Pengertian Database

Pernahkah terpikir dalam pikiran kita bagaimana situs media sosial seperti facebook dapat menyimpan banyak sekali pengguna? menampilkan status orang-orang? atau hal yang paling sederhananya adalah situs ini, bagaimana anda situs ini dapat menyimpan artikel seperti ini dan bisa anda baca? itulah database atau basis data, disini kita akan membahas pengertian database dan mengulasnya hingga tingkat selanjutnya.

Pengertian Database

Jika dikutip dari wikipedia, pengertian basis data (atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.

Namun jika boleh di ibaratkan, database itu seperti ruang perpustakaan, bagaimana kita mudah menemukan buku yang kita cari? ya, buku itu disusun berdasarkan kategorinya masing-masing, lalu diperkecil lagi ruang lingkupnya agar lebih spesifik.  Itulah database, menyusun data dengan baik, terstruktur dan telah terintegrasi.

Pengertian DBMS

Lalu bagaimana kita mengoperasikan database? dan software apa yang digunakan untuk membangun database? untuk dapat membangun database diperlukan sebuah perangkat lunak teritegrasi, perangkat lunak tersebut singkat dengan DBMS atau Database Management System.

DBMS (Database Management System) merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.

Nah disini kita akan mengulas tutorial Database dengan menggunakan DBMS MySQL, sebenarnya banyak sekali DBMS yang bisa digunakan, namun selain MySQL ini “gratis” juga yang paling banyak digunakan dalam dunia web. Lagi pula sudah menjadi satu paket ketika kita menginstall web server dengan menggunakan xampp.

Baca juga:  Pengertian SQL

Istilah-istilah Didalam Database

Ada beberapa istilah dalam database yang nantinya akan sering disebut didalam tutorial, sebelum kita masuk ke tutorial selanjutnya maka harus dapat memahami istilah-istilah dibawah ini agar lebih mudah dalam mempelajarinya:

Pengertian Tabel

Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.

Pengertian Field

Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.

Pengertian Record atau Data

Record atau Data merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Pengertian Key

Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

Didalam database memiliki konsep mengenai urutan database, dan konsep urutan database tersebut sangat penting untuk dipahami, agar mempermudah mekanisme database, berikut ini konsep hierarki database:

pengertian database

Beberapa istilah database diatas nantinya akan sering banyak disebut pada setiap tutorial, selain itu didalam dunia kerja seorang programmer wajib menguasai istilah-istilah diatas untuk mempermudah komunikasi antara programmer lain.