Menjalankan class php di browser

Didalam tutorial sebelumnya telah dibuat sebuah class dengan nama mobil dan berbagai property serta method yang telah tersedia, dibagian ini kita akan mencoba melakukan pemanggilakan class untuk menjalankannya di browser.

Berikut ini adalah source code untuk menjalankan class php:

$mobilMerah = new Mobil;
$mobilMerah->warna('merah');
$mobilMerah->jumlahRoda(4);
$mobilMerah->jumlahKursi(6);
$mobilMerah->tampilkan();Code language: PHP (php)

Dari kode diatas jika di jalankan dibrowser maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini…

Pada kode diatas dapat disimpulkan bahwa untuk penulis code dengan menggunakan paradigma Object Oriented Programming ini tidak melulu harus menulisnya dari atas lalu kebawah dalam hal ini adalah metode procedural.

Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan pada penulisan menggunakan objek ialah penanganan kesalahan, dimana kita tidak perlu memperbaiki banyak code karna sebuah fungsi atau variable ditulis berulang kali.

Kelebihan penulisan kode menggunakan Object Oriented Programming

Sebuah objek dapat dipanggil berulang kali adan pemanggilan-pemanggilan yang berulang tidaklah membuat kode yang sama dijalankan, objek yang sama dapat dipanggil lebih dari satu kali dengan variable yang berbeda akan dianggap sebagai tugas yang berbeda pula, sebagai contoh source code dibawah ini:

$mobilMerah = new Mobil;
$mobilMerah->warna('merah');
$mobilMerah->jumlahRoda(4);
$mobilMerah->jumlahKursi(6);
$mobilMerah->tampilkan();

echo '<br>';

$mobilBiru = new Mobil;
$mobilBiru->warna('biru');
$mobilBiru->jumlahRoda(4);
$mobilBiru->jumlahKursi(6);
$mobilBiru->tampilkan();Code language: PHP (php)

Terlihat dari kode diatas kita telah memanggil satu objek yang sama namun dengan variable yang berbeda dimana kita akan coba merubah warna dari mobil tersebut, maka akan tercetak dibrowser seperti gambar dibawah ini:

Bisa dilihat itulah kelebihan menggunakan Object Oriented Programming, sehingga kita tidak perlu menulis kode yang sama berulang kali, disini kita hanya perlu memanggil objek yang akan kita buat tanpa perlu menulis banyak kode yang sama.

Mengakses property pada sebuah objek

Selain cara menanggilan diatas kita juga dapat memanggil property yang telah dibuat dan dimasukan nilainya, berikut ini caranya:

$mobilBiru = new Mobil;
$mobilBiru->warna('biru');
echo $mobilBiru->warna;Code language: PHP (php)

Jika sudah dibuat silahkan jalankan di browser, maka akan tampil seperti dibawah ini…

Dari kode diatas bisa kita bayangkan apabila kita membutuhkan sebuah data yang sama dengan variable yang sama, kita tidak perlu mendeklarasikan ulang apabila data tersebut sudah ada sebelumnya, kita hanya perlu memanggil property yang sudah ada. Tentunya hal ini dapat mempersingkat pekerjaan kita dalam melakukan penulisan kode program yang akan kita buat.

Sampai disini penjelasan cara menjalankan class pada Object Oriented Programming atau OOP PHP semoga dapat dipahami dengan mudah, untuk selanjutnya kita akan membahas sebuah abstract dan bagaimana abstract itu bekerja.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.