Menambahkan Data Dengan Perintah Insert

Setelah paham cara membuat sampai menghapus sebuah tabel di database mysql kali ini kita akan menambahkan data dengan perintah insert. Di database sebuah data bisa juga disebut sebagai record (rekaman) itu karena ada sesuatu yang tersimpan didalamnya yang dapat dimanipulasi sesuai dengan keinginan pengembang.

Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menambahkan data dengan perintah insert ini, namun pada dasarnya semua metode tersebut sama saja, yaitu yang dapat melakukan proses insert data.

Yang perlu diketahui sebelumnya adalah tentang kemampuan mysql ini yang mampu menangani data dengan skala besar, dengan jumlah records atau data lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris data, selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya. Terlebih lagi lisensi mysql adalah opensource sehingga hal ini dapat memungkinkan anda dapat lebih meningkatkan performa mysql ini jika anda mampu melakukan pengembangan mysql.

Cara Menambahkan Data Dengan Perintah Insert

Seperti awal dikatakan, metode untuk menambahkan data dengan perintah insert dapat dilakukan dengan beberapa metode dimana metode-metode tersebut memiliki proses yang sebenarnya sama saja, hal tersebut akan kita bahas satu-persatu.

Namun untuk metode yang lain penulis tidak dapat menjelaskan secara detail, sebab dimaksudkan agar anda dapat bereksplorasi sendiri karena query umum yang akan kita gunakan nantinya sudah dapat mewakili metode yang lainnya.

Berikut ini adalah bentuk umum cara menambahkan data dengan perintah insert query mysql yang biasa digunakan oleh penulis:

INSERT INTO nama_tabel VALUES ('data_field_1', 'data_field_2', 'data_field_3', '.....');

…atau dalam bentuk spesifik.

INSERT INTO nama_tabel (field_1, field_2, field_3, ...) VALUES ('data_field_1', 'data_field_2', 'data_field_3', '...');

Juga dapat dengan menggunakan perintah SET.

INSERT INTO nama_tabel SET field_1='data_field_1', field_2='data_field_2', field_3='data_field_3', ...;

Sebagai contoh kita akan memasukan data ke tabel pelanggan, yang pada tutorial sebelumnya sudah dibuat, berikut ini perintah untuk menambahkan data ke tabel pelanggan:

INSERT INTO pelanggan VALUES ('P0001', 'Aris Munandar', 'Jl. Raya Indonesia Indah', '08595958585', 'you@email.com');

… atau dengan field spesifik.

INSERT INTO pelanggan (id_pelanggan, nama_pelanggan) VALUES ('P0001', 'Aris Munandar');

Maksudnya spesifik adalah anda dapat menentukan field atau kolom mana saja yang ingin dan tidak ingin anda masukan record atau data. Seperti contoh diatas, saya hanya menambahkan data dengan insert ke field atau kolom id_pelanggan dan nama_pelanggan.

Baca juga:  Cara Membuat, Menampilkan, Membuka Dan Menghapus Database MySQL

Setelah query diatas di eksekusi seharusnya muncul pemberitahuan seperti dibawah ini:

Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

Pemberitahuan tersebut menunjukan bahwa query berhasil dan data sudah masuk ke dalam database, selanjutnya adalah untuk menampilkan data tersebut.