Pengertian Object Oriented Programming PHP

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai teori dan praktek daripada tutorial OOP PHP ini ada baiknya kita memahami dulu teori pengertian dari Object Oriented Programming pada php ini agar lebih mudah menerka atau membayangkan bagaimana konsep yang bisa diterapkan dengan OOP.

Jika pembaca belum memahami dasar dari PHP ada baiknya pelajari terlebih dahulu php dasar: Belajar PHP Dasar

Pengertian Object Oriented Programming atau biasa di singkat OOP PHP jika di terjemahkan kedalam adalah Pemrograman Berarah atau Berorientasi Objek. Sebuah metodologi dalam pemrograman yang diciptakan untuk memodelkan kasus-kasus nyata kedalam sebuah objek yang lebih kompleks dan structural.

Pengertian objek dalam pemrograman

Apa itu objek? Objek adalah sesuatu yang kompleks, nyata yang dapat memodelkan atau menyederhanakan permasalahan yang terjadi, dalam hal ini adalah pemrograman sehingga sebuah objek digunakan untuk menyederhanakan permasalahan dan memodelkan masalah tersebut menjadi sebuah class yang akan di instansiasi menjadi sebuah objek.

Dalam pemrograman, objek adalah suatu paket yang merupakan kumpulan data dan perilaku untuk menghasilkan sesuatu yang nyata dan dapat di wujudkan menjadi satu kesatuan yang utuh, data didalam objek dapat di representasikan dengan variable sedangkan perilaku atau fasilitas dapat di representasikan dengan prosedur atau fungsi yang didalam OOP ini disebut method.

Belajar OOP PHP pengertian Object Oriented Programming

Pengertian Instance atau Instansiasi

Instance merupakan wujud nyata yang telah terjadi dari sebuah objek yang telah diciptakan sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk lebih mudah memahami instance dari sebuah objek didalam pemrograman kita dapat mengambil contoh sebuah dari sebuah Mobil, apabila terdapat objek Mobil, maka Honda, Toyota, Mitsubishi dan lain sebagainya merupakan sebuah instance dari objek Mobil.

Karakteristik Object Oriented Programming (OOP)

Baca juga:  Tutorial Dasar PHP Panduan Untuk Pemula

Abstraksi (Abstract)

Abstraksi atau Abstract merupakan ciri yang paling mendasar dari OOP, suatu proses yang menyembunyikan kerumitan (pengabstrakan) yang terjadi pada suatu objek sehingga pengguna objek tidak perlu untuk mengetahui detail dari proses yang dilakuk

Pembungkusan (Encapsulation)

Pembungkusan atau Encapsulation sesuai dari namanya, yaitu artinya data-daa dan method akan dibungkus menjadi paket objek yang siap digunakan oleh objek lain yang merupakan satu kesatuan sehingga dapat bekerjasama dalam melaksanakan tugas-tugas pemrograman.

Pewarisan (Inheritance)

Sebuah objek dapat di turunkan atau istilahnya adalah Pewarisan atau Inheritance ke sebuah objek baru, sehingga objek baru tersebut akan mewarisi sifat dari objek induknya.

Polimorfisme (Polymorfism)

Polymorfisme bisa diartikan sebagai “banyak bentuk” dalam hal ini adalah sebuah class, kegiatan dalam membuat bentuk yang berbeda namun dengan melalui satu cara yang sama, sebagai contoh terdapat sebuah objek Mobil, objek yang diturunkan menjadi dua buah objek yang baru yaitu Mobil Truk dan Mobil Sedan.

Dari berbagai konsep diatas kita akan bahas secara bersamaan dengan praktek-praktek yang akan kita terapkan pada tutorial pembahasan Object Oriented Programming (OOP) ini.

Didalam pembahasan tutorial Object Oriented Programming atau OOP pada PHP ini kita tidak akan membahasnya secara mendalam, karena dasar-dasar yang akan dibahas di tutorial ini menurut penulis sudah cukup untuk membekali diri ke tahap yang lebih lanjut melalui pengembangan mandiri. Berikut ini materi-materi yang akan penulis ulas.

  1. Belajar Membuat Class di OOP PHP
  2. Belajar Membuat Abstract
  3. Belajar Membuat Interface

Pada penjelasan diatas penulis berharap sebuah konsep Object Oriented Progamming dapat dengan mudah dimengerti dan dapat dibayangkan bagaimana cara kerja pemrograman berorientasi objek tersebut.