Cara Membuat Table Di Database MySQL

Setelah pembahasan sebelumnya kita membuat database, maka kali ini kita akan membahas tentang table atau lebih tepatnya membuat table di database mysql. Layaknya sebuah rumah, database bisa diibaratkan seperti rumah yang besar, sedangkan tabel adalah isi rumah seperti kulkas, almari yang nantinya alat-alat rumah tersebut akan diisi dengan beberapa pakaian atau keperluan untuk memasak.

Maksud dari perumpamaan diatas adalah ketika kita membuat sebuah database mysql maka hal yang selanjutnya adalah membuat alat-alatnya yang dalam hal ini adalah sebuah table di database mysql yang nantinya akan kita isi dengan data didalamnya, kurang lebih seperti itu bayangannya.

Pseudo-code Membuat Table Baru

Sebelumnya yang perlu diingatkan adalah aturan penulisan nama table sama seperti membuat database. Untuk spesifikasinya penulis merekomendasikan dengan menggunakan huruf kecil dan dipisah dengan garis bawah “_” (tanpa kutip) sebagai pemisah. Berikut ini adalah contoh pseudo-code dalam membuat sebuah table:

CREATE TABLE name_table(
    nama_field tipe(panjang),
    nama_field tipe(panjang),
    ...
    nama_field tipe(panjang),
    nama_field tipe(panjang),
    PRIMARY KEY (nama_field_key)
)

Bentuk query diatas adalah bentuk umum dalam membuat sebuah table yang sudah disederhanakan dan hanya sebagai contoh saja. Berikut ini penjelasan maksud dari query sederhana diatas.

  1. CREATE TABLE adalah perintah yang digunakan untuk membuat sebuah table di database mysql.
  2. nama_table adalah penamaan untuk table didalam database.
  3. nama_field adalah penamaan untuk field atau kolom didalam table.
  4. tipe adalah pemberian sebuah tipe data untuk field atau kolom.
  5. panjang adalah pemberian ukuran jumlah atau batasan data yang masuk pada sebuah field atau kolom.
  6. PRIMARY KEY digunakan untuk mendefinisikan kunci pada field atau kolom.
  7. nama_field_key adalah field atau kolom yang dimaksudkan untuk jadikan sebuah kunci pada table.
Baca juga:  Pengertian SQL

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah dalam pemberian kunci atau dalam mendefinisikan kunci pada table didatabase mysql harus bersifat unik, maksudnya data didalamnya tidak boleh sama.

Satu hal lagi adalah perintah PRIMARY KEY, jika dari contoh sederhana diatas untuk mendefinisikan sebuah kunci pada table di database mysql letaknya berada dibelakang adalah tidak wajib, anda bisa mendefinisikan sebuah kunci field didepan atau tepat sebaris dengan nama kunci tersebut. Untuk lebih jelasnya nanti akan dibahas pada saat membuat table sesuai query yang asli.

Cara Membuat Table Di Database MySQL

Pada bagian ini barulah kita akan benar-benar menggunakan query SQL untuk membuat table di database mysql, sebagai contoh kita akan membuat sebuah table dengan nama table pelanggan, apa saja yang dibutuhkan didalam table tersebut? berikut ini saya asumsikan kebutuhan dari table pelanggan tersebut:

Membuat table di database mysql

Didalam tabel diatas terlihat bahwa id_pelanggan ada sebuah simbol bintang, simbol tersebut dimaksudnya sebagai sebuah kunci atau primary key di table yang akan kita buat ini. Berikut adalah query untuk membuat table di database mysql diatas.

CREATE TABLE pelanggan(
    id_pelanggan varchar(5) NOT NULL,
    nama_pelanggan varchar(30) NOT NULL,
    alamat text,
    telepon varchar(15),
    email varchar(30),
    PRIMARY KEY (id_pelanggan)
);

Seperti yang penulis janjikan tadi bahwa kita akan membahas pemberian sebuah kunci yang tidak harus dibelakang, berikut ini contoh lain dalam pemberian kunci ditable database.

CREATE TABLE pelanggan(
    id_pelanggan varchar(5) NOT NULL PRIMARY KEY,
    nama_pelanggan varchar(30) NOT NULL,
    alamat text,
    telepon varchar(15),
    email varchar(30),
);

Perhatikan bahwa penulis memindahkan perintah PRIMARY KEY diawal atau sebaris dengan nama field yang ditunjuk untuk dijadikan kunci pada table tersebut, keduanya sama saja dan query dapat berjalan normal.

Baca juga:  Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Jika query anda sudah siap untuk dieksekusi maka silahkan buka DBMS anda, dalam hal ini penulis menggunakan command line untuk belajar database dasar ini. Seharusnya jika sudah dieksekusi akan muncul pemberitahuan sebagai berikut:

Query OK, 0 rows affected (0.16 sec)

Atau untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Membuat table di database mysql

Masih bingung dengan query tersebut? mari kita bahas satu persatu kecuali yang sudah ada di dalam pembahas pseudo-code diatas:

  1. Pelanggan adalah nama table yang ingin dibuat.
  2. id_pelanggan, nama_pelanggan, alamat, telepon, email adalah sebuah field atau kolom pada table yang ingin dibuat.
  3. varchar, text adalah sebuah tipe data untuk field atau kolom pada table tersebut.
  4. (5) atau (30) adalah panjang data atau batas data yang diberikan pada sebuah field.
  5. NOT NULL digunakan untuk mendefinisikan bahwa table tersebut tidak boleh kosong atau harus diisi.

Hanya sekedar catatan saja bahwa pemberian batasan atau panjang data yang diberikan pada sebuah field ketika anda membuat table di database mysql memang benar-benar membatasi data yang masuk, lalu bagaimana jika data melebihi kapasitas yang ditentukan? biasanya apabila data yang dimasukan lebih dari yang ditentukan, maka data lebihnya tersebut akan hilang, sebagai contoh diatas, kita memberikan kapasitas panjang data adalah 5 pada id_pelanggan, lalu bagaimana jika lebih dari 5? tetap yang masuk adalah 5, dan yang dibelakangnya tidak akan masuk.

Primary Key Wajib Bersifat Unik

Seperti awal dikatakan bahwa sebuah kunci pada table harus bersifat unik, artinya tidak boleh ada data yang sama pada field kunci tersebut, lalu bagaimana cara menentukannya secara otomatis? baik, kita akan merubah struktur table diatas, yang akan diubah adalah id_pelanggan, karna id_pelanggan adalah sebuah kunci ditable yang kita buat ini. Disini saya akan coba merubah tipe data id_pelanggan menjadi integer dan tentu data yang nantinya ingin dimasukan akan berurutan secara otomatis tanpa perlu mengisi data tersebut, misalkan datanya akan terisi digit angka secara berutan dari 1, 2, 3 dan seterusnya. Berikut ini adalah contoh query membuat table di database mysql dengan primary key unik otomatis.

CREATE TABLE pelanggan(
    id_pelanggan INT(5) NOT NULL PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT,
    nama_pelanggan varchar(30) NOT NULL,
    alamat text,
    telepon varchar(15),
    email varchar(30),
);

Pada query diatas yang berubah adalah tipe data dan menambahkan perintah AUTO_INCREMENT, apa sih perintah AUTO_INCREMENT? perintah tersebut berguna untuk mengurutkan data secara otomatis, maksudnya ketika kita menambahkan data dari table tersebut maka kita tidak perlu lagi melakukan input data untuk field kunci, karna akan tercipta secara otomatis secara berurutan mulai dari yang terkecil.

Baca juga:  Cara Merancang Database

Menampilkan Table Di Database MySQL

Setelah membuat table di database mysql ini lalu bagaimana agar kita tahu table tersebut sudah masuk atau belum? caranya mudah sekali yaitu dengan menggunakan perintah SHOW, sebagai berikut:

SHOW TABLES;

Perintah SHOW tersebut akan menampilkan seluruh table yang sudah ada didalam database, seperti gambar dibawah ini:

Membuat table di database mysql

Bagaimana jika ingin menampilkan table secara spesifik dan detail? anda bisa menggunakan perintah DESC yang merupakan singkatan dari DESCRIBE, atau anda juga bisa menggunakan kepanjangannya tersebut.

Membuat table di database mysql

Demikian tutorial pembuatan table pada database mysql ini semoga bermanfaat.