Pengenalan PHP

Apa itu PHP? dan mengapa harus PHP? pertanyaan-pertanyaan ini mungkin muncul bagi para pembaca sekalian yang baru mengenal bahasa pemrograman web seperti HTML, maka itu tutorial pengenalan php ini di buat.

Sejarah singkat PHP, PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah sinngkatan dari “Personal Home Page Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter”). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”.

Apa itu PHP? Pengenalan PHP

PHP (PHP: Hypertext Prepocessor) adalah salah satu bahasa pemrograman web yang bersifat dinamis, dimana PHP adalah bahasa yang bisa disisipkan dengan sintaks HTML sehingga dapat menciptakan teknologi web dinamis seperti sekarang ini.

PHP merupakan sebuah bahasa server-side untuk pemrograman web yang pada awalnya merupakan program CGI yang di khususkan untuk menerima input melalui form yang di tampilkan browser. PHP dikatakan bahasa server-side embedded script  language maksudnya adalah sintaks-sintaks dan perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server dan di kirim ke komputer client berupa bahasa html.

Mengapa Harus PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman web yang paling banyak di gunakan serta memiliki komunitas yang sangat banyak sehingga php mudah untuk dipelajari, selain itu PHP adalah salah satu bahasa multi platform yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi.

Kode PHP di simpan sebagai plain text dalam format ASCII sehingga bahasa PHP dapat ditulis dengan berbagai text editor diberbagai sistem operasi.

Selain PHP sebenarnya masih banyak lagi banyak pemrograman web dinamis seperti phyton, ruby dan lain-lain, semuanya bisa digunakan dalam pembuatan teknologi web dinamis, hanya saja tergantung kebutuhan, banyak website besar dibuat dengan tidak menggunakan PHP sebagai bahasa web dinamis mereka, contohnya seperti google, twitter dan mungkin masih banyak lagi. Tetapi hal itu akan kita bahas nanti, setelah kita mengetahui seluruh aspek dasar bahasa pemrograman web dengan PHP maka penulis rasa untuk mempelajari bahasa lainnya tidak akan terlalu sulit, sampai disini pengenalan PHP semoga dapat bermanfaat  untuk penulis dan pembaca.

  • Bu Di

    Artikel tentang PHP yang sangat membantu kk 🙂 makasih yah..