Pengertian MySQL

Selanjutnya dalam tutorial mengenai database mysql ini kita harus tau dulu apa sebenarnya pengertian mysql, jika pada pembahasa pengertian database sebelumya hanya disampai secara singkat, maka kali ini akan dibahas secara menyeluruh.

Pertama ingin saya sampaikan bahwa database yang kita gunakan adalah yang paling banyak dipakai para web developer didunia, meski tidak menutup kemungkinan dalam lapangan ada beberapa yang menggunakan selain mysql, tetapi tidak apa, bahasanya tetapi tidak jauh berbeda. Berikut ini pengertian MySQL:

Pengertian MySQL

Pengertian MySQL: mysql merupakan perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau dalam bahasa inggris disebut database management system (DBMS) yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi diseluruh dunia.

Lisensi MySQL dibawah GPL (General Public License) sehingga memungkin para pengembang dapat secara bebas menggunakan mysql ini. Meski begitu pihak mysql masih memberi batasan untuk penggunaan yang bersifat komersial.

Dalam dunia pemrograman web php, kesinambungan PHP dengan MySQL dapat mempermudah pengembangan aplikasi perangkat lunak berbasis web secara gratis dan stabil, dikarenakan banyak yang berperan aktif untuk melakukan penutupan bug yang terjadi.

Untuk dapat mengoperasikan mysql untuk melakukan manajemen data dibutuhkan keahlian menguasai bahasa SQL atau Structured Query Language. SQL sendiri merupakan konsep pengoprasian basisdata terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoprasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Kelebihan MySQL

Seperti awal dikatakan bahwa mysql sebagai database yang memiliki kemampuan sangat baik dalam pengolahan data, pengembang mysql seperti memberikan para pelaku dunia basisdata hadiah yang besar dengan menyatakan lisensi dibawah naungan GPL (General Public License), sehingga perangkat lunak berkualitas ini tidak dikenakan biaya apapun untuk mengoperasikannya (kecuali akses internet untuk download), itulah yang menjadi jadi dasar bagaimana mysql ini banyak diminati.

Baca juga:  Cara Merancang Database

Selain itu mysql dapat di integrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti .Net, Java, Python, Perl, PHP dan lainnya, selain itu keistimewaan mysql adalah dapat berjalan pada komputer pesifikasi yang rendah karena hemat resource memori sehingga mudah digunakan untuk bahan pembelajaran.

Kekurangan MySQL

Jika kita berbicara kelebihan tetapi tidak ada kekurangan rasanya tidak adil. Lalu apa kekurangan mysql dari sekian banyak fitur yang ditawarkan tersebut? hal yang paling fatal sejauh ini adalah masalah Big Data atau data dengan skala besar, karena ada beberapa “opini” yang pro dan kontra terhadap kemampuan mysql terhadap pengolahan data besar.

Tetapi sejauh penulis mengembangan berbagai aplikasi sistem berbasis web dengan menggunakan mysql ini, tidak terjadi masalah serius dalam menangani database yang memiliki data besar.

Sebenarnya apa yang menjadi MySQL begitu istimewa adalah kita benar-benar bebas memperlalukan mysql seperti apa yang kita mau, misalkan jika mysql tidak sesuai atau tidak mendukung kinerja perangkat lunak yang sedang kita kembangkan maka jika mampu mysql sendiri memperbolehkan kode sumber nya di modifikasi.

Selain perangkat lunak sumber terbuka dan bebas mysql sendiri menyediakan fitur premiumnya yang, untuk mendapatkan versi komersial anda dapat membelinya melalui Orace selaku pengembang MySQL ini.