Membuat Function Pada PHP

Function atau fungsi dalam bahasa Indonesianya, lalu dalam bahasa pemrograman function pada php atau fungsi pada php bagaimana cara kerjanya dan apa manfaatnya. Sebelumnya mari kita ulas pengertian function pada pemrograman php.

Function atau fungsi dalam pemrograman adalah suatu blok perintah atau proses atau instruksi yang dieksekusi ketika function atau fungsi itu dipanggil, lebih sederhananya adalah suatu proses atau instruksi yang dibungkus pada satu perintah guna mempermudah penulisan kode program agar tidak menulisnya secara berulang-ulang.

Manfaat Menggunakan Function Pada PHP

Dalam dunia pemrograman seorang programmer tentu akan sangat-sangat pusing apabila dihadapkan dengan banyak kode padahal ada beberapa kode yang tulis prosesnya sama saja. Lalu untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan function atau fungsi, berikut ini manfaat function pada php:

  • Agar dalam penulisan kode program tidak berulang.
  • Agar kode program menjadi terstruktur dam mudah dipahami.
  • Menguraikan tugas program yang rumit menjadi langkah-langkah yang sederhana.

Jika dilihat dari manfaat diatas tentu sangat berguna sekali penggunaan function pada php ini, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat, biarlah itu menjadi pengalaman hasil pengembangan logika diri.

Mari kita uraikan penggunaan function agar lebih mudah dipahami.

Kita asumsikan bahwa kita memiliki tugas penulis kode dengan proses perhitungan matematika sederhana, contohnya penambahan. Pada dasarnya proses tambah dalam perhitungan matematika hanya dengan menggunakan simbol (+), benar itu sangat mudah, tetapi bagaimana jika ternyata kita membutuhkan banyak sekali proses tersebut pada setiap blok kode yang kita tulis? untuk keluar dari hal itu, mari kita contohnya apabila dengan menggunakan function:

function nama_fungsi(nilai1, nilai2)
{
    return nilai1 + nilai2;
}

Sekilas kode diatas lebih banyak jika kita hanya memikirkan “nilai1+nilai2”, tetapi apabila “nilai1+nilai2” banyak dibutuhkan dalam penulisan kode program, apakah kita akan terus menulis “nilai1+nilai2” setiap kita membutuhkannya? huh tentu saja itu menjengkelkan dan tidak efisien, apabila prosesnya lebih dari itu. Lalu bagaimana cara kerjanya?

echo nama_fungsi(1, 2);

Lihat blok kode fungsi diatas, didalam nama_fungsi() terdapat proses yang kita mau, dan hanya perlu memberikan nilai sesuai perhitungan yang dibutuhkan saja, tidak perlu menulis kode program secara berulang-ulang padahal outputnya akan sama saja nanti, tergantung input nya saja.

Baca juga:  Jenis-jenis Operator Aritmatika PHP

Pengertian Parameter Function Pada PHP

Apa itu parameter? dan apa hubungannya dengan function? parameter bisa dibilang adalah variabel yang digunakan untuk mendeklarasi inputan pada fungsi tersebut. Berikut ini pengertian secara visual:

function pada php

Lalu apakah pemberian parameter pada function itu wajib? tentu tidak, sebuah function dapat dieksekusi dengan atau tanpa parameter, itu semua tergantung kebutuhan dan proses apa yang ingin dijalankan. Misalkan jika hanya ingin mencetak nama yang sama pada sebuah kode program dapat ditulis seperti dibawah ini:

 
function nama_fungsi() 
{ 
    return 'cetak nama'; 
} 

Blok kode diatas dapat ditampilkan dengan cara “echo nama_fungsi()”, sangat mudah bukan? selanjutnya mari kita coba membuat fungsi dengan menggunakan kode php.

Baca juga:  Penulisan Variabel Dalam PHP

Penulisan Function Pada PHP

Apabila kita sudah pahami dasar function secara teori diatas, seharusnya sampai disini kita sudah tahu bagaimana cara penulisan function pada php, namun tentu saja kita masih perlu tahu bagaimana penulisan function pada php tersebut. Kita Asumsikan bahwa kita akan mencetak sebuah pernyataan “Halo! Nama saya adalah $variabel”.

 
<?php 

function cetak_nama($nama) 
{ 
    return 'Halo! Nama saya adalah ' . $nama; 
} 

?> 

Dari kode diatas untuk mencetak atau menampilkan fungsi tersebut pada browser silahkan tulis seperti dibawah ini:

 
<?php 

function cetak_nama($nama) 
{ 
    return 'Halo! Nama saya adalah ' . $nama;
} 

echo cetak_nama('Bahasaweb.com'); 

?>

Maka seharusnya yang tampil adalah sebagai berikut:

function pada php

Ah ada yang saya lupa untuk dibahas, yaitu return di dalam fungsi, Apa itu return? return value (nilai kembalian) atau mengembalikan nilai hasil proses ketika fungsi selesai dieksekusi, kurang lebih seperti itu. Lalu pertanyaannya adalah wajibkah penggunaan return didalam function pada php? tentu tidak. Misalkan seperti penggalan kode dibawah ini:

 
<?php 

function cetak_nama($nama) 
{ 
    echo 'Halo! Nama saya adalah ' . $nama; 
} 

cetak_nama('Bahasaweb.com'); 

?> 

Ketika kita ingin mengeksekusi function, jika didalamnya sudah terdapat perintah cetak “echo” maka tidak perlu lagi kita melakukannya ketika fungsi itu dipanggil.