10 Framework CSS Terbaik Yang Harus Kamu Coba

Artikel ini akan membahas 10 framework CSS terbaik yang harus kamu coba. Framework atau kerangka kerja adalah suatu kode yang telah dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya masing-masing, begitu juga dengan framework CSS, dimana sudah tersedia class-class tertentu yang telah memiliki gaya sendiri dan sudah terjadi sehingga kita hanya perlu memanggil class tersebut.

Tujuan diciptakannya framework atau kerangka kerja adalah untuk mempermudah, dan mempersingkat pekerjaa programmer atau developer sehingga tingkat produktivitas semakin tinggi, karena dalam satu waktu kita hanya menggunakan pada kode yang sudah tersedia tanpa perlu membuatnya dari awal.

Maka dari itu kami telah merangkum 10 framework css terbaik yang harus kamu coba salah satu dari semua framework yang tersedia dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengganti Bentuk Kursor Mouse Di CSS

Tailwind CSS

Tailwind CSS

Tailwind CSS memiliki konsep yang berbeda dari framework css lainnya, menjadi framework CSS utilitas terbaik pertama dan berbeda dari framework terbaik lainnya. Dimana framework lain menawarkan komponen yang siap pakai, namun tailwind hanya menyediakan utilitas, karena sebab itu pengembang bebas membuat apa saja tanpa batas. Belakangan framework ini menjadi populer dikalangan developer.

URL: https://tailwindcss.com/

Bootstrap

Bootstrap CSS

Siapa yang tidak mengenal Bootstrap? Framework CSS ini terbilang sudah cukup lama hadir dikalangan programmer. Bootstrap sangat populer, dan dianggap sebagai salah satu framework CSS terbaik karena desain yang responsif, memiliki banyak komponen tersedia, sehingga sangat memudahkan pekerjaan desain web. Dikembangkan oleh Twitter dan dirilis pada tahun 2011. HTML, SASS, dan JavaScript semuanya dikonfigurasikan ke dalam framework Bootstrap ini.

URL: https://getbootstrap.com/

Pure CSS

Pure CSS

Pure CSS menjadi salah satu yang terbaik, dibangun diatas Normalize.css dan dikembangkan oleh Yahoo. Pure CSS sangat ringan, karena tidak terlalu memiliki gaya dengan ukuran komponen yang kecil sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.

URL: https://purecss.io/

Bulma

Bulma CSS

Bulma dibangun berdasarkan flexbox. Pustaka CSS dengan 100% open source yang responsif dan mencakup berbagai komponen yang sudah disediakan, sehingga patut anda coba.

URL: https://bulma.io/

Foundation

Foundation

Foundation sama seperti Bootstrap, memiliki komponen yang sudah tersedia dimana didalamnya telah mencakup CSS, SASS, dan JavaScript. Sehingga kita hanya perlu menggunakan komponen yang tersedia tanpa perlu repot menulis style-nya dari awal.

URL: https://get.foundation/

Baca juga: 5 Tools CSS Yang Dapat Menghemat Waktu Coding Anda

Skeleton

Skeleton

Skeleton menjadi CSS yang super ringan yang dirancang untuk pengembangan situs web yang responsif dan mobile-friendly. Framework ini mencakup semua komponen standar untuk desain web responsif, seperti grid, dan lain sebagainya.

URL: http://getskeleton.com/

Materialize

Materialize

Materialize CSS juga termasuk dalam kategori framework CSS terbaik yang bisa kita gunakan. Pustaka komponen CSS User-interface yang dikembangkan oleh Google, didalamnya mencakup CSS, JavaScript, dan HTML, yang juga dikenal dengan nama Material Design.

URL: https://materializecss.com/

Tachyons

Tachyons

Tachyons adalah toolkit CSS yang ringan dan responsif yang diklaim sebagai “dibangun untuk mendesain”, Dengan nama “Tachyons” yang memiliki filosofi “Partikel hipotesis yang bergerak lebih cepat dari cahaya”.

URL: https://tachyons.io/

Semantic UI

Semantic UI

Semantic UI adalah salah satu framework CSS keren di yang dirilis pada tahun 2013 oleh Jack Lukic. Berisi komponen semantik pre-built yang sangat membantu dalam menciptakan layout yang indah dan responsif menggunakan sintaks HTML yang human-friendly.

URL: https://semantic-ui.com/

UIKit

UIKit

UIKit menjadi salah satu framework terbaik yang bisa digunakan. Ringan, open-source, dan modular untuk mengembangkan user-interface yang bagus dan cepat. Framework UIKit mudah untuk dipelajari dan digunakan untuk membangun UI web berbasis iOS dan Android.

URL: https://getuikit.com/

Demikian artikel 10 framework CSS terbaik yang mungkin bisa anda gunakan untuk pengembangan proyek website anda. Jika ada tambahan atau komentar silahkan tinggalkan komentar dibawah ini ya.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.