Pengenalan HTML

Hal yang paling dasar yang harus di ketahui ketika kita memilih untuk mempelajari bahasa pemrograman web adalah mengetahui bagaimana dokumen HTML dapat membentuk sebuah halaman yang di terjemahkan oleh browser ke bentuk visual sehingga menjadi mudah dibaca dan enak di lihat. Dalam pengenalan HTML ini penulis lebih membahas secara teori, bertujuan sebagai gambaran cara kerja browser dapat mengolah sebuah halaman web, sehingga pembaca lebih fokus dan terarah melalui langkah-langkah dasar.

Pengenalan HTML

Tak kenal maka tak sayang, begitu juga setiap kita ingin belajar sesuatu maka dilakukan pengenalan HTML terlebih dahulu. HTML atau Hyper Text Markup Language adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, secara teknis HTML bukanlah bahasa pemrograman namun bahasa terstruktur yang fungsinya untuk menandai (Mark) bagian-bagian halaman, HTML terdiri dari beberapa susunan yaitu Tag, Elemen, dan Atribut sehingga browser dapat menerjemahkan dokumen HTML ke bentuk visual dan suara.

…menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. – Wikipedia

Agar lebih jelasnya ketika kita membuka sebuah browser apa yang kita lihat? sebagai contoh halaman Bahasaweb.com silahkan perhatikan sekeliling halaman, hal yang paling sederhana dari halaman web adalah sebuah teks, teks biasanya memiliki gaya, perbedaan ukuran dan warna.

Untuk membangun sebuah halaman web yang menarik dan interaktif HTML tidak sendirian, di butuhkan beberapa teknologi bahasa pemrograman web seperti CSS, Javascript, Ajax, JSON dan Flash, meskipun Flash sudah jarang sekali di gunakan dikarenakan membutuhkan proses load halaman yang dapat memberatkan. Dari sedemikian teknologi bahasa pemrograman web tetapi tanpa HTML tidak akan terjadi apa-apa.

Baca juga:  Membuat Garis Horizontal di HTML

Menjalankan atau Membuka File HTML

Salah satu kemudahan html adalah bersifat client-side scripting, sehingga untuk menjalankan file html hanya dengan klik kanan lalu open file atau double klik pada file html. Apa itu client-side scripting? client-side programming adalah program komputer yang dapat di jalankan pada sisi client di olah oleh web browser, dengan kata lain setiap informasi yang di minta oleh pengguna melalui web browser maka pengolahan data terjadi pada komputer browser pengguna.

Untuk membuat file dokumen html adalah dengan menggunakan aplikasi teks editor, misalnya dengan menggunakan notepad, isi tulisan atau teks apa saja di dalamnya, lalu pada saat menyimpannya gunakan ekstensi .html lalu simpan. Pada file tersebut anda bisa melakukan double klik yang nantinya secara otomatis akan dibuka oleh browser default pada sistem operasi di komputer anda, atau klik kanan lalu open. Demikian tutorial pengenalan html ini.