Menggabungkan Array Di PHP Dengan Fungsi implode()

Tutorial ini akan membahas bagaimana cara menggabungkan array di PHP dengan fungsi implode(), dimana data array akan diubah menjadi string dan dengan menambahkan pemisah diantara string tersebut.

Deskripsi fungsi implode() di PHP.

implode(string $separator, array $array): stringCode language: PHP (php)

Berikut ini penjelasan fungsi implode().

  • $separator adalah parameter yang digunakan sebagai pemisah antara string, default kosong.
  • $array adalah data array yang akan digabungkan untuk diubah menjadi string.

Fungsi implode() akan mengembalikan nilai string baru yang dihasilkan dari proses penggabungan elemen array dan dapat ditambah pemisah diantara string tersebut.

Proses pengurutan string yang dihasilkan sama dengan urutan elemen $array yang ingin digabungkan, dan jika $array kosong maka fungsi implode() akan menghasilkan nilai string kosong.

Catatan: Fungsi join() adalah alias dari fungsi implode() sehingga anda dapat menggunakan salah satu dari kedua fungsi tersebut.

Contoh penggunaan implode() di PHP

Mari kita coba beberapa contoh penggunaan fungsi implode() untuk menggabungkan array di PHP.

1. Menggabungkan array satu dimensi dengan fungsi implode()

Misalnya anda telah memiliki data array sederhana beberapa elemen dengan masing-masing elemen adalah “nama, saya, php” dalam bentuk array.

Baca juga: Mengganti Kata Di PHP Dengan Fungsi str_replace()

Jadi kita bisa menggabungkan array di PHP dengan implode() dan menambahkan spasi diantara string tersebut, seperti kode dibawah ini.

<?php 
$array = ['Nama', 'saya', 'PHP'];
echo implode(' ', $array); // Output: Nama saya PHPCode language: HTML, XML (xml)

Kode diatas akan menghasilkan kalimat “Nama saya PHP” karena $separator menggunakan spasi sebagai pemisah diantara element array.

Untuk pemisah, anda dapat menggunakan apa saja yang anda inginkan, misalnya simbol “-” dan lain sebagainya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Menggabungkan asosiatif array (multidimensional array) dengan fungsi implode()

Alih-alih menggunakan array biasa atau array satu dimensi, anda juga dapat menggunakan array multidimensi, dimana elemen array memiliki kunci dan nilai.

Contoh seperti kode dibawah ini.

<?php 
$array = [
    'nama_depan' => 'John',
    'nama_belakang' => 'Doe',
    'Keren'
];

echo implode(' ', $array); // Output: John Doe KerenCode language: HTML, XML (xml)

Kode diatas akan menghasilkan keluaran “John Doe Keren”, lalu kemana kunci array multidimensi tersebut? Kunci pada array asosiatif tidak akan dibaca oleh fungsi implode(), sehingga yang akan ditampilkan hanya nilai dari array-nya saja.

Demikian pembahasan mengenai cara menggabungkan array di PHP dengan fungsi implode(), semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar jika ada saran atau pertanyaan.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.