Belajar Membuat Class PHP OOP

Sebelumnya telah dibahas tentang pengertian OOP yang didalamnya terdapat penjelasan singkat mengenai objek dan class, kali ini kita akan praktek untuk membuat sebuah class atau Object Oriented Programming atau OOP PHP dengan mudah.

Dibawah ini adalah source code sebuah objek dengan nama Mobil, secara mendasar mobil pasti memiliki warna, roda, dan kursi, sederhananya kita akan merepresentasikan fitur-fitur pada mobil kedalam sebuah class PHP.

<?php 

class Mobil {

  public $warna;
  public $jumlahKursi;
  public $jumlahRoda;
 
  public function warna($warna) {
  $this->warna = $warna;
  }
 
public function jumlahRoda($jumlahRoda) {
  $this->jumlahRoda = $jumlahRoda;
  }

  public function jumlahKursi($jumlahKursi) {
  $this->jumlahKursi = $jumlahKursi;
  }

  public function tampilkan() {
  echo "Mobil dengan warna " . $this->warna . " memiliki " . $this->jumlahRoda . " buah roda dan " . $this->jumlahKursi . " kursi";
  }

}

Sekilas source code diatas sulit dimengerti, hal ini wajar bagi yang biasa penulis kode secara procedural, karna pada OOP PHP kita dituntut untuk membuat sebuah “fasilitas” terlebih dahulu, sehingga akan menjadi satu kesatuan yang utuh seperti yang sebelumya saya bahas.

Dari berbagai kode diatas akan penulis terangkan satupersatu bagian-bagian yang terdapat didalam source code tersebut.

Penjelasan Class Mobil

Seperti biasa, pada sebuah bahasa pemrograman berorientasiobjek mengharuskan kita untuk mendeklarasikan nama objek yang akan kita buatdengan menggunakan class Mobil maka akan tercipta sebuah objek Mobil, seperti kode dibawah ini:

<?php

class Mobil{}

Penjelasan public $warna

Setelah class Mobil selanjutnya terdapat sebuah kode dengannama “public $warna”, dasarnya “public” dan “$warna” adalah sesuatu yang berbeda, public adalah sifat dari variable atau tipe pada variable yang akan kita gunakan, dimana variable public dapat akses oleh class class lain yang mungkin akan dibuat pada sebuah source code yang kompleks, berikut ini adalah source code penulisan variable objek.

public $warna;
public $jumlahKursi;
public $jumlahRoda;

Sedangkan “$warna” adalah sebuah variable atau didalam Object Oriented Programming disebut sebagai property, seperti yang sebelumnya saya jelaskan sebuah data dapat di representasikan pada sebuah variable untuk menampung data yang akan diberikan.

Baca juga:  Menjalankan File PHP di Browser

Penjelasan public function warna

Ini adalah bagian method yang telah saya jelaskan, dimana method adalah sebuah perilaku atau fasilitas yang bisa kita terapkan untuk sebuah property atau langsung di eksekusi atau dipanggil, sama seperti fungsi pada umumnya. Sedangkan public adalah sebuah sifat atau tipe pada fungsi tersebut.

Pejelasan $this->warna

“$this” adalah sebuah keyword atau kata kunci yang sudah tersedia di php sehingga kita tidak boleh menggunakan keyword tersebut untuk variable yang akan kita buat, fungsi $this ini digunakan sebagai penunjuk pada sebuah objek property yang nantinya akan dapat di akses pada method lain sehingga sifatnya tidak hanya digunakan pada suatu method yang mendeklarasikan property tersebut.

Sebagai contoh pada source code class diatas bisa dilihat bahwa variable “$this” dapat di panggil di method tampilkan() padahal $this tersebut awalnya di deklarasikan di 3 method diatasnya. Variable khusus ini dapat menampung data yang bisa digunakan pada method lain didalam class tersebut.

Untuk menampilkan atau menjalankan class diatas kita akan bahas pada tutorial berikutnya dimana akan kita kupas sedikit lagi mengenai pemanggilan atau menjalankan atau mencetak sebuah class di browser.