikan informasi source code tersebut, misalnya seperti di html, biasanya digunakan untuk menandakan tag pembuka dan tag penutup karena sudah banyak baris di buat di dalamnya sehingga untuk melihat mana tag pembuka atau penutup biasanya agak sulit.

Membuat Komentar di HTML

Komentar pada setiap bahasa pemrograman tidak akan tampil layar, hanya sebagai sebuah teks yang tidak di eksekusi meskipun itu adalah kode proses, untuk membuat komentar di html digunakan karakter <!-- dan -->, misalnya seperti dibawah ini.

<!DOCTYPE html> <html> <head> <title>Contoh Pembuatan Komentar</title> </head> <body> <h1>Komentar HTML</h1> <!-- <p>ini adalah contoh teks dummy yang diberi komentar.</p> --> <p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.</p> </body> </html>
Code language: HTML, XML (xml)

Dari contoh kode diatas yang diberi komentar tidak akan tampil di browser, tetapi jika tetap ingin melihatnya maka harus melihat source code didalamnya atau dengan view source di web browser, contoh tampilan seperti di bawah ini.

Menambahkan komentar di html

Gambar di atas menunjukan bahwa baris yang diberi komentar tidak tampil di browser, ada banyak hal yang bisa digunakan dalam pemberian komentar ini, misalnya untuk menginformasikan kepada programmer lain sebuah tipe data variabel atau proses yang berjalan seperti apa, karena html adalah bahasa client-side maka sebagai pengguna masih bisa melihat komentar tersebut, caranya adalah dengan view source di browser CTRL+U atau klik kanan View Source, contoh tampilan komentar di html dengan view source.

Menambahkan komentar di html

Coba perhatikan gambar di atas, terlihat bahwa tag yang di beri komentar akan di tandai dengan warna hijau dan huruf miring, itu menandakan bahwa baris tersebut adalah sebuah komentar dan tidak di tampilkan di web browser.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin.

7 Komentar

Aksara

Aksara

Bagus
Balas #180
Aris Munandar

Aris Munandar

@Aksara
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Balas #181
gr

gr

hai
Balas #2116
fakhriannassyah

fakhriannassyah

cara bikin komentar gimana ya bro pake html atay css
Balas #2406
Aris Munandar

Aris Munandar

@fakhriannassyah
Maksudnya formulir komentar? kebetulan di blog ini belum ada, saya kasih saran untuk formulir komentar bisa pakai form element.
Balas #2407
365bet

365bet

Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is truly informative. I am gonna watch out for brussels. I'll be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!
Balas #2500
Aris Munandar

Aris Munandar

@365bet
thank you
Balas #2501
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.