Membuat Variable Pada JavaScript

Membuat variable pada javascript umumnya sama dengan bahasa pemrograman lain, akan tetapi caranya yang berbeda. Dalam setiap bahasa pemrograman tentunya variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai, fungsinya agar kita tidak selalu berulang menulis nilai apalagi yang sifatnya dinamis.

Didalam tutorial ini akan dibahas bagaimana cara membuat variable pada javascript, hal yang pertama yang perlu kita ingat bahwa javascript adalah Case-Sensitive, sehingga penulisan variabel tidak boleh berbeda antara huruf besar dan huruf kecil, karna akan menghasilkan variabel yang berbeda.

Cara Penulisan Variable Pada Javascript

JavaScript memiliki beberapa cara penulisan variable dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita berdasarkan efesiensi penulisan kode program.

Penulis menyarankan agar menggunakan variabel yang mudah dibaca agar program yang kita buat bisa berkelanjutan, tentunya dipengembangan berikutnya akan lebih mudah.

Berikut ini adalah cara penulisan variable pada javascript..

var variable1 = 5;
var variable2 = 7;
var variable3 = variable1 + variable2;

Pada contoh di atas maka bisa di simpulkan.

  • variable1 menyimpan nilai 5
  • variable2 menyimpan nilai 7
  • dan variable3 akan menghasilkan nilai 12 karena ada proses tambah antara variable 1 dan variable2

Contoh diatas apabila kita ingin mendeklarasikan variable dengan nilai yang ditetapkan, ada cara lain apabila kita hanya ingin mendeklarasikan variable, sebagai contoh.

var variable1;
var variable2;
var variable3;

atau bisa juga di gabungkan menjadi satu dengan koma sebagai pemisah antara variable satu dengan variable yang lainnya.

var variable1, variable2, variable3;

Cara kedua di atas sama saja hanya saja yang pertama kita perlu menulis var berulang kali.

Selain menggunakan var anda juga bisa menggunakan let dan const, apa perbedaannya dan kelebihannya dari var? mari kita lihat tabel di bawah ini.

Redeclare Hoisting Block Scope Create Global Props
Var x
Let x x x
Const x x x

Penggunaan pada let sama dengan var, akan tetapi fungsi const sedikit berbeda, const digunakan untuk nilai yang bersifat statis, atau tidak berubah-ubah.

Sebelum ada ES6, penulisa variable hanya menggunakan var, tidak ada let. Kekurang dari var ialah jika ada duplikat variable maka var tidak akan mengeluarkan pesan error, hal ini tentu saja akan menjadi masalah jika terjadi ketidaksengajaan pada variable yang sama dengan ekspektasi yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.