Pengertian Selector Css

Jika pada tahap sebelumnya kita telah membahas cara memasukan kode css ke dalam html, kali kita akan membahas pengertian selector, tiap bahasa tentu memiliki aturan-aturannya sendiri, aturan tersebut biasanya menandakan sebuah syntax dari identitas bahasa pemrograman tersebut,

Dalam aturan-aturan penulisan kode pemrograman tentunya harus kita patuhi, karena apabila tidak maka akan terjadi error atau paling tidak kode yang sudah ditulis ditidak akan bekerja sama sekali karena kesalahan aturan dasar dalam bahasa pemrograman.

Didalam tutorial ini kita akan membahas aturan yang bertujuan untuk pengertian selector, tutorial ini sangat penting untuk pemula, karena dari sini bisa di eksplorasi lebih jauh untuk mengembangkan kemampuan.

Pengertian Selector CSS

Selector adalah sebuah tag html yang digunakan pada css agar element tersebut dapat dimanipulasi atau ditambahkan gaya pada css, selector dapat berupa tag html itu sendiri, atau bisa juga berupa nilai dari atribut class atau id pada tag html.

Didalam selector terdapat dua bagian penting yang perlu dipahami, bagian tersebut adalah property dan value, antara kedua bagian tersebut adalah inti dari css, bagaimana sebuah element html memiliki gaya desain yang menarik, untuk dapat melakukan hal tersebut diatur oleh property dan value.

Apa itu Property…?

Property adalah jenis gaya, atau nama gaya untuk menentukan style pada tag html, dengan property lah sebuah tag html dapat diubah menjadi sifat css, misalnya seperti menambahkan color, background, text-align dan lain sebagainya. Banyak sekali property yang bisa digunakan untuk memanipulasi element html agar desain web lebih menarik.

Lalu, pengertian Value…?

Value jika dibahasa indonesiakan artinya adalah nilai, ya.. sama saja seperti di css, value berfungsi untuk menentukan nilai dari property pada saat mendekrasi css, misalkan property color, maka value yang harus diberikan adalah nama warna, dapat rupa nama warnanya langsung atau juga berupa kode hexa. Contohnya sebagai berikut:

selector { property: value; }

Dari keterangan diatas seharusnya dapat mudah dipahami, namun penulis sudah menyiapkan gambar untuk memperjelas maksud dari keterangan tersebut, yaitu tentang pengertian selector, property dan value. Berikut ini gambarnya..

Baca juga:  Penerapan Properti Background Pada CSS

Memahami Selector dan Cara Penulisan CSS

Gambar diatas seharunya sudah lebih memperjelas keternangan sebelumnya, jadi bisa dipastikan belajar css seharusnya sangat mudah.