Cara Install Database MySQL

Setelah kita mengulas secara teori mulai dari pengertian, database dan mysql, kali ini kita akan melakukan install database mysql. Namun, Jika sebelumnya di komputer anda telah terpasang xampp, maka tutorial ini bisa di lewatkan, karena perangkat lunak xampp sudah satu paket dengan database mysql, sehingga tutorial install database mysql tidak berlaku.

Seperti yang kita ketahui bahwa database mysql ini sudah diakuisisi oleh oracle, sehingga perkembangannya secara penuh dipegang oleh sun microsystem, ketika saya menulis artikel ini sebenarnya saya agak kaget dengan tampilan installasi yang baru, tapi sebenarnya proses install database mysql ini sama saja hanya interface yang berbeda. Mari kita mulai install database mysql, tutorial ini disertai dengan gambar dari awal hingga akhir, agar memudahkan pembaca.

Persiapan Install Database MySQL

Silahkan download terlebih dahulu software nya di: dev.mysql.com/downloads/mysql, didalam tutorial ini menggunakan MySQL versi 5.7.16.0 community silahkan download versi terakhir atau versi yang terbaru dan simpan di komputer anda pastikan arsitektur prosesor disesuaikan dengan prosesor anda, kita tidak menggunakan versi enterprise karna versi tersebut berbayar, sedangkan kita tidak membutuhkannya sekarang ini kecuali memang untuk perusahaan besar.

Biasanya perbedaan versi gratis dan berbayar pada perangkat lunak yang mendasar adalah penyedia akan terus melakukan support update versi terbaru dan bug fixing.

Pastikan anda telah menyimpan source MySQL pada komputer anda, lalu ikut tutorial install database mysql di bawah ini (lengkap dengan gambar).

Cara Install Database MySQL

Pastikan anda telah menyimpan source MySQL pada komputer anda, lalu jalankan file mysql-installer-community-5.7.16.0.msi yang ada di folder tempat anda menyimpan hasil download source mysql tadi.

Install database MySQL

Setelah itu akan muncul dialog keterangan Windows Configures MySQL Installer, tunggu sampai proses loading ini selesai.

Baca juga:  Cara Membuat Table Di Database MySQL

Install database MySQL

Seperti pada umumnya kita menginstall aplikasi, akan muncul tampilan License Agreement, silahkan centang checkbox I Accept the license terms lalu klik Next.

Install database MySQL

Lalu akan muncul tampilan Choosing a Setup Type, disini ada beberapa opsi pilihan proses installasi, yaitu:

  1. Developer Default
  2. Server Only
  3. Client Only
  4. Full
  5. Custom

Penulis tidak dapat menjelaskan masing-masing opsi, namun perbedaan yang mendasar dari masing-masing opsi adalah program apa saja yang ingin di install didalamnya, tapi yang pasti kita pilih Server Only, karna memang yang kita butuhkan adalah MySQL Server, tidak perlu yang lain. Silahkan Klik Server Only lalu klik Next.

Install database MySQL

Selanjutkan akan muncul daftar program apa saja yang kita akan pasang di komputer kita, karna pada sebelumnya kita hanya akan install database mysql server saja maka yang muncul hanya satu saja, yaitu MySQL Server. Setelah itu klik Execute.

Install database MySQL

Maka Proses Install Database MySQL berjalan, jika ingin melihat detail proses install database mysql silahkan klik tombol Show details, seperti gambar dibawah ini.

Install database MySQL

Setelah itu akan tampil keterangan bahwa proses intall database mysql telah complete pada bagian status dan pada bagian detail proses install database mysql akan muncul fitur apa saja didalamnya, lalu klik Next.

Install database MySQL

Sampai disini akan muncul daftar konfigurasi mysql, karna awal kita memilih Server Only, jadi yang muncul hanya pengaturan konfigurasi Mysql, Klik Next.

Install database MySQL

Lalu kita akan dibawa ke bagaian konfigurasi awal, yaitu Type and networking, untuk detail konfigurasi silahkan anda samakan dengan dibawah ini, setelah itu jika telah sesuai klik Next.

  • Config Type: Development Machine
  • Centang TCP/IP
  • Masukan Port Number: 3306
  • Centang Open Firewall Port for network access
  • Kosongkan bagian yang lain
Baca juga:  Cara Mengubah Struktur Dan Menghapus Tabel Database MySQL

Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.

Install database MySQL

Setelah itu akan muncul bagian Konfigurasi Accounts and Roles, pada bagian ini penulis tidak tahu apakah kolom password bisa dikosongkan atau tidak, namun penulis mengisi password “admin” tanpa tanda kutip, silahkan anda sesuaikan.

Untuk dibagian bawah dilewatkan saja, kecuali jika ingin menambah pengguna di MySQL yang anda install di komputer anda ini, jika telah selesai silahkan klik Next.

Install database MySQL

Setelah itu akan muncul bagian konfigurasi Windows Service, pada konfigurasi ini yang akan menangani proses stratup program MySQL ini, sehingga apabila komputer baru saja diaktifkan maka secara otomatis MySQL dapat langsung digunakan tanpa perlu di aktifkan terlebih dahulu, silahkan ikuti pengaturan dibawah ini, jika telah selesai klik Next.

  • Centang Configure MySQL Server as a Windows Service
  • Pada kolom Windows Service Name silahkan isi sesuai keinginan, namun penulis membiarkan secara default atau bawaan, ini hanya masalah penamaan service saja.
  • Lalu centang pada Start the MySQL Server at System Startup.
  • Lalu pilih Standard System Account.

Untuk lebih jelaskan silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Install database MySQL

Setelah itu akan dibawa kebagian Plugins and Extension, pada konfigurasi ini, penulis membiarkan semuanya dikosongkan. Lalu klik Next.

Install database MySQL

Sampai disini semua konfigurasi akan dijalankan secara otomatis dan akan terlihat apa saja yang akan dikonfigurasi oleh system, dibagian ini semua akan berjalan dengan otomatis, anda hanya tinggal klik tombol Execute saja.

Install database MySQL

Jika seluruh daftar konfigurasi telah selesai semua, maka daftar itu akan secara otomatis satu persatu muncul icon ceklis warna hijau, icon itu menunjukan bahwa masing-masing konfigurasi telah selesai. Lalu klik Finish.

Install database MySQL

Setelah itu kita akan dikembalikan lagi ke bagian Product Configuration, namun bedanya kali ini adalah daftar keterangan modul apa saja yang telah selesai di konfigurasi, karna pada awal kita hanya memilih Server Only, maka yang muncul hanya daftar source MySQL Server. Lalu Klik Next.

Baca juga:  Teknik Normalisasi Database

Install database MySQL

Terakhir akan muncul keterangan Installation Complete, dibagian ini ada tombol Copy Log to Clipboard, tombol ini berfungsi untuk meng-copy seluruh keterangan Log Proses Installasi, biarkan saja tombol tersebut. Silahkan Klik Finish.

Install database MySQL

Sampai disini proses install database mysql telah selesai, namun untuk dapat memastikannya silahkan klik tombol start jika anda menggunakan windows 7 atau windows 10, namun jika menggunakan windows 8, silahkan anda cari melalui kolom pencarian pada bagian kanan layar.

Install database MySQL

Jika sudah klik start, klik All Programs -> MySQL -> MySQL 5.7 lalu pilih MySQL 5.7 Command Line Client, maka akan muncul Commpand Promp, dan anda ditanya password, silahkan masukan Password yang sebelumnya telah ditentukan pada bagian konfigurasi MySQL.

Install database MySQL

Jika sudah masuk, silahkan ketikan perintah berikut ini:

SHOW DATABASES;

Lalu klik enter, maka akan muncul sejumlah database, seperti tampilan dibawah ini.

Install database MySQL

Dari tampilan di atas adalah daftar database bawaan pada MySQL, database tersebut adalah konfigurasi MySQL itu sendiri, untuk keluar silahkan ketikan perintah dibawah ini.

QUIT;

Maka command promp akan keluar dengan sendirinya, untuk tutorial penggunaan query MySQL akan dibahas pada tutorial selanjutnya, tutorial penggunaan query MySQL akan menggunakan command line sepenuhnya, namun anda masih dapat menggunakan software GUI untuk mengolah database atau dapat mengikuti tutorial penggunaan query MySQL, namun jika untuk belajar awal, disarankan menggunakan command line dengan mengikuti tutorial selanjutnya.