Cara Penulisan Komentar Pada CSS

Masih dalam tutorial css dasar, pembahas kali ini kita akan mempelajari cara penulisan komentar pada css. Seperti sintaks pada umumnya, semua bahasa pemrograman pasti memiliki aturan untuk membuat komentar didalam kode yang ditulis meskipun css bukan termasuk bahasa pemrograman tetapi tetap saja css ini memiliki bahasa pemrograman.

Sebenarnya tutorial cara penulisan komentar pada css ini adalah tutorial yang sangat mudah dipahami dan seharusnya singkat saja disajikan, akan tetapi penulis tidak ingin jika hanya memberikan cara penulisan komentar pada css saja. Ada beberapa tips yang akan penulis berikan, tips ini sangat bermanfaat untuk penulisan sintaks.

Cara Penulisan Komentar Pada Css

Seperti awal dikatakan, meskipun css bukanlah sebuah bahasa pemrograman akan tetapi css tetap memiliki fitur seperti bahasa pemrograman yang ada, salah satunya sebuah komentar.

Contoh komentar yang pertama…

/* ... ini adalah cara penulisan komentar pada css ... */

Dalam bahasa pemrograman komentar biasanya bisa dimanfaatkan untuk informasi sebuah fungsi atau proses didalam kode-kode yang sudah disusun, guna untuk mempermudah programmer lainnya memahami sifat atau maksud dari proses tersebut, lalu dalam css bagaimana? mari kita bahas…

Memanfaatkan Komentar Pada CSS

Seperti kita ketahui bahwa css bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan alat bantu pada sebuah halaman html yang bertujuan untuk memperbaiki struktur tampilan halaman html itu sendiri, lalu bagaimana memanfaat sebuah komentar pada css? memang biasanya dalam bahasa pemrograman komentar digunakan untuk memberi informasi sebuah proses atau tipe variabel yang digunakan.

Cara penulisan komentar pada css seperti awal penulis katakan bahwa penulis tidak hanya akan memberikan cara penulisannya saja, melainkan memanfaatkan penulisan komentar untuk mempermudah programmer lain atau untuk kita sendiri, yaitu dengan cara menandai sebuah blok-blok kode css yang digunakan untuk elemen-elemen html.

Baca juga:  Pengertian CSS (Cascading Style Sheets)

Contohnya, sebuah halaman html memiliki banyak elemen dan masing-masing elemen memiliki css masing-masing, nah untuk mempermudah ketika suatu saat nanti kita akan mencari sintaks untuk elemen yang kita inginkan, kita hanya perlu mencari penanda melalui komentar. Berikut ini contoh kodenya.

/* Block Style Elemen Pertama */
.elemen-pertama {
    background-color: black;
    color: white;
}
.elemen-pertama p {
    text-align: center;
    font-size: 18px;
}

/* Block Style Elemen Kedua */
.elemen-kedua {
    background-color: red;
    color: black;
}
.elemen-kedua p {
    text-align: center;
    font-size: 16px;
}

Dari sintaks css diatas bisa kita pahami bahwa setiap elemen memiliki style masing-masing, bayangkan jika sintaks yang ditulis sampai ribuan baris? tanpa menendai sintaks tersebut dengan komentar css tentunya kita hanya akan membuang waktu saja untuk mencari sintaks yang kita inginkan. Itulah tips cara penulisan komentar pada css yang telah penulis janjikan diawal artikel ini.