Jenis-jenis Satuan Ukuran Pada CSS

Artikel ini adalah salah satu dasar yang penting yang harus lebih awal diketahui yaitu jenis-jenis satuan ukuran pada css, mengapa satuan ukuran ini penting? dalam setiap dokumen tentunya kita perlu memahami panjang dan lebar yang kita inginkan agar isi dari dokumen tersebut dapat sesuai dengan yang kita inginkan.

Banyak yang bisa digunakan oleh jenis-jenis satuan ukuran pada css ini, seperti mengatur lebar dan tinggi, ukuran font, margin, padding dan lain sebagainya. Tapi yang perlu diketahui ada banyak satuan ukuran pada css ini, meski yang sering digunakan adalah % dan px namun tidak menutup kemungkinan kita membutuhkan satuan ukuran css selain itu.

Jenis-jenis Satuan Ukuran Pada CSS

Seperti awal dikatakan bahwa css memiliki banyak satuan ukuran yang bisa kita gunakan, namun perlu diketahui dulu jenis-jenis satuan ukuran pada css itu apa saja sih? berikut ini penulis jelaskan.

Satuan Pixel (px)

Satuan pixel ini adalah yang paling sering digunakan, namun yang perlu diketahui untuk menentukan satuan ukuran menggunakan pixel maka harus membutuhkan akurasi sebuah perangkat.

Satuan Point (pt)

Jika kita sering menggunakan perangkat office seperti word, maka tentunya kita akan tahu satuan point (pt) ini ternyata digunakan untuk menentukan ukuran teks, dimana 1 inchi sama dengan 72pt sehingga 12 pt adalah seperdelapan inchi.

Satuan Persentase (%)

Satuan persentasi tidak bergantung pada ukuran elemen sebuah dokumen namun berdasarkan ukuran induk elemen (device). Ukuran persentase ini menyesuaikan lebar dari perangkat yang digunakan, sehingga pada ukuran device apapun maka jumlah persentasenya sama.

Satuan Em

Satuan ini memiliki ukuran relatif pada setiap ukuran font di layar anda sekarang, 1 Unit Em-Height (em) sama dengan besar ukuran yang turunkan tag tersebut.

Baca juga:  Pengertian Selector Css

Satuan Ukuran Lainnya

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis satuan ukuran yang bisa digunakan pada css. Anda juga dapat mendefinisikan ukuran dengan menggunakan cm, mm, m, ukuran tersebut adalah ukuran baku yang sering digunakan untuk ukuran standar centimeter, milimeter, dan meter.