Menggunakan Perintah SELECT Di MySQL Tanpa Table

Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menggunakan perintah SELECT di MySQL tanpa mereferensikan table apapun, jadi benar-benar murni data yang akan ditampilkan adalah data statis atau data “hard-code”.

Berikut ini adalah bagaimana perintah SELECT digunakan di MySQL.

SELECT expression

expression pada perintah diatas adalah sebuah “data”, entah itu proses perhitungan matematik, tanggal, atau bahkan string.

Baca juga: Menampilkan Data Dari Table Dengan MySQL SELECT FROM

Pada dasarnya untuk memanipulasi data menggunakan perintah SELECT ini tidak melulu harus menggunakan table dengan keyword FROM, anda dapat melakukan perintah apapun dengan SELECT. Sebagai contoh perintah dibawah ini adalah untuk melakukan perhitungan matematika dasar.

SELECT 1+1

Kueri diatas akan menampilkan hasil seperti gambar dibawah ini.

MySQL SELECT matematika dasar

Selain itu ada begitu banyak fungsi yang bisa kita pakai, dimana fungsi-fungsi tersebut sudah ada di MySQL itu sendiri atau sering disebut juga built-in function, misalnya seperti string, tanggal, dan fungsi matematika. Kesemua fungsi-fungsi tersebut bisa kita panggil dengan perintah SELECT.

Contoh seperti perintah kueri dibawah ini memanggil tanggal hari ini.

SELECT NOW()

Perintah diatas akan menampilkan hasil seperti pada gambar dibawah ini.

MySQL SELECT tanggal sekarang

Fungsi built-in NOW() di MySQL akan memanggil tanggal lengkap dengan jam hari ini, berdasarkan waktu ketika anda menggunakannya, sesuai dengan zona waktu yang telah ditetapkan pada komputer yang menjalankan perintah tersebut.

Selain fungsi diatas, ada juga fungsi yang membutuhkan parameter didalamnya, fungsi tersebut akan memberikan nilai keluaran berdasarkan kegunaannya masing-masing, sebagai contoh fungsi CONCAT() yang digunakan untuk menggabungkan string.

Berikut ini contoh penggunaan fungsi CONCAT() di MySQL.

SELECT CONCAT('Bahasa',' ','Web')Code language: JavaScript (javascript)

Perintah diatas akan menampilkan nilai sebagai berikut.

MySQL CONCAT()

Fungsi CONCAT() adalah untuk menggabungkan string dengan koma sebagai pemisah antara satu kata dengan kata yang lainnya, seperti pada contoh perintah diatas.

Menggunakan dummy table

Sewaktu-waktu mungkin anda ingin menggunakan keyword FROM tapi tidak ingin mereferensikan table apapun, atau tidak ingin terkait dengan data dari table manapun, anda dapat menggunakan table dual, contoh seperti dibawah ini.

select 'Bahasaweb.com' from dualCode language: JavaScript (javascript)

Table dual seperti perintah diatas adalah table dummy, yang tidak terkait dengan table manapun di database anda, dan bisa anda gunakan kapan saja, termasuk untuk membuat penggabungan dan lain sebagainya.

Menggunakan kolom alias

Kolom alias digunakan untuk memudah pengambilan data, karena jika data hasil proses matematika tentunya tidak memiliki nama kolom, dan ini akan sangat sulit mengambilan data pada bahasa pemrograman seperti PHP misalnya.

Solusinya ada lah kolom alias, atau pembuatan nama secara langsung saat kueri di eksekusi, berikut ini cara penulisannya.

SELECT expression AS nama_kolom_aliasCode language: PHP (php)

atau

SELECT expression nama_kolom_alias

Anda dapat menggunakan keyword AS atau langsung saat proses penunjukan kolom setelah nama kolom dipanggil, seperti contoh diatas.

Sebagai contoh perintah dibawah ini.

select CONCAT('Bahasa',' ', 'Web') as titleCode language: JavaScript (javascript)

Perintah kueri diatas akan menampilkan data seperti gambar dibawah ini.

Column alias mysql

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.