Tutorial array_keys() di PHP

Seperti namanya, array_keys() di PHP digunakan untuk mengambil index yang ada pada sebuah array, kadang-kadang kita kesulitan untuk menemukan nilai dari sebuah index yang ada pada data array, dengan menggunakan array_keys() bahkan anda dapat mengambil index pada array secara individu.

Berikut ini deskripsi penulisan fungsi array_keys().

array_keys(array $array, mixed $search_value, bool $strict = false): array
Code language: PHP (php)

Fungsi array_keys() di PHP memiliki tiga parameter.

  • $array adalah data array yang ingin kita ambil index nya.
  • $search_value adalah untuk mengambil index secara spesifik berdasarkan nilai dari index.
  • $strict digunakan untuk melakukan perbandingan.

Fungsi array_keys() akan mengembalikan nilai seluruh index dari array dan menampilkan index tersebut kedalam bentuk array.

Baca juga: Tutorial Array Di PHP

Contoh penggunaan fungsi array_keys() di PHP

Berikut ini adalah contoh bagaimana cara menggunakan fungsi array_keys() di PHP untuk mengambil nilai index dari sebuah array.

<?php $array = [10, 9, 8]; $index = array_keys($array); print_r($index);
Code language: HTML, XML (xml)

Hasilnya…

Array ( [0] => 0 [1] => 1 [2] => 2 )
Code language: PHP (php)

Fungsi array_keys() akan mengembalikan index sebuah array dan akan mengolahnya menjadi array kembali untuk dapat digunakan.

Alih-alih mengambil seluruh index yang ada pada data array, anda juga dapat mengambil index secara spesifik berdasarkan nilainya.

Sebagai contoh…

<?php $array = [10, 9, 8]; $index = array_keys($array, 9); print_r($index);
Code language: HTML, XML (xml)

Hasilnya…

Array ( [0] => 1 )
Code language: PHP (php)

Contoh kode diatas akan mengambil salah satu index dari array, yaitu mengambil nilai index yang memiliki nilai 9, karena nilai 9 memiliki index 1, maka akan tampil index 1.

Selain array sederhana diatas, anda juga dapat mengambil index dari associative array yang nilai index-nya berupa string.

Sebagai contoh…

<?php $array = [ 'site' => 'Bahasaweb.com', 'title' => 'Tutorial pemrograman web', 'tagline' => 'Belajar PHP itu mudah' ]; $index = array_keys($array); print_r($index);
Code language: HTML, XML (xml)

Hasilnya…

Array ( [0] => site [1] => title [2] => tagline )
Code language: PHP (php)

Saat anda mengambil index secara spesifik menggunakan array_key(), secara bawaan atau default, array_keys() menggunakan operator perbandingan == maka asalkan nilainya sama akan mengembalikan nilai tersebut dan menghiraukan tipe data yang digunakan.

Baca juga: Tutorial Multidimensional Array Di PHP

Sebagai contoh…

<?php $array = [ 'product' => 'Coffee', 'price' => '2000' ]; $index = array_keys($array, 2000); print_r($index);
Code language: HTML, XML (xml)

Jika anda perhatikan, data array price memiliki nilai ‘2000’, yang mana nilai tersebut adalah string, namun array_keys() di PHP tetap mengembalikan nilainya, hal tersebut terjadi karena faktor operator yang digunakan adalah ==.

Hasil dari kode diatas seperti dibawah ini.

Array ( [0] => price )
Code language: PHP (php)

Lalu bagaimana jika anda benar-benar ingin menampilkan data spesifik berdasarkan nilai dan jenis tipe data yang sama? anda dapat menggunakan nilai TRUE pada parameter $strict, dengen membuat $strict menjadi TRUE akan merubah operator == menjadi === sehingga filtrasi akan lebih ketat, karena memang secara bawaan menggunakan FALSE.

Contohnya..

<?php $array = [ 'product' => 'Coffee', 'price' => '2000' ]; $index = array_keys($array, 2000, true); print_r($index);
Code language: HTML, XML (xml)

Hasilnya…

Array ( )
Code language: JavaScript (javascript)

Data tidak ditemukan, atau kosong seperti pada contoh hasil diatas. Karena nilai dari index price tersebut adalah STRING, dan bukan INTEGER, meskipun sama-sama memiliki karakter angka.

Sampai disini tutorial cara menggunakan array_keys() di PHP yang bisa anda gunakan untuk mengambil index pada sebuah array.

Komentar

Selamat, anda anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.