10 Tools Untuk Membuat Prototype Desain Website

Pada artikel ini kita akan membahas tools terbaik untuk membuat prototype untuk desain website, meskipun pada dasarnya tidak hanya untuk membuat web, prototype juga berlaku dalam semua hal yang menyangkut perencanaan apapun sebelum benar-benar “nyata”.

Dengan bantuan tools prototype memungkinkan seorang membuat atau membentuk gambaran secara visual, misalnya elemen navigasi, dan interaksi didalamnya, yang nantinya akan membentuk representasi yang solid tentang bagaimana desain berperilaku dan digunakan sebelum benar-benar di implementasikan.

Dengan prototype seorang desainer UI/UX, termasuk juga developer berkesempatan untuk mencoba berbagai hal dan menyempurnakannya sebelum benar-benar masuk ke fase pengembangan nyata, hal ini dapat meminimalisir kesalahan komunikasi dengan client anda, dan mempermudah pengambilan keputusan, bagaimana semua elemen ide akan berfungsi didalamnya.

Baca juga: Font Awesome 6 Resmi Diluncurkan! Berikut ini fitur terbarunya

Maka dari itu kami merangkum beberapa alat atau tools terbaik untuk membuat prototype desain website dengan harapan anda dapat menggunaannya sebelum memulai ke fase pengembangan.

Berikut ini adalah detail dari 10 tools terbaik untuk membuat prototype desain website.

Figma

Figma

Figma adalah tools all-in-one yang membuat kolaborasi dan aksesibilitas menjadi mudah antara desain UI/UX, developer atau pengembang, dan bagi siapapun yang berada didalam tim, didukung dengan platform cloud-host berbasis web browser, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

URL: https://www.figma.com/

Adobe XD

Adobe XD

Adobe XD menawarkan sistem berbasis vektor untuk membuat prototype, termasuk tools untuk membuat interaksi, transisi, dan tipe-tipe fungsional dinamis lainnya.

URL: https://www.adobe.com/products/xd.html

Sketch

Sketch

Banyak yang menganggap Sketch digunakan sebagai “standar” industri dalam hal wireframe dan prototype, dikarenakan banyak fitur UI yang menarik dan user-friendly, kedua hal tersebut hanya beberapa alasan dari berbagai keunggulan lainnya yang membuat desainer memilihnya.

URL: https://www.sketch.com/

InVision Studio

InVision Studio

InVision Studio memiliki begitu banyak fitur yang bagus, termasuk alat untuk menggambar vektor yang mudah, komponen berulang yang dapat diubah, dan tentunya alat untuk membuat efek animasi dan efek visual dinamis lainnya.

URL: https://www.invisionapp.com/

Justinmind

Justinmind

Justinmind hadi dengan berbagai pustaka desain dan template UI, serta begitu banyak fitur praktis lainnya yang dapat anda gunakan. Termasuk juga memungkinkan anda membuat logika kondisi, memungkinkan pengujian, memiliki manajemen tim, dan masih banyak lagi.

URL: https://www.justinmind.com/

Origami Studio

Origami Studio

Origami Studio adalah alat prototype yang kuat khususnya untuk situs web dan mobile apps. Memiliki patch editor yang memungkinkan anda membangun logika, perilaku, animasi, dan interaksi.

URL: https://origami.design/

Axure

Axure

Axure memungkinkan anda untuk membuat prototype situs web dan juga aplikasi interaktif dengan berbagai resolusi. Axure memiliki alat dokumentasi yang komprehensif, yang membuat aset penting tetap terorganisir dan mudah diakses.

URL: https://www.axure.com/

Framer

Farmer App

Dengan Framer, anda dapat membuat prototype yang berfungsi sepenuhnya, misalnya mulai dari menghubungkan halaman satu dengan yang lainnya, hingga membuat efek 3D. Anda akan diberikan semua akses termasuk live maps, UI kit dan media player.

URL: https://www.framer.com/

Marvel

Marvel App

Degan Marvel anda dapat membuat mockup statis menjadi interaktif dengan transisi dinamis, dan gerakan untuk menghidupkan prototype, yang akan memberikan pengalaman pengguna nyata kepada siapapun yang menguji desain anda.

URL: https://marvelapp.com/

Balsamiq

Balsamiq

Balsamiq berbeda dari yang lain yang telah diulas diatas. Ini adalah tools wireframe sederhana, tidak dirancang khusus untuk prototype, namun ini adalah tools yang bagus untuk membuat mockup wireframe situs website.

URL: https://balsamiq.com/

Demikian artikel ini, daftar tools diatas dapat anda pelajari salah satunya, pilih yang paling populer atau banyak digunakan sebagai standar, dan yang mudah bagi anda.

Dari 10 tools untuk membuat prototype website diatas, manakah yang anda gunakan?

Komentar

Selamat, anda berkesempatan menjadi komentator pertama di artikel ini. Punya pertanyaan atau saran? Silahkan tinggalkan komentar untuk memulai diskusi.
Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan, dan informasi anda TIDAK akan dipublikasikan. Harap JANGAN gunakan kata kunci di kolom nama. Mari kita buat diskusi yang menarik dan bermakna.

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.