Pengenalan JavaScript

Sebelum dimulai mari kita awali dengan pengenalan javascript, pengertian javascript saat ini javascript adalah bahasa pemrograman yang termasuk sangat populer di dunia, salah satu bahasa pemrograman web yang paling berpengaruh dengan perkembangan web modern yang banyak digunakan oleh situs-situs besar di dunia seperti Facebook, Youtube, dan lain sebagainya, dimana javascript turut andil besar menangani halaman mereka.

Tutorial kali ini kita akan sedikit membahas pengenalan javascript agar kita lebih mudah dan paham apa itu javascript dan bagaimana cara kerjanya.

Javascript sendiri adalah bahasa pemrograman yang bersifat client-side, atau berjalan di sisi klien, dimana proses yang terjadi atau yang diolah berada di sisi client melalui peramban seperti Google Chrome, Firefox, Safari Browser, dan lain-lain.

Mengapa Kita Perlu Belajar JavaScript?

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman web yang wajib dikuasai oleh web developer.

  • HTML untuk mendefinisikan halaman web.
  • CSS untuk mengatur tata letak dan gaya.
  • JavaScript untuk menangani perilaku halaman web.
  • PHP untuk menangani web dinamis.

Selain menjadi bahasa pemrograman web, saat ini javascript sudah mendukung beberapa pembuatan aplikasi telepon pintar, dan banyak lagi bisa dimanfaatkan jika kita menguasai javascript.

Seberapa Penting JavaScript Untuk Dipelajari?

Tidak bisa dipungkiri, javascript termasuk bahasa pemrograman yang sulit dipelajari sehingga banyak calon developer kesulitan mempelajari javascript.

Bayangkan apabila di tengah-tengah perkembangan web modern ini kita membuat website tanpa menggunakan javascript, apa jadinya? hal yang paling dasar adalah tidak ada menu dropdown, popup, dan lain-lain yang kesemuanya itu adalah hasil dari javascript.

Javascript menjadi salah satu bahasa pemrograman web yang paling cepat mengalami perkembangan, dan banyak sekali framework javascript yang bisa gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sebagai web developer, sehingga kata “sulit” dalam mempelajari javascript saat ini tidak relevan lagi.

Di dalam tutorial ini akan membahas tutorial javascript yang sangat dasar dan semoga mudah dimengerti, manfaatnya adalah apabila kita ingin memulai menjadi web programmer maka bahasa yang harus di kuasai adalah HTML, CSS, PHP, dan tentunya JavaScript, tentunya belajar javascript dasar dipermulaan akan berdampak besar dikemudian hari, kerena kita mengetahui proses-proses di bisa dilakukan secara detail dan terbuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.