Membuat Autentikasi Login Di Laravel

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas hal-hal yang tidak perhubungan dengan akses user, pada tutorial lanjutan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat autentikasi login di laravel, selain itu termasuk juga pendaftaran user di laravel.

Autentikasi Di Laravel

Laravel hadir sebagai salah satu framework PHP yang sangat mudah dan memudahkan pengembang untuk membuat program yang lebih cepat. Dimana saat kita membuat login dan pendaftaran di laravel menjadi satu paket dengan satu perintah termasuk database dan UI (form login dan register).

Pertama-tama buatlah sebuah projek baru laravel dengan cara menjalankan perintah dibawah ini, pastikan yang terpenting adalah anda telah memiliki web server di komputer/laptop anda beserta dengan composer dan npm, selanjutnya jalankan perintah dibawah ini di localhost anda.

composer create-project laravel/laravel belajar-laravel

Tunggu sampai proses install selesai, selanjutnya masuk ke dalam folder belajar-laravel. Jika sudah silahkan jalankan perintah dibawah ini.

php artisan serve

Selanjutnya buka browser anda, dan akses URL http://127.0.0.1:8000/ di browser kesayangan anda, jika yang muncul tampilannya seperti gambar dibawah ini artinya anda sudah berhasil menginstal laravel di localhost anda.

Halaman utama laravel 8

Lalu bagaimana cara membuat autentikasi di laravel?

Mudah sekali, akan tetapi yang perlu diingat bahwa penulis menggunakan UI bootstrap, untuk belajar diawal bootstrap versi 4 sangat mudah, mengingat penulis menggunakan Laravel 8, di Laravel 8 secara dokumentasi tidak menggunakan bootstrap 4 lagi. Kecuali jika kamu sudah mengerti VueJs kamu bisa menggunakannya. Ok lanjut.

Buatlah sebuah database dengan nama belajar_laravel, jika sudah dibuat lalu buka file .env yang berada didalam root projek belajar-laravel anda. Selanjutnya pada variabel dibawah ini disesuaikan dengan konfirmasi database yang terinstall didalam laptop atau komputer anda.

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=belajar_laravel
DB_USERNAME=username_database
DB_PASSWORD=password_database

Ubah pada bagian username dan password sesuai dengan konfigurasi akun database anda. Jika sudah selesai saatnya kita install boostrap 4 terlebih dahulu, jalankan perintah dibawah ini untuk menginstall laravel/ui di projek laravel anda, karna apabila menggunakan bootstrap, lebih praktis kita menggunakan laravel/ui.

composer require laravel/ui

Selanjutnya terapkan bootstrap 4 di laravel 8 anda dengan menajalankan perintah dibawah ini.

php artisan ui bootstrap

Lalu saatnya kita terapkan bootstrap 4, dimana dengan perintah dibawah ini akan mengupdate file public/css/app.css dan public/js/app.js.

npm install && npm run dev

Nah pada bagian selanjutnya adalah bagian inti, yaitu membuat autentikasi login di laravel. Jalankan perintah dibawah ini untuk menerapkan UI Boostrap 4 di Autentikasi login di laravel 8.

php artisan ui bootstrap --auth

Jika sudah otomatis didalam folder app/Http/Controllers akan tercipta folder baru dengan nama Auth, dimana didalam folder tersebut terdapat controller yang mengatur Login, Daftar, Reset Password dalam satu paket perintah diatas.

Selanjutnya kita akan mengupdate style bootstrap dengan memanfaatkan perintah npm dibawah ini.

npm install && npm run dev

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan mode development selesai, proses ini membutuhkan sedikit waktu. Nah jika sudah selesai coba refresh browser anda, maka pada halaman utama projek belajar-laravel akan ada perbedaan pada bagian atas, yaitu terdapat 2 menu, yang pertama adalah Login dan yang kedua adalah Daftar seperti pada gambar dibawah ini.

Halaman utama laravel 8 dengan autentikasi

Silahkan klik bagian URL login, maka apabila langkah-langkah diatas sudah benar seharusnya akan tampil halaman Login di Laravel seperti gambar dibawah ini.

Autentikasi Login Di Laravel

Dan untuk tampilan daftar atau register akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Membuat autentikasi register di laravel

Sampai pada tahap diatas UI Bootstrap 4 pada autentikasi login di laravel dan pendaftaran di laravel masih belum bisa anda gunakan, karena belum ada table users yang dibuat di database belajar_laravel yang sebelumnya sudah anda buat, caranya agar kita memiliki table users dengan cara menjalankan perintah dibawah ini.

php artisan migrate

Apabila perintah diatas sudah dibuat maka seharusnya ada beberapa table yang secara otomatis dibuat di database belajar_laravel, seperti pada gambar dibawah ini sudah terdapat satu table yang kita butuhkan untuk autentikasi login di laravel dan register yaitu table users.

Database di laravel 8

Didalam table users tersebut masih belum terdapat data user satupun alias masih kosong, sehingga kita tidak dapat login ke projek belajar laravel, untuk membuat user anda bisa mendaftarnya di halaman pendaftaran user dengan cara klik link Register.

Isi form yang tersedia pada halaman pendaftaran, jika sudah klik tombol Register dibawah, maka otomatis anda akan masuk ke halaman home seperti gambar dibawah ini.

Halaman home autentikasi login di laravel

Anda juga dapat keluar dengan cara klik nama anda yang ada di pojok kanan atas lalu klik Logout dan coba Login dengan akun yang sudah anda buat.

Demikian cara membuat autentikasi Login dan Register di Laravel 8 menggunakan UI Bootstrap 4. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.