Membuat Database Dan Tabel Anggota Pendaftaran Online

Pada tutorial tahap pertama ini yang akan kita lakukan adalah membuat database danĀ tabel yang akan kita gunakan untuk menyimpan informasi-informasi pengguna untuk aplikasi pendaftaran online ini, untuk mengetahui lebih lengkap tabel seperti apa yang akan kita buat untuk aplikasi pendaftaran online ini silahkan kembali ke pengenalan tutorial ini, pada artikel sebelumnya dibahas detail apa saya yang akan kita perlukan.

Membuat Database Anggota Pendaftaran Online

Untuk dapat membuat database anggota pendaftaran online kita akan menggunakan mysql dengan aplikasi interface andalannya yaitu phpmyadmin, silhkan ikuti instruksi untuk membuat database pendaftaran anggota online dibawah ini.

Pertama aktifkan server lokal anda, lalu ketikan alamat dibawah ini.

http://localhost/phpmyadmin/

Atau…

http://127.0.0.1/phpmyadmin/

Maka akan muncul sebuah interface database mysql, setelah itu klik tab sql pada bagian atas disebelah database, setelah itu ketikan perintah dibawah ini.

CREATE DATABASE belajar_pendaftaran_online;

Lalu klik go yang berada di sebelah kanan bawah atau ctrl+enter.

Jika sudah maka sebuah database baru akan tercipta di halaman phpmyadmin tersebut, lihat bagian kiri halaman phpmyadmin seperti gambar dibawah ini.

database pendaftaran online

Jika sesuai dengan gambar diatas berarti anda sudah dapat membuat database belajar_pendaftaran_online, setelah itu membuat tabel anggota.

Membuat Tabel Anggota Pendaftaran Online

Untuk membuat tabel anggota pendaftaran online ini silahkan klik terlebih dahulu database belajar_pendaftaran_online yang sebelumnya telah dibuat, lalu klik tab sql yang berada dibagian atas disebelah tab database, lalu ketikan perintah dibawah ini.

CREATE TABLE anggota(
    ID int(11) NOT NULL PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT,
    nama_lengkap VARCHAR(40) NOT NULL,
    tempat_lahir VARCHAR(11) NOT NULL,
    tanggal_lahir DATE,
    alamat VARCHAR(200),
    kota VARCHAR(200),
    negara VARCHAR(20),
    kode_pos VARCHAR(5),
    no_hp VARCHAR(15),
    email VARCHAR(30),
    tinggi_badan INT(3),
    berat_badan INT(3)
);

Lalu klik tombol go yang berada bagaian bawah kanan berbentuk oval tersebut, maka akan tercipta satu buah tabel anggota pendaftaran online seperti gambar dibawah ini.

Baca juga:  Jenis-jenis Operator Aritmatika PHP

tabel pendaftaran online

Sampai disini sebuah rancangan database untuk aplikasi pendaftaran online telah dibuat dengan baik, apabila ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui komentar dibawah ini. Pembahasan berikutnya akan dibahas di tutorial selanjutnya.

  • Kang Trick

    Sip

  • Kang Trick

    Sayang belum mengeeri

    • dipelajari dengan mempraktekannya, pasti akan cepat mengerti.