Cara Membuat JavaScript Di HTML

Ada beberapa cara membuat javascript di html agar dapat berjalan, di dalam tutorial ini akan dibahas bagaimana cara membuat javascript di html agar dapat di tambahkan di halaman web kita.

Javascript menggunakan tag html <script> sebagai pembuka dan </script> sebagai penutup, nantinya kode-kode javascript dapat di masukkan di antara kedua tag pembuka dan penutup tersebut.

Sebelumnya cara membuat javascript kebanyakan menggunakan atribut type, yaitu type=”text/javascript” namun pada dasarnya javascript adalah bahasa bawaan dari web browser, sehingga dengan atau tanpa atribut tersebut seharusnya tidak masalah.

Cara Membuat JavaScript Di HTML

Berikut ini adalah beberapa cara membuat javascript di html agar dapat di jalankan di halaman website, masing-masing cara dibawah ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Cara 1 menyisipkan javascript di tag head

Cara pertama adalah dengan menyisipkan di antara tag <head> dan </head>.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
     <script type="text/javascript">
          // Kode anda
     </script>
</head>
<body>

</body>
</html>

Cara dia atas adalah cara sering sering di gunakan oleh developer, karna letaknya ada di bagian atas sehingga tidak perlu scroll kode kebagian lain. Namun kekurangannya adalah berpengaruh pada kecepatan load website anda, mungkin jika kode javascript anda tidak terlalu banyak tidak masalah, tapi jika sudah banyak tentunya sangat terasa.

Cara 2 sebelum penutup tag body

Cara kedua adalah sebelum penutup tag </body>

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>

</head>
<body>

     <script type="text/javascript">
          // Kode anda
     </script>
</body>
</html>

Cara kedua ini mungkin agak sedikit merepotkan kerena setiap kali kita ingin mengubah atau menambah beberapa baris kode maka perlu scroll ke bawah teks editor anda, namun ini adalah cara yang baik karna kecepatan load anda mungkin tidak terganggu dimana website akan load seluruh dokumen html setelah itu baru mengeksekusi kode javascript.

Cara 3 meng-embed file javascript

Meng-embed file javascript terpisah dari file html

<script src="lokasi_file.js"></script>

Kode embed di atas anda dapat letakan di antara tag <head></head> atau sebelum tag penutup </body>, cara ini lebih bersih, sehingga kode html dan javascript anda terpisah.

Cara-cara diatas bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, tinggal dipilih saja berdasarkan efesiensi penulisan kode program yang ingin dibuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.