Tutorial Column Alias Di MySQL

Fungsi column alias di MySQL digunakan untuk merubah nama asli dari kolom yang ada ditabel, atau mempermudah keterbacaan operasi saat anda menggunakan SELECT sehingga dapat dengan mudah digunakan atau dikenali baik itu dari sisi administrator database atau juga programmer yang mengelola data tersebut.

Berikut ini adalah contoh penggunaan column alias di MySQL.

SELECT [column | expression] AS alias_name FROM table
Code language: CSS (css)

Untuk membuat alias dan mengubah nama kolom atau operasi pada SELECT dapat menggunakan AS seperti kode diatas, column alias digunakan seolah-oleh adalah nama kolom yang ada ditabel, anda dapat menggunakan garis bawah atau string seperti contoh dibawah ini.

SELECT [column | expression] AS "alias name" FROM table
Code language: PHP (php)

Keyword AS bersifat opsional sehingga anda dapat tidak menggunakannya untuk menghemat waktu penulisan query.

Sebagai contoh penulis membuatkan satu tabel dengan nama users yang di dalamnya ada beberapa data yang bisa kita gunakan untuk membuat alias.

Buatlah database sesuai dengan keinginan anda, lalu buat sebuah tabel dengan nama users dan masukkan data dengan menjalankan perintah dibawah ini.

CREATE TABLE `users` ( `id` int(9) unsigned NOT NULL AUTO_INCREMENT, `first_name` varchar(100) NOT NULL, `last_name` varchar(100) NOT NULL, PRIMARY KEY (`id`) )
Code language: JavaScript (javascript)

Setelah itu mari kita masukkan beberapa data users sesuai dengan tabel yang telah dibuat. Jalakan query SQL dibawah ini.

INSERT INTO `users` VALUES (1,'Reginald','Fritsch'), (2,'Milford','Lang'),(3,'Alejandra','Jerde'), (4,'Bianka','Rippin'),(5,'Yadira','Jones');
Code language: JavaScript (javascript)

Jika sudah maka data tersebut akan muncul beberapa data users seperti gambar dibawah ini.

column alias di mysql

Pada data users diatas terdapat 2 kolom yang akan kita fokuskan yaitu kolom first_name, dan last_name, dimana kita akan coba menggabungkan kedua data tersebut sehingga menjadi nama penuh dengan menggunakan funsi CONCAT(), berikut ini caranya.

SELECT CONCAT(first_name, ' ', last_name) FROM users;
Code language: JavaScript (javascript)

Hasil dari query diatas akan menghasilkan data seperti dibawah ini.

column alias di mysql

Perhatikan hasil query diatas menggabungkan first_name dan last_name, namun nama kolom masih berupa CONCAT(first_name, ' ', last_name) sehingga sulit terbaca dan akan sangat sulit untuk di implementasikan di bahasa pemrograman manapun, nah kita perlu menyederhanakannya lagi dengan menggunakan ALIAS. Berikut ini caranya.

SELECT CONCAT(first_name, ' ', last_name) AS full_name FROM users;
Code language: PHP (php)

Query diatas akan merubah kolom CONCAT() tadi menjadi full_name, dengan begitu mudah untuk dibaca dan di implementasikan di bahasa pemrograman manapun, seperti yang awal penulis katakan walaupun tanpa AS penulisan alias dapat dilakukan dengan menggunakan spasi saja untuk menghemat energi kita.

Berikut ini adalah hasil dari query penulisan alias di MySQL.

penulisan alias di mysql

Selain pada kolom atau field anda juga dapat menggunakan alias pada nama table, biasanya ini berfungsi untuk mempersingkat penulisan query yang anda buat pada saat anda menggunakan join atau penggabungan data antara beberapa tabel.

Sebagai contoh buatlah sebuah tabel dengan nama orders dengan cara menjalankan query dibawah ini.

CREATE TABLE `orders` ( `id` int(9) unsigned NOT NULL AUTO_INCREMENT, `product` varchar(255) NOT NULL, `user_id` int(9) unsigned NOT NULL, PRIMARY KEY (`id`) );
Code language: JavaScript (javascript)

Table orders ini nantinya kita akan gunakan untuk melakukan relasi ke tabel user dimana pada relasi tersebut kita akan membuatkan alias nama table keduanya.

Jika sudah lalu masukan data dibawah ini.

INSERT INTO `orders` VALUES (1,'Shampoo',2), (2,'Soap',2), (3,'Tooth Paste',3), (4,'Vacum Cleaner',4), (5,'Air Conditioner',3), (6,'Tooth Paste',5), (7,'Vacum Cleaner',3), (8,'Soap',2), (9,'Parfum',3), (10,'T-Shirt',1);
Code language: JavaScript (javascript)

Jika query diatas sudah dijalankan maka akan menghasilkan beberapa data beserta relasi ke users dengan menggunakan kolom user_id, seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya kita akan menggabungkan kedua tabel antara table users dan orders, dimana keduanya memiliki relasi yang menunjukan kepemilikan sebuah product orders. Jalankan query dibawah ini.

SELECT * FROM orders o LEFT JOIN users u ON u.id = o.user_id

Jika sudah selanjutnya data yang akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Perhatikan query relasi diatas, dimana tabel orders diubah menjadi “o” dan users diubah menjadi “u”, hal ini akan mempersingkat penulisan query menjadi lebih pendek daripada harus menulis nama tabel dengan lengkap.

Demikianlah tutorial penggunaan column alias di mysql beserta contohnya, semoga tutorial ini bermanfaat.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.