Cara Merancang Database

Hal yang paling penting dilakukan untuk menciptakan data yang baik dan konsisten maka perlu merancang database dengan tepat, sebelum kita mulai pelajari query database tidak adil rasanya jika penulis tidak menerangkan bagaimana cara merancang database. Banyak sekali para pembuat sistem yang mengabaikan hal-hal yang penting ini, yang pada akhirnya akan menimbulkan kesalahan yang fatal.

Dalam tutorial ini penulis akan mencoba menerangkan bagaimana cara merancang database yang tepat sehingga dapat menciptakan struktur database yang fleksibel terhadap data, meksi dalam tutorial ini penulis anggap masih banyak kekurangan tapi setidaknya dapat meminimalisir angka kesalahan dalam merancang database, sebab data adalah aset, dan aset harus dilindungi, oleh karena itu tidak boleh semaunya kita dalam perancangan struktur database.

Sebenarnya merancang database sangat mudah, tujuannya adalah agar mempermudah pekerjaan kita nantinya. Perancangan database adalah proses untuk menentukan dan pengaturan data yang dibutuhkan untuk mendukung rancangan sistem, agar teciptanya pemrosesan data yang lebih efisien.

Aturan Dasar Dalam Merancang Database

Umpamanya adalah ketika kita ingin meraih sesuatu, maka kita harus ikuti aturan main hal tersebut, begitupun dalam menciptakan struktur database yang baik, maka perlu diperhatikan aturan-aturan tersebut, berikut ini adalah yang perlu diperhatikan dalam merancang database:

  1. Tabel dalam database tidak boleh mengandung data ganda atau tidak boleh terjadi redudancy data.
  2. Setiap tabel dalam database harus memiliki kolom yang unik, kolom unik ini nantinya akan menjadi kunci utama pada setiap tabel didalam database (primary key)
  3. Merancang database hendaknya memperhatikan apakah rancangan dapat menampung data sesuai yang dibutuhkan.
  4. Dapat dikembangkan dengan mudah.
  5. Memenuhi kebutuhan sistem, sehingga sistem tersebut dapat dikembangkan dengan mudah.

Dari aturan diatas maka hasil yang diharapkan ketika melakukan perancangan database adalah akan mendukung pengoperasian-pengoperasian dan tujuan organisasi, berikut ini tujuan dari perancangan database:

  • Untuk menyajikan data dan hubungan antar data yang diperlukan oleh pemakai dan aplikasi.
  • Untuk mempermudah pemahaman informasi.
  • Untuk melengkapi model data yang mendukung transaksi-transaksi yang diperlukan.
  • Untuk mendukung proses permintaan seperti waktu respon, waktu proses dan tempat penyimpanan.
Baca juga:  Menampilkan Data Dengan Perintah Select

Aturan Penamaan Indentifier

Ada beberapa aturan yang perlu diperhatiakan dalam pembuatan sebuah database, table, dan field, yaitu penamaan identifier.

  1. Penamaan identifier (database, table, field) di MySQL bersifat case-sensitive. Penamaan identifier hendaknya konsisten untuk semua table dalam suatu database. Dapat dengan menggunakan model lower-case, UPPER-CASE, camelCase dll.
  2. Nama database, table, dan field maksimal 64 karakter.
  3. Hindahari karakter khusus, karena dapat bermasalah didalam sistem operasi yang lain.
  4. Pilih nama field atau kolom yang mencerminkan isi dari data yang disimpan.

Teknik Dasar Merancang Database

Inti dari perancangan database adalah bagaimana menghasilkan rancangan database yang baik, maksudnya baik dalam segi kemudahan, pengembangan dan berkelanjutan, sehingga dapat digunakan dengan jangka waktu yang panjang.

Perlunya merancang database secara konseptual agar mudah dipahami secara visual, teks, atau pun secara hierarki. Pada perancangan konseptual, digunakan beberapa konsep relasional namun tidak berarti konsep ini harus diimplementasikan menggunakan model relasional saja, tetapi dapat juga digunakan dengan model lainnya.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan perancangan database, misalkan seperti MySQL Workbench, aplikasi sangat bagus, seperti gratis dan bisa digunakan siapa saja. Contoh hasil perancangan menggunakan MySQL Workbench dengan konsep database jadwal Matakuliah.

merancang database

Rancangan tabel diatas terlihat sangat mudah dipahami, bagaimana sebuah tabel dapat dibentuk nantinya sesuai dengan rancangan yang telah dibuat, proses perancangan ini biasanya memang membutuhkan waktu yang lama, karna ini adalah tahap membangun, dibutuhkan keteletian agar tabel bisa sangat efisien dalam segala hal.

Untuk download aplikasi mysql workbench klik link diatas, penggunaan mysql workbench bisa di liat di youtube jika ingin mudah dipahami yaitu dengan bentuk video.