Cara Membuat, Menampilkan, Membuka Dan Menghapus Database MySQL

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas teori tentang database mysql, maka kali ini kita akan mulai menuju ke pembelajaran database mysql secara teknis, maka pada tahap belajar kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membuat, menampilkan, membuka dan menghapus database di mysql tentunya dengan menggunakan query.

Dari sekian banyaknya query database yang akan kita bahas maka tutorial ini adalah awal dari belajar query sql, kenapa seperti itu? karena mulai dari pembuatan database adalah yang paling utama, tidak mungkin jika ingin menyimpan data di database kita langsung melakukan pembuatan tabel tanpa membuat databasenya terlebih dahulu :p

Aturan Penulisan Nama Database

Untuk aturan penulisan nama database kali ini penulis tidak ingin membahas panjang lebar karena pada umumnya aturan tersebut sama seperti kita ingin menulis sebuah variabel. Tetapi ada baiknya dengan menggunakan huruf kecil dan dipisah dengan simbol “_” underscore (tanpa tanda kutip), misalnya seperti:

nama_database

Penulisan nama database tidak mesti sesuai dengan aplikasi yang ingin dibuat, yang terpenting adalah unik. Biasanya database akan menolak jika nama tersebut sudah dibuat sebelumnya.

Cara Membuat Database

Untuk dapat membuat database di mysql kita menggunakan perintah CREATE, pembahasan perintah sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya. Hal dasar yang perlu dipahami ketika ingin membuat database di mysql dengan perintah CREATE adalah bahwa database yang ingin dibuat tidak pernah ada sebelumnya di daftar database anda, nah untuk mencegah hal itu dengan menambahkan perintah IF NOT EXISTS, perintah tersebut berguna apabila database yang ingin dibuat sebelumnya sudah ada maka akan dihapus dan digantikan dengan nama database yang baru, misalnya:

CREATE DATABASE IF NOT EXISTS nama_database;

Namun jika sudah yakin bahwa database yang ingin dibuat ini tidak ada sebelumnya maka silahkan ketik perintah dibawah ini:

CREATE DATABASE nama_database;

Jika query diatas sudah benar maka seharusnya akan menampilkan pemberitahuan sebagai berikut:

Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut:

Baca juga:  Pengertian SQL

Cara Membuat Database Mysql

Jika sudah sesuai maka seharusnya tidak ada masalah apapun dan seharusnya database yang baru saja dibuat sudah ada di daftar database mysql anda.

Cara Menampilkan Database

Nah setelah kita membuat database, bagaimana kita tahu apakah database tersebut sudah ada atau belum, disini kita akan melakukan perintah untuk menampilkan database mysql dengan query SHOW, jika memang database mysql ini baru saja anda install maka seharusnya ada beberapa database yang padahal memang belum pernah anda buat, database tersebut adalah konfigurasi bawaan di database mysql.

Berikt ini perintah untuk menampilkan database…

SHOW DATABASES;

Jika sudah, coba lihat ada nama database yang baru saja anda buat dan ada beberapa kumpulan database yang lain, untuk lebih jelaskan seperti gambar berikut:

Cara menampilkan database

Seperti sudah dijelaskan tadi bahwa database yang anda tidak ketahui tersebut adalah konfigurasi bawaan.

Cara Membuka Database

Bagaimana sih cara kita ingin melakukan manipulasi database? anda harus membuka database mysql yang anda ingin gunakan, atau mengaktifkannya dengan cara menggunakan perintah USE, anda tidak mungkin bisa membuat tabel didalam database baru anda tanpa belum membuka database mysql tersebut, silahakan gunakan perintah sebagai berikut:

USE nama_database;

Jika sudah benar maka seharusnya menampilkan pesan “Database changed”, itu artinya anda telah menggunakan database yang baru saja dibuat, untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut:

Cara membuka database mysql

Cara Menghapus Database

Setelah perintah-perintah diatas mengenai pembuatan database, lalu bagaimana cara menghapus database tersebut? yaitu dengan menggunakan perintah DROP, perintah DROP digunakan untuk menghapus database dan seluruh informasi atau data atau record yang berada didalam database tersebut. Maka seharusnya anda berhati-hati dalam menghapus database, ikuti perintah dibawah ini:

DROP DATABASE nama_database;

Jika sudah benar, maka seharunsy pesan yang muncul sama seperti pemberitahuan pembuatan database, yaitu:

Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

Jika memang sesuai maka itu artinya database anda sudah terhapus, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Baca juga:  Tipe-tipe Tabel MySQL

Cara menghapus database

Untuk dapat memastikan apakah database anda sudah benar dihapus didalam DBMS anda silakan gunakan perintah untuk menampilkan database.