Menghitung Jumlah Karakter Di PHP

Di tutorial ini kita akan membahas cara menghitung jumlah karakter di PHP, ada kalanya kita membutuhkan jumlah karakter pada suatu kondisi tertentu untuk mencapai proses yang kita inginkan di proyek yang sedang kita kerjakan.

Untuk dapat menghitung jumlah karakter di PHP kita akan menggunakan fungsi strlen(), dimana fungsi tersebut akan mengembalikan nilai panjang string yang di tentukan. Berikut ini deskripsi fungsi strlen().

strlen(string $string): intCode language: PHP (php)

Fungsi strlen() memiliki satu parameter dengan tipe data string, yaitu string untuk mengukur (menghitung) jumlah karakter pada suatu kata atau kalimat. Fungsi strlen() mengembalikan panjang $string ke dalam byte atau nol jika $string kosong.

Penting untuk diingat bahwa strlen() mengembalikan jumlah byte daripada jumlah karakter. Jadi setiap karakter adalah 1 byte, jumlah byte sama dengan jumlah karakter.

Namun jika anda berurusan dengan string multibyte, misalnya UTF-8 jumlah byte lebih tinggi daripada jumlah karakter.

Baca juga: Memotong Kata Di PHP Dengan Fungsi substr()

Untuk mendapatkan jumlah karakter dalam string multibyte kita dapat menggunakan fungsi mb_strlen(), berikut ini deskripsi fungsi mb_strlen().

mb_strlen(string $string, ?string $encoding = null): intCode language: PHP (php)

Fungsi mb_strlen() memiliki 2 parameter yaitu $string untuk menentukan kata yang akan dijumlahkan, dan $encoding untuk menentukan pengkodean karakter dari $string.

Fungsi mb_strlen() mengembalikan jumlah karakter dalam $string yang memiliki $encoding. mb_strlen() mengembalikan satu untuk setiap karakter multibyte.

Contoh cara menghitung jumlah karakter di PHP

Mari kita coba cara menghitung suatu karakter di PHP.

1. Menggunakan fungsi strlen()

Berikut ini adalah cara menghitung karakter pada suatu string menggunakan fungsi strlen() di PHP.

<?php 
$string = 'Belajar PHP dasar';
echo strlen($string); // output 17Code language: HTML, XML (xml)

Kata “Belajar PHP dasar” apabila menggunakan strlen() maka akan menghasilkan jumlah 17 sama dengan jumlah karakter (termasuk spasi).

2. Menggunakan strlen() dengan multibyte string

Kita akan coba menghitung sebuah string multibye dengan jumlah 6 karakter, string dalam huruf dalam bahasa jepang “はじめまして”.

<?php 
$string = 'はじめまして';
echo strlen($string); // output 18Code language: HTML, XML (xml)

Kalimat はじめまして apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia menggunakan layanan penerjamah maka artinya “senang berkenalan dengan anda”. Apabila menggunakan fungsi strlen() maka akan menghasilkan jumlah 18.

Sekarang mari kita coba dengan menggunakan mb_strlen().

<?php 
$string = 'はじめまして';
echo mb_strlen($string); // output 6Code language: HTML, XML (xml)

mb_strlen() mengembalikan nilai yang sama sesuai dengan jumlah karakter yang ditentukan, karena karakter dalam huruf jepang tersebut memiliki pengkodean yang berbeda dengan huruf alfabet pada umumnya.

Ringkasan

  • Gunakan fungsi PHP strlen() untuk mendapatkan jumlah byte pada suatu string.
  • Gunakan fungsi PHP mb_strlen() untuk mendapatkan jumlah karakter suatu string yang memiliki encoding spesifik.

Semoga tutorial ini bermanfaat, kirimkan komentar jika ada pertanyaan seputar artikel ini ya!

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.