Cara Update dan Hapus Data Di Database MySQL

Tidak terasa dalam tutorial mysql kali ini kita telah sampai pada akhir tutorial mysql dasar, pembahasan terakhir ini adalah bagaimana caranya melakukan update data dan menghapus data didalam tabel mysql. Seperti diketahui bahwa pada tutorial sebelumnya kita telah memasukan beberapa data yang bisa kita gunakan untuk mencoba mempraktekan tutorial ini.

Untuk melakukan update data atau memperbarui data yang ada didalam tabel database mysql ini yaitu dengan menggunakan perintah UPDATE, sedangkan untuk menghapusnya yaitu dengan menggunakan perintah DELETE. Pada pembahasan ini kita akan coba mengupasnya secara detail agar mudah dipahami.

update-dan-delete-data-di-database-mysql

Cara update atau memperbarui data di dalam tabel mysql

Sebelum menggunakan perintah UPDATE di database mysql ini yang perlu ditekankan adalah ketelitian, maksudnya keteletian disini yaitu apabila record atau data yang ingin diperbarui itu banyak sekali, sedangkan hanya beberapa data yang ingin diperbarui.

Jika ingin memperbarui hanya beberapa didalam database yang memiliki data berjumlah besar jangan sampai lengah atau lupa menggunakan kondisi, karena apabila tidak melakukan pengkondisian maka akibatnya adalah semua data akan memiliki data yang sama setelah di UPDATE karena tidak ada kondisi yang membatasinya.

Misalnya contoh kode dibawah ini, yaitu dengan menggunakan tabel pelanggan (baca tutorial awal pembuatan tabel pelanggan), seperti diketahui didalam tabel melanggan memiliki beberapa field, dalam hal ini kita akan mencoba melakukan update nama pelanggan tanpa menggunakan kondisi.

UPDATE pelanggan SET nama_pelanggan = 'John Doe';

Perintah update diatas tidak menggunakan kondisi WHERE, lalu apa yang terjadi? maka semua data field nama_pelanggan akan berubah menjadi John Doe. Lalu bagaimana jika hanya ingin memperbarui data sesuai ID? mudah sekali.

Baca juga:  Menambahkan Data Dengan Perintah Insert

Untuk mengupdate data misalnya hanya ingin mengubah nama pelanggan yang memiliki id_pelanggan P0001 dengan nama awalnya Aris Munandar, lalu ingin mengubahnya ke Aris Web.

UPDATE pelanggan SET nama_pelanggan = 'Aris Web' WHERE id_pelanggan = 'P0001';

Perintah diatas akan mengubah data nama_pelanggan yang hanya memiliki id_pelanggan “P0001”, pengkondisian ini bisa dengan menggunakan kondisi apa saja sesuai kebutuhan selama kondisinya sesuai.

Menghapus data didalam tabel mysql

Dalam menghapus data sama seperti UPDATE yaitu harus berhati-hati, namun berbeda dengan UPDATE, untuk menghapus harus lebih ekstra hati-hati karena jika salah maka data akan hilang.

Misalnya kita akan menghapus data pelanggan yang hanya memiliki id_pelanggan “P0001”, yaitu dengan menggunakan pengkondisian juga, kurang lebih sama dengan UPDATE data hanya perintahnya saja yang berbeda. Berikut ini caranya.

DELETE FROM pelanggan WHERE id_pelanggan = 'P0001';

Saran penulis jika ingin melakukan penghapusan data berdasarkan field tertentu, perlu diperhatikan berdasarkan field apa saja, karena jika terjadi kesalahan maka data tidak dapat dikembalikan, yang lebih memperburuk keadaan apabila data yang terhapus adalah sebuah data penting seperti informasi akun perbankan, atau informasi keuangan suatu lembaga.

Maka dalam proses belajar ini harus dibiasakan berhati-hati, karena apabila sudah dibiasakan akan mendarah daging dan dengan sendirinya kebiasaan tersebut akan terus berkembangan seiring dengan proses belajar secara praktek.