Pengertian SQL

Hal yang perlu kita ketahui sebelum memulai belajar database ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu bahasa yang digunakan dalam penulisan perintah manipulasi data pada database, disini akan kita bahas mengenai pengertian SQL. Baru tahu istilah SQL? yuk kita ulas pengertian SQL.

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk menjalankan perintah manipulasi atau mengakses data pada database. SQL biasanya disebutnya sebagai Query, apakah SQL juga bisa digunakan untuk DBMS MySQL? tentu, semua DBMS didunia menggunakan perintah yang namakan SQL, istilah ini adalah umum untuk penamaan bahasa database.

SQL ini termasuk bahasa komputer yang mengikuti standar ISO dan ANSI (American National Standard Institute), dimana pertama kali ditetap dalam IBM pada tahun 1970, standar tersebut tidak bergantung pada mesin atau komputer yang digunakan. Pada umumnya semua perangkat lunak atau software database (DBMS) ini mengerti SQL atau mengenal SQL, sehingga perintah pada setiap perangkat lunak database hampir memiliki perintah yang sama.

Pada umumnya terdapat 3 (tiga) jenis perintah SQL yang bisa digunakan oleh SQL, yaitu: DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language). Berikut ini penjelasan dan daftar masing-masing perintah SQL tersebut:

DDL atau Data Definition Language

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain :

  • CREATE
    Seperti namanya, perintah create digunakan untuk membuat sesuatu, dalam hal ini adalah database dan table.
  • ALTER
    Perintah alter digunakan untuk merubah struktur atau mengubah informasi. Perintah alter bisa digunakan untuk database ataupun table.
  • RENAME
    Perintah rename biasanya digunakan untuk mengubah nama table, apabila sebuah table ingin diganti namanya.
  • DROP
    Perintah drop digunakan untuk menghapus, maka apabila menggunakan perintah ini harus berhati-hati karena drop dapat mengakses database, tabel, kolom, index, procedure dan yang lainnya.
Baca juga:  Pengertian Database

DML atau Data Manipulation Language

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain:

  • SELECT
    Perintah select digunakan untuk menampilkan data-data yang ada didalam tabel pada suatu database.
  • INSERT
    Perintah insert digunakan untuk menambahkan data pada tabel yang terdapat didalam database.
  • UPDATE
    Update digunakan untuk mengubah data, atau memodifikasi data yang terdapat didalam tabel.
  • DELETE
    Perintah delete digunakan untuk menghapus data atau record didalam table.

DCL atau Data Control Language

DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

  • GRANT
    Perintah grant digunakan untuk memberikan hak akses atau izin pada user di database untuk dapat mengakses database tersebut. Selain itu perintah grant juga dapat digunakan untuk menambahkan user atau pengguna baru di DBMS.
  • REVOKE
    Perintah revoke adalah kebalikan dari perintah grant, perintah revoke digunakan untuk menghapus atau atau mencabut izin hak akses.

Penjelasan diatas hanya sebatas sebagian pengertian SQL dan perintah-perintah yang umumnya digunakan dalam mengakses atau memanipulasi database. Tulisan ini bisa digunakan sebagai bayangan apabila kita ingin belajar query database.